Skip to content

Game Rules

Aturan Permainan

Primary Menu
  • Beranda
  • Semua permainan
  • Permainan Remi
    • Permainan kartu tunggal
    • permainan kartu untuk dua orang
    • casino online
    • Permainan kartu anak-anak
  • Permainan meja
    • Permainan meja tunggal terbaik
    • Permainan meja untuk dua orang
    • Permainan meja keluarga
  • Permainan minum alkohol
    • Permainan minum dengan gelas
    • Permainan pertemuan menonton film terbaik
    • Permainan kartu/Permainan kartu minum
    • Permainan meja minum-minum
    • Permainan minum dengan dadu
  • Olahraga
  • berita
  • Home
  • berita
  • FINLANDIA RISTIKLAPPI
  • berita

FINLANDIA RISTIKLAPPI

gamerules 2025-11-19

Finnish Ristiklappi: Permainan Kartu Strategis dari Finlandia

Pengenalan Permainan

Finnish Ristiklappi merupakan sebuah permainan kartu yang dimainkan dengan sistem trik untuk empat pemain. Dalam permainan ini, peserta dibagi menjadi dua tim yang masing-masing beranggotakan dua orang, dengan posisi duduk yang saling berhadapan. Tujuan utama permainan ini adalah mengumpulkan tujuh poin permainan lebih dulu daripada tim lawan.

Poin permainan dapat diperoleh dengan memenangkan ronde, yang dicapai melalui pengumpulan poin lebih banyak dibandingkan tim lawan. Poin-poin ini didapatkan dengan mengumpulkan kartu-kartu bernilai tinggi selama permainan berlangsung.


Persiapan dan Pembagian Kartu

Pemain yang bertugas sebagai pembagi kartu pertama kali dipilih secara acak, kemudian peran ini akan bergilir ke kiri untuk setiap putaran baru. Pembagi kartu akan mengocok dek dengan teliti dan membagikan enam kartu kepada setiap pemain. Sisa kartu yang tidak terbagi akan membentuk tumpukan cadangan dan diletakkan tertutup di tengah area bermain.

Sistem Nilai Kartu

Dalam Finnish Ristiklappi, tidak terdapat sistem peringkat kartu seperti permainan kartu pada umumnya. Yang menjadi perhatian utama adalah apakah suatu kartu memiliki nilai yang sama dengan kartu lainnya. Namun, terdapat sistem nilai khusus yang melekat pada kartu-kartu tertentu, yang menjadi penentu perolehan poin pemain selama ronde berlangsung.

Jenis Kartu Nilai Poin
As 11 poin
Raja (King) 4 poin
Ratu (Queen) 3 poin
Jack 2 poin
Kartu 10 10 poin
Kartu Lainnya (9-2) 0 poin

Dengan sistem nilai ini, total poin yang tersedia dalam setiap ronde adalah 120 poin.


Aturan Main dan Mekanisme Permainan

Pemain yang berada di sebelah kiri pembagi kartu memulai permainan, kemudian berlanjut searah jarum jam. Setiap trik terdiri dari setiap pemain yang memainkan satu kartu. Pemain pembuka dapat memainkan kartu apa pun yang diinginkan, begitu pula dengan pemain berikutnya. Trik dimenangkan oleh kartu terakhir yang dimainkan dengan nilai yang sama dengan kartu pembuka.

Contoh: Jika Pemain A memainkan kartu 2, Pemain B memainkan kartu 5, Pemain C memainkan kartu 2, dan Pemain D memainkan kartu 4, maka Pemain C-lah yang memenangkan trik tersebut. Pemenang trik akan menjadi pembuka trik berikutnya.

Pemain berusaha memenangkan trik yang mengandung kartu-kartu bernilai tinggi, sehingga perlu pertimbangan strategis dalam setiap langkah permainan.

Mekanisme Pengambilan Kartu

Setelah setiap pemain memainkan kartunya, mereka akan mengambil kartu dari tumpukan cadangan untuk mengisi kembali tangan mereka menjadi lima kartu. Ketika tumpukan cadangan sudah habis, pemain tidak lagi mengambil kartu tetapi tetap melanjutkan permainan dengan kartu yang tersisa di tangan mereka.

