Skip to content

Game Rules

Aturan Permainan

Primary Menu
  • Beranda
  • Semua permainan
  • Permainan Remi
    • Permainan kartu tunggal
    • permainan kartu untuk dua orang
    • casino online
    • Permainan kartu anak-anak
  • Permainan meja
    • Permainan meja tunggal terbaik
    • Permainan meja untuk dua orang
    • Permainan meja keluarga
  • Permainan minum alkohol
    • Permainan minum dengan gelas
    • Permainan pertemuan menonton film terbaik
    • Permainan kartu/Permainan kartu minum
    • Permainan meja minum-minum
    • Permainan minum dengan dadu
  • Olahraga
  • berita
  • Home
  • berita
  • KABUR DARI ISTANA GELAP
  • berita

KABUR DARI ISTANA GELAP

gamerules 2025-11-19

Panduan Lengkap Bermain Escape the Dark Castle

Konsep Dasar Permainan

Escape the Dark Castle merupakan permainan kartu petualangan kooperatif yang menantang pemain untuk bekerja sama melarikan diri dari penjara tempat mereka ditahan. Dalam perjalanan menuju kebebasan, kalian harus menghadapi berbagai monster berbahaya, menghindari jebakan mematikan, dan mengatasi segala rintangan yang menghadang.

Kesuksesan tim bergantung pada kemampuan bertahan hidup seluruh anggota kelompok. Jika berhasil melewati semua tantangan, kalian akan berhadapan dengan musuh terkuat – bos akhir yang menentukan nasib perjalanan. Kemenangan hanya dapat dicapai dengan mengalahkan bos ini dan berhasil keluar dari kastil gelap.


Peringatan Penting:

Kehilangan satu saja anggota tim akan mengakhiri petualangan secara instan. Dalam situasi seperti ini, seluruh permainan harus dimulai kembali dari awal.


Persiapan Awal Permainan

Membangun Kastil

Langkah pertama adalah menyusun struktur kastil. Seorang pemain bertugas mengocok semua kartu babak dan membagikan 15 kartu secara acak dengan posisi tertutup. Kartu awal kemudian diletakkan di atas tumpukan ini. Untuk bos akhir, kocok kartu bos dan ambil satu secara acak untuk ditempatkan di dasar tumpukan dalam posisi tertutup. Inilah yang disebut sebagai kastil dalam permainan.

Persiapan Item dan Karakter

Kocok semua kartu item dan letakkan di tengah area bermain bersama dengan dadu babak. Setiap pemain kemudian memilih karakter yang ingin dimainkan dan mengambil dadu yang sesuai dengan karakter pilihannya. Pemilihan karakter yang beragam dengan statistik berbeda sangat disarankan untuk menciptakan tim yang seimbang.

Penentuan Health Point

Setiap pemain harus mencatat total health point karakter mereka. Nilai ini bervariasi tergantung jumlah pemain yang berpartisipasi (lihat buku panduan untuk detail lebih lanjut).


Statistik dan Simbol Penting

Might (Kekuatan)

Direpresentasikan dengan simbol tinju, menunjukkan kekuatan fisik karakter

Cunning (Kecerdikan)

Ditandai dengan simbol mata, merepresentasikan kecerdikan dan kelicikan

Wisdom (Kebijaksanaan)

Disimbolkan dengan bintang, menunjukkan kebijaksanaan dan pengetahuan

Ketiga statistik ini membentuk dasar dadu karakter maupun dadu babak. Simbol-simbol ini juga menentukan persyaratan untuk mengalahkan monster selama permainan berlangsung. Selain itu, terdapat sisi dadu dengan dua simbol yang dikelilingi perisai – simbol khusus ini memiliki efek tertentu yang akan dijelaskan kemudian.


Mekanisme Permainan

Giliran Bermain

Dalam Escape the Dark Castle, tidak ada urutan giliran yang tetap. Setiap pemain dapat memutuskan apakah mereka ingin membuka kartu babak berikutnya. Pemain yang membuka kartu memiliki peran khusus karena beberapa kartu memiliki instruksi spesifik untuk “KAMU” – merujuk pada pemain yang membuka kartu tersebut.

Pengelolaan Item

Beberapa aksi dan kartu memberikan item kepada pemain. Ketika item diperoleh, item diletakkan di tengah meja dan semua pemain dapat berdiskusi untuk membagikannya secara adil sesuai kebutuhan. Setiap karakter hanya dapat membawa maksimal 2 item, sehingga sebelum kartu babak berikutnya dibuka, item berlebih harus digunakan atau dibuang.


