Dragon Rampage: Panduan Lengkap Petualangan Epik
Konsep Dasar Permainan
Dalam Dragon Rampage, setiap pemain akan memerankan seorang petualang yang memiliki kemampuan khusus masing-masing. Para pemain memiliki pilihan untuk melarikan diri dari naga atau justru menghadapinya demi meraih poin kemenangan. Selain itu, pemain juga dapat mengumpulkan harta karun saat menjelajahi ruang bawah tanah untuk menambah poin mereka. Kemenangan akan diraih oleh petualang yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak sepanjang permainan.
Persiapan Awal Permainan
Langkah-langkah Penyiapan
Awali dengan mengacak Deck Dragon Rampage dan letakkan di samping papan permainan. Selanjutnya, setiap pemain menempatkan token pergerakan mereka di area start. Dadu aksi diletakkan di tengah papan, sementara dadu pergerakan ditempatkan di samping papan. Token luka pahlawan dikumpulkan dalam satu tumpukan di sisi papan.
Setiap peserta permainan akan menerima satu set kartu karakter pahlawan, token aksi, dan mat permainan. Pemain kemudian memilih satu pahlawan, mengacak sisa kartu dan memilih dua kartu tambahan, sehingga setiap pemain memegang tiga kartu di tangan. Setiap petualang juga mendapatkan koin emas senilai 5, sementara sisa emas disimpan dalam tumpukan persediaan di samping papan. Pemain yang terpilih secara acak mendapatkan token starter dan permainan siap dimulai.
Struktur Putaran Permainan
Tiga Fase Utama
Setiap putaran dalam permainan terdiri dari tiga fase yang berurutan. Dimulai dari pemain pertama, mereka akan mengambil dadu aksi dan melemparkannya. Setiap dadu dapat dilempar ulang hingga dua kali. Setelah selesai melempar, token aksi ditempatkan di kotak yang sesuai. Setiap pemain hanya boleh menaruh satu token di setiap kotak. Jika tidak memiliki token yang tepat, mereka harus menempatkan token dengan nilai lebih rendah.
Fase Dungeon
Setelah semua lemparan dan penempatan aksi selesai, fase dungeon dimulai. Balik satu kartu Dragon Rampage. Jika kartu tidak memiliki nilai, maka efeknya langsung diterapkan. Jika kartu memiliki dua bagian, nilai token aksi di kotak rampage akan menentukan bagian mana yang digunakan.
Pemain dengan token aksi tertinggi
di kotak aksi akan menerima dua luka dan mengambil satu kartu pahlawan.
Pemain peringkat kedua
mendapatkan satu luka. Sementara
pemain dengan pertahanan tertinggi
tidak mendapat luka sama sekali.
Aksi Spesial dan Serangan Naga
Pemain dengan token aksi paling berharga di kotak kecerdikan dapat mencuri dari pemain lain. Yang memiliki token di kotak ambil harta dapat mengambil dua kartu harta karun.
Pemain dengan token aksi tertinggi di kotak serang naga dapat menyerang naga dengan dua kali lemparan ulang. Pemain peringkat kedua dapat menyerang dengan satu lemparan ulang. Mereka akan melempar semua dadu aksi, dimana serangan, perisai, dan pahlawan semuanya dihitung sebagai pukulan terhadap naga. Dibutuhkan empat hingga lima pukulan untuk membuat satu luka pada naga. Naga dapat menahan luka sebanyak lima kali jumlah pemain.
Mekanisme Akhir Permainan
Kondisi Kemenangan
Permainan berakhir ketika seorang pahlawan terbunuh, pahlawan berhasil melarikan diri, atau naga berhasil dikalahkan. Setelah permainan berakhir, dilakukan penghitungan skor yang berbeda tergantung pada kondisi akhir permainan.
Ketika seorang Pahlawan terluka, token luka ditempatkan di mat pemain. Jika jumlah luka melebihi ikon kesehatan pahlawan, maka pahlawan tersebut dinyatakan tewas dan permainan berakhir. Ketika token pahlawan pemain dipindahkan ke ruang keluar, maka pahlawan berhasil melarikan diri dan permainan juga berakhir. Terakhir, jika naga menerima luka sebanyak lima kali jumlah pemain, maka naga berhasil dibunuh dan permainan berakhir.
Sistem Penilaian Akhir
Jika Pahlawan Tewas:
Pahlawan yang tewas dikurangi 10 poin, pahlawan dengan lima luka atau lebih dikurangi 5 poin, setiap token luka pada naga menambah 1 poin, pemain dengan token luka terbanyak pada naga mendapat 5 poin tambahan, peringkat kedua mendapat 3 poin, pemain dengan emas terbanyak mendapat 7 poin, peringkat kedua mendapat 4 poin, dan kartu harta karun dihitung.
Jika Pahlawan Melarikan Diri:
Pahlawan yang berhasil kabur mendapat 10 poin, pahlawan terdekat kedua mendapat 3 poin, luka pada naga menambah 1 poin, pemain dengan emas terbanyak mendapat 7 poin, peringkat kedua mendapat 4 poin, dan kartu harta karun ditambahkan.
Jika Naga Dikalahkan:
Setiap token luka mendapat 1 poin, pemain dengan token luka terbanyak pada naga mendapat 10 poin, peringkat kedua mendapat 5 poin, pemain dengan emas terbanyak mendapat 7 poin, peringkat kedua mendapat 4 poin, kartu harta karun dihitung, pemain terdekat dengan pintu keluar kehilangan 5 poin, dan pemain berikutnya kehilangan 3 poin.
Perpindahan Giliran
Setelah semua aksi selesai, para pemain mengumpulkan token aksi mereka. Token pemain starter diberikan ke pemain di sebelah kiri bersama dengan token lemparan ulang. Putaran baru pun dimulai dengan semangat petualangan yang semakin menegangkan!