Panduan Komprehensif Bermain Codenames – Game Kata yang Mengasyikkan

Artikel ini memuat beberapa tautan afiliasi untuk berbagai produk terkait. Codenames merupakan permainan kartu yang sangat menghibur dan dapat dimainkan hingga 8 orang pemain. Jika Anda menyukai permainan kata-kata dan ingin merasakan pengalaman seperti agen rahasia, maka game ini adalah pilihan yang sempurna. Codenames akan menguji kemampuan komunikasi Anda hingga tingkat maksimal. Mari kita pelajari bersama aturan-aturan dari permainan yang mendebarkan ini!
Persiapan Awal Permainan
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Codenames dapat dimainkan oleh maksimal delapan pemain. Kumpulkan teman-teman Anda dan bersiaplah untuk bermain. Anda juga memerlukan set permainan Codenames yang biasanya berisi lebih dari 400 kartu Codename. Alternatifnya, Anda bisa memainkan versi aplikasi atau online yang secara otomatis menghasilkan kartu untuk Anda.
Pembagian Tim dan Penunjukan Spymaster
Kelompok Anda perlu dibagi menjadi dua tim: tim merah dan tim biru. Jika jumlah pemain ganjil, usahakan untuk membagi tim dengan mempertimbangkan keseimbangan keterampilan dan jumlah anggota. Misalnya, jika ada lima pemain, bentuklah satu tim berisi tiga orang dan tim lain berisi dua orang. Tempatkan pemain yang lebih berpengalaman di tim yang lebih kecil untuk menciptakan keseimbangan yang lebih baik.
Setiap tim kemudian harus menunjuk seorang spymaster. Mereka akan bertugas memberikan petunjuk selama permainan. Kedua spymaster akan duduk bersebelahan di satu sisi meja, sementara anggota tim mereka duduk bersama di seberang mereka.
Persiapan Kartu dan Grid Permainan
Spymaster kemudian harus mengacak dan membagikan 25 kartu codename serta menyusunnya dalam formasi grid 5×5. Spymaster sekarang dapat mengocok deck kartu kunci dan memilih satu secara acak untuk ditempatkan di stand kartu kunci mereka. Hanya spymaster yang boleh melihat kartu kunci ini. Kartu ini akan menjadi kunci untuk menentukan petunjuk mana yang milik tim mana.
Sekarang Anda dapat membagikan sisa kartu. Terdapat 8 kartu agen merah, 8 kartu agen biru, 7 kartu sipil, satu kartu agen ganda, dan satu kartu assassin. Tempatkan tumpukan kartu agen di depan spymaster masing-masing. Kemudian, letakkan kartu sipil dan kartu assassin di tengah tumpukan tersebut, di mana kedua spymaster dapat menjangkaunya. Kartu agen ganda diberikan kepada tim yang bermain pertama.
Memulai Permainan dan Sistem Pemberian Petunjuk
Setelah semua persiapan selesai, Anda siap untuk memulai! Kartu Kunci akan memiliki border merah atau biru, yang menunjukkan tim mana yang akan bermain pertama. Tim yang bermain pertama memiliki sembilan kata untuk ditebak, sementara tim lainnya memiliki delapan. Inilah alasan mengapa kartu agen ganda diberikan kepada tim yang bermain pertama. Spymaster pertama akan memulai permainan dengan memberikan petunjuk satu kata pertama kepada timnya.
Aturan Pemberian Petunjuk
Dalam Codenames, hanya spymaster yang boleh memberikan petunjuk, dan petunjuk tersebut merupakan satu-satunya waktu selama permainan di mana spymaster seharusnya berbicara. Seorang spymaster hanya boleh mengucapkan satu kata untuk petunjuk. Misalnya, mereka tidak boleh mengatakan tambahan apapun seperti, “Nah, petunjuk ini agak…, atau ini berhubungan dengan…” Spymaster harus berusaha untuk tidak memberikan informasi tambahan apapun, bahkan informasi nonverbal. Yang terbaik adalah tidak melakukan kontak mata dan menjaga ekspresi wajah seminimal mungkin.
Petunjuk terdiri dari satu kata dan satu angka. Kata adalah isi petunjuk dan harus fokus pada kartu yang menjadi milik tim Anda, sementara angka menunjukkan berapa banyak kartu yang dirujuk oleh petunjuk ini. Angka hanya digunakan untuk memberitahu para penebak berapa banyak kata sandi yang dirujuk oleh petunjuknya dan tidak boleh menjadi bagian dari petunjuk itu sendiri.
