Skip to content

Game Rules

Aturan Permainan

Primary Menu
  • Beranda
  • Semua permainan
  • Permainan Remi
    • Permainan kartu tunggal
    • permainan kartu untuk dua orang
    • casino online
    • Permainan kartu anak-anak
  • Permainan meja
    • Permainan meja tunggal terbaik
    • Permainan meja untuk dua orang
    • Permainan meja keluarga
  • Permainan minum alkohol
    • Permainan minum dengan gelas
    • Permainan pertemuan menonton film terbaik
    • Permainan kartu/Permainan kartu minum
    • Permainan meja minum-minum
    • Permainan minum dengan dadu
  • Olahraga
  • berita
  • Home
  • berita
  • KOMET
  • berita

KOMET

gamerules 2025-11-16

Permainan Kartu Comet: Dari Penemuan Ilmiah ke Hiburan Keluarga

Asal Usul Sejarah

Persepsi manusia tentang komet mengalami perubahan signifikan berkat kontribusi seorang ilmuwan bernama Edmund Halley. Ia mengemukakan teori revolusioner bahwa berbagai komet yang muncul dalam catatan sejarah sebenarnya merupakan objek yang sama yang berulang kali melintas. Pada tahun 1705, Halley mempublikasikan pemikirannya bahwa komet-komet yang tercatat dalam sejarah adalah objek identik yang melakukan perjalanan periodik mendekati Bumi.

Sebelum teori ini muncul, masyarakat umumnya memandang komet sebagai pertanda peristiwa besar yang akan terjadi. Berdasarkan perhitungan matematis Halley, komet yang sama yang pernah terlihat dalam sejarah diprediksi akan kembali melintas dekat Bumi pada akhir 1758 atau awal 1759. Tepat sesuai jadwal yang diperkirakan, Komet Halley muncul pada hari Natal tahun 1758.


Lahirnya Permainan Comet

Kemunculan komet saja sudah cukup menimbulkan kegembiraan, namun penemuan ilmiah bahwa penampakan ini merupakan bagian dari siklus reguler menciptakan sensasi tersendiri. Ketika sensasi ini digabungkan dengan salah satu hiburan paling populer di era tersebut, terciptalah permainan kartu Comet. Melompat lebih dari 250 tahun kemudian, Comet tetap menjadi permainan yang menghibur bagi anak-anak maupun dewasa.

Persiapan Awal Permainan

  • Tentukan jumlah ronde yang akan dimainkan terlebih dahulu
  • Jumlah ronde harus genap agar setiap pemain mendapat kesempatan membagikan kartu yang sama
  • Siapkan dek khusus dari dua set kartu remi standar (masing-masing 52 kartu)
  • Disarankan menggunakan kartu dengan desain belakang yang identik, meski tidak wajib

Membuat Dek Kartu Comet

Pisahkan semua kartu berwarna hitam (sekop dan keriting) dan gabungkan menjadi satu tumpukan. Dari tumpukan ini, keluarkan semua kartu As karena tidak akan digunakan. Selanjutnya, ambil satu kartu Sembilan hitam dari dek dan gantikan dengan Kartu Sembilan Wajik. Hasil akhirnya adalah dek berisi 48 kartu.

Kartu Sembilan Wajik dinamakan “Comet” dan akan menciptakan kekacauan selama permainan berlangsung.

Cara Bermain

Kocok kartu dengan baik dan bagikan 18 kartu kepada setiap pemain. Sisa 12 kartu disisihkan dan tidak digunakan selama permainan.

Pemain yang duduk berseberangan dengan pembagi kartu mendapatkan giliran pertama. Mereka memulai dengan meletakkan satu kartu pilihan di tengah area bermain, membentuk tumpukan buang. Pemain yang sama kemudian dapat melanjutkan dengan membuang kartu satu per satu secara berurutan naik. Jenis simbol kartu tidak berpengaruh dalam permainan ini. Contohnya, jika mereka memulai dengan kartu 2, mereka dapat melanjutkan dengan 3, 4, 5, 6 dan seterusnya sampai tidak mampu melanjutkan urutan.

Mekanisme Giliran

Ketika seorang pemain tidak dapat melanjutkan permainan dengan urutan naik, giliran mereka berakhir. Permainan kembali ke pembagi kartu, dan pemain tersebut harus melanjutkan pembangunan tumpukan buang secara berurutan naik. Misalnya, jika pemain sebelumnya berhenti pada angka 8, pembagi kartu harus memainkan kartu 9.

Apabila tumpukan buang mencapai kartu King, tumpukan dinyatakan berhenti. Siapa pun yang memainkan kartu King dapat segera memulai rangkaian baru dengan memainkan kartu pilihan mereka dan membangun tumpukan secara berurutan naik sejauh mungkin.

