Panduan Komprehensif Permainan Catur Inggris
Sejarah dan Asal Usul Permainan

Permainan Catur Inggris atau yang dikenal sebagai Draughts memiliki akar sejarah yang sangat kuno. Bentuk awal permainan ini pertama kali ditemukan di wilayah Ur, Irak, dengan perkiraan usia sekitar 3000 tahun sebelum masehi berdasarkan penanggalan karbon. Di Mesir Kuno sekitar tahun 1400 SM, masyarakat setempat memainkan permainan populer bernama Alquerque yang menggunakan papan berukuran 5×5 kotak.
Permainan ini begitu digemari di dunia kuno sehingga menyebar ke wilayah Barat dan terus dimainkan selama ribuan tahun. Di Prancis sekitar tahun 1100, muncul ide untuk memainkan catur Inggris di atas papan catur. Perubahan ini menyebabkan jumlah bidak bertambah menjadi 12 buah untuk setiap pemain. Versi permainan ini kemudian dinamakan “Fierges” atau “Ferses”.
Tak lama kemudian, ditemukan bahwa dengan membuat aturan lompatan menjadi wajib, intensitas permainan menjadi lebih dinamis. Variasi permainan dengan aturan ini kemudian dikenal sebagai “Jeu Force”.
Aturan Dasar Permainan Modern

Persiapan Awal Permainan
Catur Inggris dimainkan oleh dua orang pemain dengan aturan yang relatif sederhana sehingga hampir semua orang dapat memainkannya. Perlengkapan permainan terdiri dari sebuah papan permainan dan 24 keping permainan yang terbagi menjadi 12 berwarna hitam dan 12 berwarna merah.
Papan catur Inggris memiliki 64 kotak dengan warna berselang-seling, terdiri dari 32 kotak terang dan 32 kotak gelap. Setiap pemain menempatkan bidaknya pada kotak gelap di sisi papan mereka. Masing-masing pemain akan memiliki tiga baris bidak yang tersusun rapi.
Urutan dan Cara Bermain
Setelah persiapan selesai, permainan dapat dimulai. Pemain dengan bidak hitam mendapatkan giliran pertama, kemudian bergantian dengan pemain lawan. Meskipun mekanisme dasar permainan mudah dipelajari, namun diperlukan strategi yang matang untuk menguasai permainan ini sepenuhnya.
Ingatlah bahwa permainan ini sudah berusia ribuan tahun, jadi jangan berkecil hati jika belum mahir dalam waktu singkat.
Pergerakan bidak hanya dilakukan pada kotak hitam, sehingga bidak bergerak secara diagonal. Bidak biasa hanya dapat bergerak maju menuju area lawan. Tentu saja ada pengecualian aturan yang akan dibahas kemudian.

Gerakan dan Penangkapan Bidak
Jika Anda menggerakkan bidak maju tanpa menangkap bidak lawan, Anda hanya dapat memindahkannya satu kotak ke depan. Dalam gerakan penangkapan, sebuah bidak melompati bidak lawan secara diagonal dan mendarat di kotak gelap di sisi seberang.
Meskipun Anda hanya dapat menangkap satu bidak per lompatan, Anda dapat melakukan beberapa lompatan dalam satu giliran jika posisi bidak memungkinkan! Setelah menangkap bidak lawan, Anda mengeluarkannya dari papan dan lawan mengumpulkannya.

Jika Anda dapat melompati bidak lawan, Anda harus melakukannya. Namun, jika ada lebih dari satu kemungkinan penangkapan dari satu kotak, Anda dapat memilih bidak mana yang lebih menguntungkan untuk dilompati.
Konsep Raja dan Pengecualian Aturan

Inilah pengecualian yang saya sebutkan sebelumnya. Ketika bidak Anda mencapai baris pertama di sisi lawan, bidak tersebut akan menjadi raja. Anda memahkotai bidak tersebut dengan menumpuk bidak tambahan yang sebelumnya ditangkap dari lawan. Bidak raja memiliki tinggi dua kali lipat dari bidak biasa!
Raja tetap hanya dapat bergerak secara diagonal, namun berbeda dengan bidak biasa, raja dapat bergerak maju maupun mundur. Raja juga dapat melompat maju dan mundur (secara diagonal) dalam giliran yang sama, menjadikannya pelompat multi-arah yang fleksibel.

