Christmas Lights: Permainan Kartu Koleksi dengan Elemen Deduksi

Konsep Dasar Permainan
Christmas Lights merupakan permainan kartu koleksi yang menggabungkan unsur deduksi dan informasi tersembunyi. Dalam permainan ini, para pemain berusaha melacak kartu di tangan mereka (yang tidak bisa mereka lihat) dan membentuk rangkaian lampu. Mereka diperbolehkan mengajukan pertanyaan kepada pemain lain dan menyusun kartu di tangan mereka untuk membantu mengingat informasi. Pemain pertama yang berhasil menyelesaikan dua set lampu akan memenangkan permainan.
Komponen Permainan
Deck Bola Lampu
Deck bola lampu terdiri dari enam jenis suit yang berbeda. Setiap suit mewakili warna bola lampu yang berbeda dan memiliki 7 kartu. Warna-warna suit tersebut meliputi: merah, hijau, kuning, biru, ungu, dan merah muda. Selain itu, terdapat 8 kartu steker, 5 kartu bola lampu rusak, dan 3 kartu hadiah.
Deck Lainnya
Deck event terdiri dari 6 bola lampu gelembung dan 6 kartu event. Deck pola berisi 18 kartu pola, sementara terdapat 6 kartu karakter berbeda dan 6 alat bantu pemain.

Persiapan Permainan
- Kocok secara terpisah kartu bola lampu, event, dan pola
- Bagikan lima bola lampu dan dua kartu pola kepada setiap pemain
- Setiap pemain memegang kartu bola lampu mereka dalam bentuk kipas yang menghadap menjauh dari diri mereka
- Pemain tidak boleh melihat kartu mereka sendiri, namun lawan harus bisa melihat kartu tersebut
- Setiap pemain merahasiakan kartu pola mereka selama permainan
Penentuan Pemain Pertama
Dengan jumlah kartu karakter yang cukup untuk setiap pemain memiliki satu, kocok kartu tersebut dan bagikan satu kepada setiap pemain. Pastikan kartu Santa termasuk dalam deck. Pemain yang mendapatkan kartu Santa akan bermain pertama.
Cara Bermain
Selama bermain, pemain tidak boleh melihat tangan mereka. Namun, mereka diperbolehkan menyusun ulang kartu untuk membantu mengingat informasi tentang tangan mereka. Kartu dapat diputar terbalik, menyamping, atau dipegang di tangan yang berbeda agar pemain dapat mengingat apa yang telah mereka pelajari tentang tangan mereka. Lawan harus selalu bisa melihat tangan Anda.
Tujuan Permainan
Setiap pemain berusaha menyelesaikan set kartu sesuai dengan kartu pola yang mereka terima. Satu set dipilih untuk diselesaikan terlebih dahulu. Selama bermain, bola lampu ditempatkan menghadap ke atas di atas meja. Seorang pemain harus memiliki steker di ujung set pertama mereka sebelum dianggap selesai. Ketika set sudah lengkap, pemain membuktikannya dengan menunjukkan kartu pola kepada lawan.

Empat Aksi Utama
SWAP (Tukar)
Pemain yang sedang giliran memilih satu kartu dari tangan mereka dan satu kartu dari tangan lawan mana pun. Kartu-kartu tersebut ditukar. Setiap pemain dapat melihat kartu yang diberikan kepada mereka sebelum memasukkannya ke tangan mereka.
PLAY (Main)
Satu kartu dipilih dari tangan pemain dan ditempatkan menghadap ke atas dalam set mereka. Jika bola lampu cocok dengan kartu berikutnya yang diperlukan oleh pola, kartu tetap berada di tempat. Jika bola lampu tidak sesuai, kartu dibuang.
SALE (Penjualan)
Setelah sebuah kartu dipilih dari tangan pemain, kartu lain diambil dari deck bola lampu. Kedua kartu tersebut ditempatkan menghadap ke atas di tengah meja. Pemain dapat memilih salah satu dari kartu tersebut untuk dimainkan dalam set mereka atau menegosiasikan pertukaran dengan lawan.
REFILL (Isi Ulang)
Pemain mengambil kartu kembali hingga lima kartu dari tumpukan pengambilan bola lampu. Jika tumpukan pengambilan habis, kocok tumpukan buangan dan mulai tumpukan baru.
Kartu Khusus dan Kondisi Kemenangan
Bola Lampu Rusak dan Gelembung
Bola lampu rusak dapat dimainkan dalam sebuah set. Ini memungkinkan pemain untuk memainkan bola lampu berwarna berikutnya dalam set mereka, tetapi harus ditutupi dengan bola lampu yang benar agar set dianggap lengkap. Bola lampu gelembung adalah kartu wild yang dapat digunakan sebagai pengganti bola lampu berwarna yang diperlukan pola.
Kartu Hadiah dan Event
Ketika kartu hadiah dimainkan ke meja selama aksi PLAY atau SALE, ambil kartu event dari deck tersebut. Efeknya diterapkan segera. Setelah event selesai, kartu dibuang dari permainan.
Penentuan Pemenang
Di akhir permainan, pemain yang telah menyelesaikan dua set lampu memenangkan permainan. Jika lebih dari satu pemain memiliki dua set lampu, pemain yang menggunakan bola lampu rusak paling sedikit yang menang. Jika masih seri, pemain dengan jumlah bola lampu gelembung paling sedikit menjadi pemenang.