Aturan Resmi Petunjuk
- Petunjuk harus tentang makna kata-kata dan tidak boleh mengacu pada huruf dalam kata atau posisi di atas meja
- Huruf dan angka adalah petunjuk yang valid, tetapi hanya jika mengacu pada makna kata-kata; angka setelah petunjuk tidak boleh menjadi bagian dari petunjuk
- Anda harus bermain dalam bahasa Inggris
- Anda tidak boleh mengucapkan kata-kata yang terlihat di atas meja
- Anda tidak boleh mengucapkan bagian dari kata majemuk yang ada di atas meja
Proses Menebak dan Kemungkinan Hasil
Bagian selanjutnya dari Codenames adalah menebak kartu yang sesuai dengan petunjuk spymaster Anda. Semua anggota tim lainnya dapat mendiskusikan apa yang mereka pikirkan tentang arti petunjuk tersebut. Setelah mereka memiliki tebakan, mereka dapat mulai menguncinya, dan ini terjadi ketika seorang anggota tim menyentuh kartu. Anda tidak dapat mengubah tebakan setelah menyentuh kartu. Ada empat kemungkinan hasil ketika melakukan tebakan.
Jenis Kartu dan Maknanya
- Kotak biru adalah kata-kata yang perlu ditebak oleh tim biru
- Kotak merah adalah kata-kata yang perlu ditebak oleh tim merah
- Kotak putih adalah warga sipil
- Kotak hitam adalah Assassin
Hasil Kemungkinan Tebakan
- Jika rekan tim Anda menyentuh kata yang benar, tempatkan salah satu kartu agen Anda di atas kata tersebut. Mereka boleh menebak lagi
- Jika rekan tim Anda menyentuh kata sipil, tempatkan kartu sipil pada kata tersebut, dan giliran berakhir
- Jika rekan tim Anda menyentuh kata milik tim lain, spymaster mereka menutupi kata dengan kartu agen mereka, dan giliran Anda berakhir. Ini membantu lawan Anda
- Jika rekan tim Anda menyentuh kartu assassin, tempatkan kartu assassin pada kata tersebut, dan permainan berakhir. Tim Anda kalah
Anda diizinkan untuk menebak satu kali lebih banyak dari angka yang diberikan spymaster Anda. Jadi jika mereka mengatakan “laut, 2”, Anda diizinkan untuk menebak hingga tiga kali. Ingat bahwa Anda harus menebak setidaknya sekali, tetapi Anda diizinkan untuk berhenti menebak dan pass setelah tebakan pertama jika Anda tidak yakin.
Akhir Permainan dan Variasi Codenames
Permainan berakhir ketika satu tim telah berhasil menutupi semua kata mereka dengan benar. Mereka adalah pemenangnya. Ingat bahwa tim lain masih bisa menebak kata terakhir Anda. Ini tetap dihitung sebagai kemenangan untuk tim Anda. Permainan juga berakhir jika satu tim menebak assassin. Tim lawanlah yang menjadi pemenang. Jika Anda menyukai Codenames, cobalah Codename Pictures!
Berbagai Versi Codenames yang Tersedia
Terdapat cukup banyak versi berbeda dari Codenames yang beredar. Berikut adalah beberapa pilihan terbaik:
- Codenames Deep Undercover: Versi dewasa dari permainan
- Codenames Duet: Versi dua pemain dari permainan
- Codenames Marvel: Versi bertema Marvel dari permainan
- Codenames XXL: Versi masif dari permainan untuk hingga 28 pemain
- Codenames Harry Potter: Permainan bergaya Harry Potter
- Codenames Disney: Versi Disney dari permainan
Fitur Utama Codenames
- Game Deduksi Sosial Peraih Penghargaan – Permainan terlaris, pemenang Spiel des Jahres…
- Cepat & Mudah Dipelajari – Aturan sederhana membuatnya mudah diakses untuk pemula…
- Sempurna untuk Pesta & Malam Game – Main dengan 4-8+ pemain dalam 15 menit…
Ringkasan Prosedur Permainan
Pertama, Anda perlu memilih tim dan spymaster, setelah ini, Anda dapat menyiapkan papan. Susun 25 kartu dalam grid 5×5. Jika rekan tim Anda menunjuk kata yang merupakan bystander tak bersalah, giliran tim Anda untuk menebak segera berakhir. Spymaster hanya boleh mengucapkan satu kata sebagai petunjuk. Rekan tim spymaster dapat mendiskusikan kata tersebut di antara mereka sendiri. Untuk permainan standar, Anda memerlukan setidaknya empat pemain (dua tim berisi dua orang). Beberapa variasi memungkinkan untuk lebih sedikit pemain, di mana satu orang menjadi spymaster.