Strategi Pemenang Permainan
- Pertahankan kendali atas bagian tengah papan
- Membangun formasi piramida akan melindungi barisan belakang
- Jaga bidak-bidak Anda tetap berdekatan satu sama lain
- Hanya tangkap bidak yang tidak membahayakan posisi bidak Anda
- Jangan ragu mengorbankan bidak untuk menyiapkan serangan
- Bertahan juga merupakan strategi menang dengan memblokir pergerakan lawan
Anda memenangkan permainan ketika lawan tidak dapat melakukan gerakan yang sah. Kondisi ini dapat terjadi melalui dua cara: Anda menangkap semua bidak lawan, atau Anda memblokir semua bidak lawan sehingga tidak dapat bergerak. Kedua kondisi tersebut berarti kemenangan untuk Anda!
Variasi Permainan Catur Inggris
Catur Inggris Bunuh Diri (Suicide Checkers)
Juga dikenal sebagai Anti-checkers, dimainkan secara terbalik dari catur Inggris biasa. Pemenang dalam variasi ini adalah pemain yang semua bidaknya ditangkap terlebih dahulu. Anda menemukan pemenang jika lawan tidak dapat melakukan gerakan legal.
Draughts Internasional
Memiliki perbedaan sedikit dengan catur Inggris versi Amerika. Draughts internasional dimainkan di papan 10×10 dengan 20 bidak per pemain, berbeda dengan papan 8×8 dengan 12 bidak per pemain. Permainan ini juga mengikuti aturan yang dikenal sebagai “Flying Kings”.
Flying Kings dapat bergerak melintasi beberapa kotak selama kotak tersebut kosong. Jika ada beberapa jalur untuk menangkap bidak lawan, pemain harus menggunakan jalur yang dapat mengumpulkan bidak terbanyak. Jika mendarat di baris raja selama bergerak tetapi masih dapat melompat mundur, Anda harus melompat mundur dan tidak menjadikannya raja. Untuk menjadikan bidak sebagai raja, bidak harus mendarat tepat di baris tersebut.
Catur Inggris Kanada
Menggunakan papan 12×12 dan 30 bidak untuk setiap pemain. Aturan yang sama dengan draughts internasional juga berlaku untuk permainan ini.
Catur Inggris Brasil
Menggunakan papan 8×8 dan menerapkan aturan yang mirip dengan draughts internasional.
Catur Inggris Italia
Menggunakan papan 8×8. Perbedaan utama antara versi Italia dengan versi AS/Inggris adalah bahwa bidak biasa tidak dapat melompati bidak raja.
Kompetisi Dunia Catur Inggris
Kejuaraan Dunia Catur Inggris/Draughts adalah turnamen draughts Inggris (juga dikenal sebagai American Checkers atau Straight Checkers) yang diselenggarakan oleh Federasi Catur Inggris/Draughts Dunia. Turnamen ini memungkinkan pemain bersaing untuk menjadi Juara Dunia.
Kejuaraan pria pertama diadakan pada tahun 1840-an, sedangkan kejuaraan wanita pertama diadakan pada tahun 1993.
Apakah Anda menyukai permainan ini? Cobalah permainan klasik lainnya seperti Sorry! Beberapa permainan dua pemain hebat lainnya termasuk catur, mancala, dan Abalone.
Ringkasan Aturan Penting
Anda hanya bermain di kotak gelap papan. Biarkan kotak terang tetap kosong. Hanya ketika Anda memiliki bidak yang menjadi raja, Anda dapat bergerak dalam kedua arah. Untuk menangkap bidak lawan, Anda harus melompati bidak lawan dengan bidak Anda. Anda melompati bidak lawan secara diagonal, dan meskipun Anda hanya dapat menangkap satu bidak per lompatan, Anda dapat melakukan beberapa lompatan dengan bidak yang sama.
Setelah bidak Anda mencapai baris belakang papan (dari perspektif Anda, ini juga baris depan sisi lawan), Anda menjadikannya raja. Untuk menang, Anda harus menangkap semua bidak lawan atau memblokir lawan dari melakukan gerakan legal apa pun.