Panduan Lengkap Bermain Dixit: Game Imajinasi yang Menakjubkan
Dalam permainan Dixit yang penuh kreativitas, satu gambar mampu mewakili ribuan kata. Setiap pemain secara bergiliran memilih salah satu kartu miliknya dan memberikan petunjuk berupa satu kalimat saja untuk membuat pemain lain menebak kartu tersebut. Namun, kartu tersebut akan dicampur dengan satu kartu dari setiap pemain lain untuk menambah tantangan dalam permainan.

Persiapan Awal Permainan
Setiap pemain memilih satu token kelinci dan menempatkannya pada kotak angka 0 di jalur skor. Seluruh 84 kartu gambar dikocok dengan baik, kemudian masing-masing pemain mendapatkan 6 kartu. Sisa kartu yang tidak dibagikan akan membentuk tumpukan kartu undian. Setiap pemain juga mengambil token voting sesuai jumlah pemain yang ikut serta dengan nilai yang sesuai. Sebagai contoh, dalam permainan dengan 5 pemain, setiap orang akan mendapatkan 5 token voting bernomor 1 sampai 5.
Memulai Putaran Permainan
Salah satu pemain akan berperan sebagai storyteller atau pencerita untuk putaran tersebut. Ia memeriksa keenam kartu gambar yang ada di tangannya, kemudian memilih satu kartu dan menciptakan sebuah kalimat yang diucapkan dengan lantang tanpa menunjukkan kartunya kepada pemain lain. Kalimat tersebut dapat berupa berbagai bentuk: satu kata atau lebih, bahkan bisa berupa onomatope atau tiruan bunyi. Kalimat bisa dibuat secara spontan atau mengutip dari karya yang sudah ada seperti puisi, lagu, judul film, peribahasa, dan sebagainya.

Proses Pemilihan Kartu
Pemain pertama yang berhasil menemukan frasa yang tepat mengumumkan kepada yang lain bahwa dialah yang menjadi storyteller untuk putaran pertama permainan. Pemain lainnya kemudian memilih dari 6 kartu mereka, satu kartu yang menurut mereka paling cocok mewakili kalimat yang diucapkan oleh storyteller. Setiap pemain memberikan kartu pilihan mereka kepada storyteller tanpa memperlihatkannya kepada pemain lain. Storyteller kemudian mencampur semua kartu yang terkumpul dengan kartunya sendiri dan menempatkannya secara acak dengan posisi terbuka di atas meja. Kartu paling kiri akan menjadi kartu nomor 1, kemudian kartu nomor 2, dan seterusnya.
Tahapan Voting
Tujuan utama para pemain adalah menemukan kartu milik storyteller di antara semua kartu yang dipajang. Setiap pemain melakukan voting secara rahasia untuk kartu yang mereka yakini sebagai milik storyteller (storyteller sendiri tidak ikut voting). Untuk melakukan ini, mereka meletakkan token voting yang sesuai dengan kartu pilihan mereka dalam posisi tertutup di depan mereka. Setelah semua pemain selesai voting, hasil vote dibuka dan ditempatkan pada kartu yang dituju. Inilah momen ketika storyteller mengungkapkan kartu mana yang sebenarnya miliknya. Perlu diingat: Anda tidak boleh memilih kartu Anda sendiri!

Sistem Penilaian
Pemain memajukan token kelinci mereka di jalur skor sebanyak poin yang mereka peroleh. Berikut adalah detail sistem penilaian dalam Dixit:
- Jika semua pemain berhasil menemukan kartu storyteller, atau jika tidak ada satupun yang menemukannya, storyteller tidak mendapatkan poin sama sekali, sementara semua pemain lain mendapatkan 2 poin.
- Dalam kondisi lainnya, storyteller mendapatkan 3 poin bersama dengan pemain yang berhasil menemukan kartunya.
- Setiap pemain, kecuali storyteller, mendapatkan 1 poin tambahan untuk setiap vote yang terkumpul pada kartu mereka.
- Storyteller (pemain hijau) mendapatkan 3 poin karena satu pemain (kuning) berhasil menemukan kartunya
- Pemain kuning yang berhasil menemukan kartu storyteller dan kartunya adalah yang keempat, sehingga ia mendapatkan 3 poin ditambah 1 poin dari pemain biru
- Pemain biru mendapatkan satu poin berkat pemain putih
- Pemain putih tidak mendapatkan poin sama sekali
Akhir Putaran dan Kelanjutan Permainan
Setiap pemain melengkapi tangan mereka kembali menjadi 6 kartu. Storyteller baru adalah pemain yang berada di sebelah kiri storyteller sebelumnya (dan seterusnya secara searah jarum jam untuk putaran-putaran berikutnya). Permainan berakhir ketika kartu terakhir dari tumpukan undian telah diambil, atau ketika seorang pemain mencapai ujung jalur skor. Pemain dengan poin terbanyak di akhir permainan dinyatakan sebagai pemenang. Selamat bersenang-senang!
“Jika kalimat storyteller terlalu jelas mendeskripsikan kartunya, semua pemain akan dengan mudah menemukannya dan dalam kasus ini ia tidak akan mendapatkan poin. Sebaliknya, jika kalimatnya kurang berkaitan dengan kartunya, kemungkinan besar tidak ada pemain yang memilih kartunya, dan dalam situasi ini ia juga tidak mendapatkan poin! Tantangan bagi storyteller adalah menciptakan kalimat yang tidak terlalu deskriptif namun juga tidak terlalu abstrak, sehingga ada kemungkinan hanya beberapa pemain yang menemukan kartunya. Di awal mungkin tidak mudah, tetapi Anda akan melihat bahwa inspirasi akan datang lebih mudah setelah beberapa putaran permainan!”
Variasi Permainan untuk 3 Pemain
Dalam permainan dengan 3 pemain, setiap pemain memegang tujuh kartu вместо enam. Para pemain (kecuali storyteller) masing-masing memberikan dua gambar (bukan satu). Terdapat 5 gambar yang dipajang, dan kartu storyteller harus selalu berada di antara mereka. Perhitungan poin: Ketika hanya satu pemain yang menemukan kartu storyteller, keduanya mendapatkan empat poin вместо tiga.
Varian Mime dan Lagu
Dalam variasi ini, вместо mengucapkan kalimat, storyteller memiliki kemungkinan untuk bersenandung lagu atau musik yang terinspirasi dari gambar, atau melakukan gerakan pantomim yang berhubungan dengan gambar. Pemain lain, seperti halnya dengan kalimat, mencari dalam permainan mereka gambar yang sesuai dengan lagu atau pantomim tersebut, kemudian berusaha menemukan kartu storyteller. Perhitungan poin tidak berubah.