Kondisi Kemenangan Ronde

Permainan berlanjut seperti ini sampai satu pemain berhasil menghabiskan semua kartunya atau kedua pemain sama-sama tidak dapat melanjutkan. Kedua pemain dinyatakan berhenti jika tidak ada yang mampu memainkan kartu berikutnya dalam urutan naik.


Kartu Spesial: Comet

Kartu Sembilan Wajik disebut sebagai Comet. Kartu ini bersifat wild dan dapat dimainkan kapan saja selama giliran pemain. Ketika dimainkan, kartu ini juga berfungsi sebagai penghenti. Pemain yang memainkannya dapat segera memulai rangkaian baru. Contoh: jika seseorang memainkan 2, 3, 4, 5 tetapi tidak memiliki 6, mereka dapat memainkan Comet. Tindakan ini menghentikan rangkaian, dan pemain dapat memulai rangkaian baru dengan kartu pilihan mereka.

Kombinasi Khusus

Jika seorang pemain memiliki keempat salinan kartu yang sama, mereka dapat memainkan semuanya dalam satu giliran. Contoh: pemain dapat memainkan 3, 4, 4, 4, 4, 5, 6 dan seterusnya. Aturan ini juga berlaku jika pemain memiliki ketiga kartu Sembilan hitam.


Sistem Penilaian Poin

Jenis Kartu Nilai Poin
K, Q, J, 10 Sepuluh poin
2 – 9 Nilai sesuai angka

Perhitungan Skor Akhir

  • Jika pemain mengakhiri ronde dengan menghabiskan semua kartu, mereka mendapatkan poin berdasarkan total nilai kartu lawan yang tersisa
  • Jika ronde berakhir dengan kedua pemain berhenti, pemain dengan nilai kartu tersisa terendah memenangkan ronde. Pemain tersebut mengurangi nilai kartu mereka dari nilai kartu lawan dan mendapatkan selisihnya sebagai poin
  • Jika pemain memenangkan ronde dan lawan masih memegang Comet, pemenang mendapatkan poin ganda
  • Jika pemain memenangkan ronde dengan memainkan Comet, skor mereka digandakan
  • Jika pemain memenangkan ronde dengan memainkan Comet sebagai Sembilan berurutan, skor mereka dikalikan empat

Contoh: Jika pemain dua berhenti pada angka 8, dan pemain satu memiliki Comet sebagai kartu terakhir, mereka dapat memainkan Comet sebagai Sembilan alami. Skor mereka kemudian akan dikalikan empat.

Penentuan Pemenang Akhir

Pemain bergantian menjadi pembagi kartu setiap ronde, dan pemain dengan skor tertinggi di akhir jumlah ronde yang disepakati dinyatakan sebagai pemenang permainan.

Post navigation

Previous: COINCHE
Next: PERDAGANGAN

Related News

自动生成图片: Upward trending graph with game controller and factory icons integrated, soft gradient background of orange and blue, clean geometric shapes representing growth, minimalist data visualization style high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Craftomation 1 Rilis Update Besar: Fitur Otomasi Baru dan Event Kolaborasi Eksklusif untuk Pemain Indonesia

gamerules 2025-12-23
自动生成图片: Abstract geometric composition with overlapping shapes representing a soccer ball and simple puppet figures, soft pastel colors, modern minimal style, professional gaming concept illustration high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Puppet Soccer Challenge: Game Sepak Bola Unik yang Lagi Viral, Cocok untuk Main Santai atau Bisa Kompetitif?

gamerules 2025-12-22
自动生成图片: Abstract investigative concept with a magnifying glass over digital game icons and question marks, dark blue and grey color scheme, clean minimal design, modern digital illustration high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Misteri ‘Linebacker Alley 2’: Game Baru yang Beredar atau Cuma Mod dari Game Lawas? Investigasi untuk Gamer Indonesia

gamerules 2025-12-22

Konten terbaru

  • Mengenal Visual Cue ‘Power Light’ di Berbagai Genre Game: Dari Fighting Game hingga RPG
  • Analisis Profil: Apakah Anda Tipe ‘Pressure Player’ atau ‘Ice Man’ Saat Hadapi Tendangan Penalti?
  • Mahjong Legends Rilis di Indonesia: Gameplay Turn-Based Baru yang Menggabungkan Strategi Klasik dan Cerita Epic
  • Rahasia Timing Sempurna di Game ‘Lempar-Tinggi’: Analisis Fisika dan Latihan Drilling untuk Pemain Indonesia
  • Craftomation 1 Rilis Update Besar: Fitur Otomasi Baru dan Event Kolaborasi Eksklusif untuk Pemain Indonesia
Copyright © All rights reserved. | MoreNews by AF themes.