Pengecualian:

Untuk item two-handed, pemain hanya dapat membawa satu item saja. Pertukaran item dapat dilakukan di antara babak. Penggunaan item mengikuti petunjuk pada kartu item dan biasanya akan dibuang setelah digunakan. Item dapat digunakan kapan saja kecuali ada pengecualian khusus pada kartu.


Sistem Pertarungan

Beberapa kartu akan memicu pertarungan. Dalam situasi ini, ikuti petunjuk dan simbol yang tertera. Setiap musuh memiliki serangkaian simbol di bagian bawah kartu – tempatkan dadu babak yang sesuai dengan simbol tersebut di bawah kartu musuh.

Simbol yang menyerupai orang berarti dadu sebanyak jumlah pemain harus dikocok dan ditambahkan ke dadu musuh. Setelah simbol ditempatkan, pertarungan dimulai dengan dua fase dalam setiap ronde.

Fase Pertarungan

Fase pertama adalah pemain mengocok dadu dan menghapus simbol yang cocok dari bawah musuh. Fase kedua adalah bertahan – pemain akan menerima damage sesuai angka di pojok kanan bawah kartu musuh. Seorang pemain dianggap berhasil bertahan jika berhasil mengocok simbol perisai ganda pada dadu mereka.

Istirahat dan Pemulihan

Pemain dapat beristirahat untuk memulihkan health point. Hanya satu pemain yang dapat beristirahat per ronde. Saat beristirahat, pemain tidak mengocok dadu dan tidak menerima damage apapun.

Pertarungan berakhir ketika semua simbol berhasil dihapus dari bawah musuh. Setiap pertarungan yang berhasil akan memberikan item baru kepada tim.


Mode Permainan Solo

Untuk bermain sendirian, terdapat beberapa penyesuaian aturan. Pemain memilih dua karakter untuk dimainkan secara bersamaan. Alih-alih “kamu” yang membalik kartu, pemain memilih karakter mana yang akan membalik kartu, dan instruksi “KAMU” hanya mempengaruhi karakter tersebut.

Semua teks yang merujuk pada “per pemain” harus dibaca sebagai “per karakter”. Selain penyesuaian ini, semua aturan dan mekanisme permainan tetap sama dengan mode multipemain.


Kondisi Akhir Permainan

Permainan berakhir dalam dua kondisi: ketika seorang karakter mati atau ketika bos akhir berhasil dikalahkan. Kedua kondisi ini mengakhiri permainan secara langsung. Jika ada karakter yang mati di titik mana pun selama petualangan, permainan dinyatakan kalah dan harus dimulai ulang.


Kemenangan:

Jika seluruh tim berhasil bertahan hidup dan mengalahkan bos akhir, permainan dinyatakan menang dan kebebasan telah berhasil direbut dari kastil gelap.

Post navigation

Previous: PELOMPAT TINGGI
Next: KABUR: KUTUKAN BAIT SUCI

Related News

自动生成图片: Upward trending graph with game controller and factory icons integrated, soft gradient background of orange and blue, clean geometric shapes representing growth, minimalist data visualization style high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Craftomation 1 Rilis Update Besar: Fitur Otomasi Baru dan Event Kolaborasi Eksklusif untuk Pemain Indonesia

gamerules 2025-12-23
自动生成图片: Abstract geometric composition with overlapping shapes representing a soccer ball and simple puppet figures, soft pastel colors, modern minimal style, professional gaming concept illustration high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Puppet Soccer Challenge: Game Sepak Bola Unik yang Lagi Viral, Cocok untuk Main Santai atau Bisa Kompetitif?

gamerules 2025-12-22
自动生成图片: Abstract investigative concept with a magnifying glass over digital game icons and question marks, dark blue and grey color scheme, clean minimal design, modern digital illustration high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Misteri ‘Linebacker Alley 2’: Game Baru yang Beredar atau Cuma Mod dari Game Lawas? Investigasi untuk Gamer Indonesia

gamerules 2025-12-22

Konten terbaru

  • Mengenal Visual Cue ‘Power Light’ di Berbagai Genre Game: Dari Fighting Game hingga RPG
  • Analisis Profil: Apakah Anda Tipe ‘Pressure Player’ atau ‘Ice Man’ Saat Hadapi Tendangan Penalti?
  • Mahjong Legends Rilis di Indonesia: Gameplay Turn-Based Baru yang Menggabungkan Strategi Klasik dan Cerita Epic
  • Rahasia Timing Sempurna di Game ‘Lempar-Tinggi’: Analisis Fisika dan Latihan Drilling untuk Pemain Indonesia
  • Craftomation 1 Rilis Update Besar: Fitur Otomasi Baru dan Event Kolaborasi Eksklusif untuk Pemain Indonesia
Copyright © All rights reserved. | MoreNews by AF themes.