Finnish Ristiklappi: Permainan Kartu Strategis dari Finlandia
Pengenalan Permainan
Finnish Ristiklappi merupakan sebuah permainan kartu yang dimainkan dengan sistem trik untuk empat pemain. Dalam permainan ini, peserta dibagi menjadi dua tim yang masing-masing beranggotakan dua orang, dengan posisi duduk yang saling berhadapan. Tujuan utama permainan ini adalah mengumpulkan tujuh poin permainan lebih dulu daripada tim lawan.
Poin permainan dapat diperoleh dengan memenangkan ronde, yang dicapai melalui pengumpulan poin lebih banyak dibandingkan tim lawan. Poin-poin ini didapatkan dengan mengumpulkan kartu-kartu bernilai tinggi selama permainan berlangsung.
Persiapan dan Pembagian Kartu
Pemain yang bertugas sebagai pembagi kartu pertama kali dipilih secara acak, kemudian peran ini akan bergilir ke kiri untuk setiap putaran baru. Pembagi kartu akan mengocok dek dengan teliti dan membagikan enam kartu kepada setiap pemain. Sisa kartu yang tidak terbagi akan membentuk tumpukan cadangan dan diletakkan tertutup di tengah area bermain.
Sistem Nilai Kartu
Dalam Finnish Ristiklappi, tidak terdapat sistem peringkat kartu seperti permainan kartu pada umumnya. Yang menjadi perhatian utama adalah apakah suatu kartu memiliki nilai yang sama dengan kartu lainnya. Namun, terdapat sistem nilai khusus yang melekat pada kartu-kartu tertentu, yang menjadi penentu perolehan poin pemain selama ronde berlangsung.
| Jenis Kartu | Nilai Poin |
|---|---|
| As | 11 poin |
| Raja (King) | 4 poin |
| Ratu (Queen) | 3 poin |
| Jack | 2 poin |
| Kartu 10 | 10 poin |
| Kartu Lainnya (9-2) | 0 poin |
Dengan sistem nilai ini, total poin yang tersedia dalam setiap ronde adalah 120 poin.
Aturan Main dan Mekanisme Permainan
Pemain yang berada di sebelah kiri pembagi kartu memulai permainan, kemudian berlanjut searah jarum jam. Setiap trik terdiri dari setiap pemain yang memainkan satu kartu. Pemain pembuka dapat memainkan kartu apa pun yang diinginkan, begitu pula dengan pemain berikutnya. Trik dimenangkan oleh kartu terakhir yang dimainkan dengan nilai yang sama dengan kartu pembuka.
Pemain berusaha memenangkan trik yang mengandung kartu-kartu bernilai tinggi, sehingga perlu pertimbangan strategis dalam setiap langkah permainan.
Mekanisme Pengambilan Kartu
Setelah setiap pemain memainkan kartunya, mereka akan mengambil kartu dari tumpukan cadangan untuk mengisi kembali tangan mereka menjadi lima kartu. Ketika tumpukan cadangan sudah habis, pemain tidak lagi mengambil kartu tetapi tetap melanjutkan permainan dengan kartu yang tersisa di tangan mereka.
Aturan Khusus Pembukaan Trik
Hanya ada satu aturan khusus untuk membuka trik yang harus diikuti semua pemain. Seorang pemain tidak boleh membuka empat trik berturut-turut dengan kartu yang memiliki nilai sama.
Fitur Permainan Khusus
- Selama masih ada kartu dalam tumpukan cadangan, pemain dapat memutuskan untuk membuka atau bermain dengan kartu teratas dari tumpukan tersebut
- Untuk melakukan ini, pemain harus membuka kartu teratas tumpukan dan memainkannya dalam trik
- Setelah tindakan ini dilakukan, pemain tidak dapat mengubah keputusannya
- Pemain yang melakukan ini tidak akan mengambil kartu setelahnya, karena mereka masih memiliki lima kartu di tangan
Aturan Pembersihan (Cleaning) dan Strategi Lanjutan
Terdapat aturan tambahan yang mempengaruhi jalannya permainan. Jika salah satu tim memenangkan ratu sebelum tumpukan cadangan habis, mereka harus melakukan pembersihan dengan trik setelah tumpukan habis.
Untuk membersihkan, seorang pemain harus memenangkan raja dalam sebuah trik setelah tumpukan cadangan habis. Karena alasan ini, tidak diperbolehkan memainkan keempat raja sebelum tumpukan cadangan kosong. Jika tiga raja telah dimainkan sebelum tumpukan habis, maka pemain dengan raja yang tersisa tidak dapat memainkannya sampai tumpukan benar-benar habis.
Ada kemungkinan satu, kedua, atau tidak ada tim yang perlu melakukan pembersihan setelah tumpukan cadangan habis.
Sistem Penilaian dan Tingkatan Kemenangan
Setelah semua trik dimainkan dan dimenangkan, pemain akan menghitung skor dari trik-trik yang mereka menangkan.
Tingkatan Kemenangan
Selain sistem penilaian dasar, terdapat juga tingkatan kemenangan tambahan. Jika sebuah tim mencetak 61 poin atau lebih dan memiliki permainan bersih (clean game), mereka mendapatkan satu poin permainan. Jika kedua tim mencetak tepat 60 poin dan keduanya bersih, tidak ada poin permainan yang diberikan.
Tingkatan Kekalahan
-
Kekalahan Terhormat:
Permainan bersih dimana tim yang kalah mencetak 4 hingga 59 poin -
Kekalahan Memalukan (Piss Game):
Tim memiliki lebih dari 4 poin dan permainan kotor -
Kekalahan Lappi:
Memiliki kurang dari 4 poin dan tanpa ratu -
Kekalahan Kortiton Lappi:
Tim yang tidak mengambil trik sama sekali – lebih buruk dari lappi -
Kekalahan Piss Lappi:
Satu-satunya kartu bernilai poin adalah ratu – kekalahan paling memalukan dan terburuk
Penutupan Permainan
Permainan berakhir ketika sebuah tim berhasil mengumpulkan tujuh poin permainan. Tim pertama yang mencapai prestasi ini dinyatakan sebagai pemenang permainan.