Panduan Komprehensif Tenis Ganda: Aturan dan Strategi Bermain
Permainan tenis merupakan olahraga raket yang melibatkan dua pemain yang saling memukul bola melewati net. Dalam format ganda, setiap tim terdiri dari dua orang yang bekerja sama secara harmonis. Meskipun tenis lebih dikenal sebagai olahraga individu, popularitas tenis ganda semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Struktur dan Ukuran Lapangan Tenis
Area permainan tenis berbentuk persegi panjang dengan net rendah yang membentang di tengah, membagi lapangan menjadi dua bagian sama besar. Untuk pertandingan ganda, panjang lapangan standar adalah 78 kaki dengan lebar 36 kaki.
Garis-garis Penting di Lapangan
Garis servis terletak secara horizontal di kedua sisi lapangan, sedangkan baseline membentang sepanjang ujung lapangan. Garis vertikal yang membujur disebut sidelines, biasanya terdapat dua garis untuk menandai batas permainan ganda. Selain itu, terdapat center mark yang membagi lapangan secara vertikal di bagian tengah.

Jenis Permukaan Lapangan
Tenis dapat dimainkan di berbagai jenis permukaan lapangan. Empat jenis utama meliputi lapangan rumput, tanah liat, keras, dan karpet. Pertandingan juga dapat dilakukan di dalam ruangan tertutup.
Memulai Pertandingan
Setiap pertandingan tenis selalu diawali dengan lempar koin. Tim yang memenangkan lempar koin memiliki hak untuk memilih:
- Melakukan servis pertama
- Menerima servis pertama
- Memilih sisi lapangan untuk memulai
Apabila tim pemenang koin memilih untuk melakukan servis, tim lawan dapat menentukan sisi lapangan yang mereka inginkan.
Sistem Servis Bergilir
Setiap tim memiliki server pertama dan server kedua. Server pertama akan melakukan servis untuk satu game penuh, kemudian dilanjutkan oleh server pertama dari tim lawan. Selanjutnya, server kedua dari tim pertama akan melakukan servis, dan seterusnya secara bergantian.
Teknik dan Aturan Servis
Pemain yang tidak melakukan servis dapat berdiri di mana saja selama servis berlangsung. Server harus berdiri di antara sideline dan center line, tepat di belakang baseline. Servis harus dilakukan secara diagonal, sehingga server dapat memilih untuk servis ke sisi kanan atau kiri lapangan lawan.
Untuk servis yang sah, server harus memenuhi prosedur berikut:
- Melempar bola ke udara
- Memukul bola dengan raket
- Memukul bola sebelum menyentuh tanah
- Memukul bola secara diagonal melintasi lapangan
- Memastikan bola mendarat dalam area servis di sisi penerima
Setelah setiap poin diberikan, server harus bergantian antara dua bagian vertikal lapangan.
Jenis Kesalahan dalam Servis
- Service fault terjadi ketika bola pertama kali memantul di luar area servis
- Foot fault terjadi ketika pemain menginjak atau melampaui baseline atau sideline saat melakukan servis
Setelah dua kesalahan servis berturut-turut, tim penerima secara otomatis mendapatkan poin. Jika bola menyentuh net tetapi masih termasuk servis sah, server mendapatkan dua kesempatan servis tambahan.
Strategi Penerimaan Servis
Setiap pemain di tim penerima harus berdiri di sisi lapangan yang telah ditentukan. Server akan melakukan servis dari satu sisi lapangan secara diagonal ke penerima yang ditunjuk. Pemain ini harus mengembalikan bola pertama kali. Setelah pengembalian awal, pemain dapat memukul bola dari bagian mana pun di lapangan.
Pergantian Penerima Servis
Sama seperti server yang bergantian, penerima juga akan bergiliran. Pada game pertama sebuah set, pemain A akan menerima bola, dan pada game ketiga, pemain B yang akan menerima. Pemain lainnya di tim penerima harus berdiri di sisi berlawanan dari lapangan penerima.
Rally dan Pengembalian Bola
Setelah bola berhasil diservis, bola akan dalam keadaan bermain (rally). Kedua tim akan bergantian memukul bola melintasi lapangan sampai satu poin diperoleh. Setiap pemain dalam tim dapat memukul bola kembali dari area mana pun di lapangan, tanpa perlu bergantian memukul.
Untuk mengembalikan servis dengan benar, tim penerima harus memukul bola sebelum bola memantul dua kali di sisi lapangan mereka. Rally berlanjut sampai satu poin berhasil dicapai.
Dalam tenis, pemain dapat melakukan volley dengan memukul bola sebelum menyentuh sisi lapangan mereka.
Sistem Penilaian dalam Tenis
Tenis menggunakan sistem penilaian poin dengan urutan sebagai berikut:
- 0 poin = love
- 1 poin = 15
- 2 poin = 30
- 3 poin = 40
- 4 poin = game
Untuk memenangkan sebuah game, tim harus unggul minimal dua poin. Jika kedua tim berada di posisi 40-40, situasi ini disebut “deuce”. Pemenang poin berikutnya mendapatkan “advantage”, dan dapat memenangkan game dengan mengambil poin kedua. Namun, jika poin berikutnya mengembalikan skor ke deuce, game akan berlanjut sampai satu tim akhirnya memenangkan game dengan selisih dua poin.
Cara Mendapatkan Poin
- Tim lawan tidak dapat mengembalikan tembakan yang sah
- Bola memantul dua kali di sisi lapangan tim lawan
- Tim lawan memukul net dengan bola
- Tim lawan memukul bola keluar dari batas lapangan
- Tim lawan melakukan double fault saat servis
Struktur Pertandingan Tenis
Sebuah pertandingan tenis terdiri dari poin, game, dan set: 4 poin dengan keunggulan minimal 2 game untuk memenangkan sebuah game, 6 game dengan margin minimal dua game untuk memenangkan set, dan 2 atau 3 set untuk memenangkan pertandingan. Sebagian besar pertandingan tenis dimainkan dengan sistem best of 3 atau 5 set.