Panduan Lengkap Permainan Papan Escape: The Curse of the Temple
Gambaran Umum Permainan
Escape: The Curse of the Temple merupakan sebuah permainan papan kooperatif yang dapat dimainkan oleh 1 hingga 5 orang pemain. Tujuan utama dalam permainan ini adalah mengaktifkan seluruh permata yang ada dan berhasil keluar dari kuil kuno sebelum waktu habis.
Mekanisme Permainan Real-Time
Permainan ini berlangsung secara real-time tanpa adanya giliran atau putaran tradisional. Para pemain memiliki waktu total 10 menit untuk melempar dadu secepat mungkin sambil menyelesaikan berbagai misi yang ditemui sepanjang permainan. Namun, kemenangan hanya dapat dicapai jika semua pemain berhasil keluar dari kuil.
Persiapan Awal Permainan
- Ambil ubin awal dan ubin keluar, lalu letakkan di samping
- Kocok sisa ubin lainnya untuk membuat tumpukan undian
- Tempatkan token awal di posisi tengah dan tambahkan 2 ubin tambahan di samping ubin awal
- Ambil 4 ubin teratas dan kocok ubin keluar ke dalamnya, lalu letakkan di dasar tumpukan undian
- Untuk permainan solo, tempatkan ubin keluar secara acak di tengah tumpukan undian
Pengaturan Permata
Jumlah permata yang harus ditempatkan dalam pemegang permata disesuaikan dengan jumlah pemain:
- 1-2 pemain: 7 permata
- 3 pemain: 11 permata
- 4 pemain: 14 permata
- 5 pemain: 16 permata
Persiapan Karakter Pemain
Setiap pemain memilih warna karakter yang diinginkan. Model karakter ditempatkan di ruang awal, sementara token dengan warna yang sama diletakkan di depan masing-masing pemain. Setiap pemain juga mendapatkan 5 buah dadu dan token pelarian dengan warna yang sama. Untuk permainan solo, pemain mendapatkan 7 dadu.
Pemain disarankan untuk memutar CD yang tersedia, yang berisi pengenalan permainan sekaligus musik timer selama 10 menit.
Pemahaman Simbol dan Token
Buku panduan permainan menyediakan bagian khusus yang menjelaskan berbagai makna simbol dan token yang muncul di ruangan dan pada dadu.
Mekanisme Aksi dan Gerakan
Semua pemain melakukan aksi mereka secara bersamaan dan secepat mungkin. Berdasarkan hasil lemparan dadu, pemain dapat melakukan berbagai aksi seperti memasuki ruangan, menemukan ruangan baru, mengaktifkan permata, melarikan diri, atau memprovokasi takdir.
Penggunaan Dadu Strategis
Pemain menggunakan dadu yang telah dilempar untuk aksi yang terkait dan dapat melemparkannya kembali. Dadu juga dapat disisihkan untuk digunakan nanti. Dadu yang sengaja disisihkan ini dapat dilempar kembali kapan saja.
Aturan Masuk dan Keluar Ruangan
Pemain hanya dapat memasuki dan keluar ruangan melalui pintu yang tidak terhalang. Saat menemukan ruangan baru, pemain keluar melalui pintu yang tidak terhalang menuju area kosong, kemudian ruangan baru diambil dan ditambahkan.
Mekanisme Khusus Permainan
Aktivasi Permata
Untuk mengaktifkan permata, pemain harus mencapai jumlah wajah dadu tertentu yang dibutuhkan. Petualang lain di ruangan yang sama dapat membantu dalam proses ini. Jika berhasil, ambil jumlah permata yang ditentukan dan tempatkan di ruangan.
Proses Melarikan Diri
Jika seorang pemain mencapai pintu keluar, mereka dapat menggunakan sejumlah kunci tertentu untuk pergi. Jika berhasil, mereka dapat memberikan salah satu dadu mereka kepada petualang yang tersisa, yang dapat digunakan segera.
Memprovokasi Takdir
Pemain dapat mengambil permata dari sebuah ruangan dan mengembalikannya ke pemegang. Semua pemain harus setuju untuk mengizinkan tindakan ini. Hal ini memungkinkan pemain tersebut untuk melempar kembali semua dadu bertopeng hitam mereka. Tindakan ini hanya dapat dilakukan dua kali dalam satu permainan.
Kondisi Akhir Permainan
Permainan berakhir setelah 10 menit. Jika semua permata telah diaktifkan dan semua pemain telah berhasil melarikan diri, maka para pemain dinyatakan menang. Namun, jika ada yang masih tertinggal di dalam kuil, semua pemain dinyatakan kalah.