Checks: Permainan Kartu Strategi Dua Pemain

Pengenalan Permainan
Checks merupakan permainan kartu yang dirancang khusus untuk dua orang pemain, diciptakan dan dipublikasikan oleh James Yates. Dalam permainan yang menarik ini, para pemain berusaha untuk menguasai kartu target atau tumpukan kartu target dengan memanfaatkan kartu aktif yang mereka pegang di tangan. Setiap kartu memiliki nilai poin tertentu yang digunakan untuk menentukan nilai dari fan. Selama permainan berlangsung, pemain harus membuat keputusan strategis apakah akan langsung mengambil kartu target atau membangun tumpukan kartu target untuk mendapatkan peluang poin yang lebih besar di tahap selanjutnya.
Persiapan Permainan
Permainan Checks menggunakan satu set kartu standar berisi 52 lembar. Untuk menentukan siapa yang menjadi dealer pertama, setiap pemain mengambil satu kartu dari tumpukan dan pemegang kartu dengan nilai tertinggi berhak menjadi dealer. Setelah dikocok dengan baik, dealer membagikan enam fan yang masing-masing terdiri dari tiga kartu secara tertutup kepada setiap pemain. Selanjutnya, disusun enam kartu target dalam satu baris dengan posisi terbuka. Kartu-kartu inilah yang akan diperebutkan oleh para pemain. Sisa kartu yang tidak terpakai diletakkan di samping sebagai tumpukan draw.
Aktivasi Fan Pertama
Kedua pemain mengaktifkan fan pertama mereka dengan mengambilnya dari posisi semula. Fan pertama yang diaktifkan adalah yang berada paling kiri dari posisi masing-masing pemain. Hanya pemain yang memegang kartu tersebut yang boleh melihat nilainya. Pemain yang bukan dealer mendapatkan giliran pertama untuk memulai permainan.
Mekanisme Permainan
Klaim Kartu Target
Pada giliran seorang pemain, mereka berhak mengklaim kartu target dengan menggunakan fan yang telah diaktifkan. Sistem penilaian kartu dalam Checks cukup unik: As bernilai 1 poin, kartu bernomor 2 hingga 9 memiliki nilai sesuai angka yang tertera, sementara semua kartu bergambar (Jack, Queen, King) bernilai nol. Sebuah fan tidak boleh memiliki nilai lebih dari sepuluh poin. Apabila total nilai kartu mencapai 11 atau lebih, maka nilai fan hanya dihitung berdasarkan digit kedua saja. Misalnya, jika total fan adalah 15, maka nilai efektifnya hanya 5.
Contoh Permainan
Sebagai ilustrasi: Pemain 1 memegang fan yang berisi Jack, 7, dan 3. Nilai fan tersebut adalah 10 (0+7+3). Jika terdapat kartu target bernilai 10 di barisan, pemain dapat menunjukkan kepada lawan bahwa nilai fan mereka sama dengan kartu target dan berhasil mengambil kartu 10 tersebut. Selanjutnya, pemain menempatkan kartu J, 7, 3, dan 10 dalam satu tumpukan terpisah di samping mereka.
Strategi Alternatif
Apabila seorang pemain tidak mampu mengklaim kartu target manapun, mereka wajib memilih satu kartu dari fan mereka dan meletakkannya di atas salah satu kartu target yang ada. Kartu yang dimainkan ini kemudian menjadi kartu target baru untuk tumpukan tersebut. Setelah melakukan aksi ini, nilai fan disesuaikan menjadi total dari kartu yang tersisa.
Pemain juga memiliki opsi untuk tidak mengklaim kartu target meskipun mampu melakukannya. Mereka dapat memilih untuk menempatkan kartu ke barisan kartu target sebagai strategi jangka panjang. Keputusan ini sepenuhnya berada di tangan pemain. Apapun pilihan yang diambil, setelah mengklaim kartu target atau menempatkan kartu ke barisan, giliran pemain tersebut dinyatakan selesai.
Keuntungan Tumpukan Kartu
Ketika seorang pemain berhasil mengklaim kartu target yang telah berkembang menjadi tumpukan, mereka berhak mengambil seluruh tumpukan tersebut bersama dengan fan mereka. Tumpukan kartu target jelas lebih berharga dibandingkan kartu target tunggal karena memberikan poin yang lebih banyak.
Aktivasi Fan Berikutnya
Setelah sebuah fan telah digunakan atau habis, pemain dapat mengaktifkan fan berikutnya dengan mengambilnya. Proses permainan terus berlanjut hingga kedua pemain telah memainkan semua kartu yang mereka miliki.
Penghitungan Skor Akhir
Setelah semua kartu habis dimainkan, saatnya melakukan perhitungan skor akhir. Jika bermain lebih dari satu ronde, pemenang berhak menjadi dealer untuk permainan berikutnya. Setiap kartu yang berhasil dikumpulkan, tanpa memandang peringkatnya, bernilai 1 poin. Pada akhir permainan, pemain menghitung semua kartu dalam tumpukan kumpulan mereka. Kartu target yang masih tersisa di arena permainan tidak dihitung untuk pemain manapun.
Pemain dengan total poin tertinggi dinyatakan sebagai pemenang dalam permainan Checks ini. Strategi, timing, dan pengambilan keputusan yang tepat menjadi kunci kesuksesan dalam permainan kartu yang menantang ini.