Aturan Khusus Pembukaan Trik

Hanya ada satu aturan khusus untuk membuka trik yang harus diikuti semua pemain. Seorang pemain tidak boleh membuka empat trik berturut-turut dengan kartu yang memiliki nilai sama.

Fitur Permainan Khusus

  • Selama masih ada kartu dalam tumpukan cadangan, pemain dapat memutuskan untuk membuka atau bermain dengan kartu teratas dari tumpukan tersebut
  • Untuk melakukan ini, pemain harus membuka kartu teratas tumpukan dan memainkannya dalam trik
  • Setelah tindakan ini dilakukan, pemain tidak dapat mengubah keputusannya
  • Pemain yang melakukan ini tidak akan mengambil kartu setelahnya, karena mereka masih memiliki lima kartu di tangan

Aturan Pembersihan (Cleaning) dan Strategi Lanjutan

Terdapat aturan tambahan yang mempengaruhi jalannya permainan. Jika salah satu tim memenangkan ratu sebelum tumpukan cadangan habis, mereka harus melakukan pembersihan dengan trik setelah tumpukan habis.

Untuk membersihkan, seorang pemain harus memenangkan raja dalam sebuah trik setelah tumpukan cadangan habis. Karena alasan ini, tidak diperbolehkan memainkan keempat raja sebelum tumpukan cadangan kosong. Jika tiga raja telah dimainkan sebelum tumpukan habis, maka pemain dengan raja yang tersisa tidak dapat memainkannya sampai tumpukan benar-benar habis.

Trik dimana raja dimenangkan tidak boleh dimenangkan oleh ratu, jika tidak maka akan dianggap batal. Oleh karena itu, jika trik dibuka oleh ratu, maka raja apa pun yang dimainkan di dalamnya tidak dapat digunakan untuk pembersihan.

Ada kemungkinan satu, kedua, atau tidak ada tim yang perlu melakukan pembersihan setelah tumpukan cadangan habis.


Sistem Penilaian dan Tingkatan Kemenangan

Setelah semua trik dimainkan dan dimenangkan, pemain akan menghitung skor dari trik-trik yang mereka menangkan.

Tingkatan Kemenangan

Selain sistem penilaian dasar, terdapat juga tingkatan kemenangan tambahan. Jika sebuah tim mencetak 61 poin atau lebih dan memiliki permainan bersih (clean game), mereka mendapatkan satu poin permainan. Jika kedua tim mencetak tepat 60 poin dan keduanya bersih, tidak ada poin permainan yang diberikan.

Tingkatan Kekalahan


  • Kekalahan Terhormat:

    Permainan bersih dimana tim yang kalah mencetak 4 hingga 59 poin

  • Kekalahan Memalukan (Piss Game):

    Tim memiliki lebih dari 4 poin dan permainan kotor

  • Kekalahan Lappi:

    Memiliki kurang dari 4 poin dan tanpa ratu

  • Kekalahan Kortiton Lappi:

    Tim yang tidak mengambil trik sama sekali – lebih buruk dari lappi

  • Kekalahan Piss Lappi:

    Satu-satunya kartu bernilai poin adalah ratu – kekalahan paling memalukan dan terburuk

Penutupan Permainan

Permainan berakhir ketika sebuah tim berhasil mengumpulkan tujuh poin permainan. Tim pertama yang mencapai prestasi ini dinyatakan sebagai pemenang permainan.

Post navigation

Previous: CARI TEMPATNYA
Next: HURUF PERTAMA, ATURAN PERMAINAN HURUF TERAKHIR

Related News

自动生成图片: Upward trending graph with game controller and factory icons integrated, soft gradient background of orange and blue, clean geometric shapes representing growth, minimalist data visualization style high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Craftomation 1 Rilis Update Besar: Fitur Otomasi Baru dan Event Kolaborasi Eksklusif untuk Pemain Indonesia

gamerules 2025-12-23
自动生成图片: Abstract geometric composition with overlapping shapes representing a soccer ball and simple puppet figures, soft pastel colors, modern minimal style, professional gaming concept illustration high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Puppet Soccer Challenge: Game Sepak Bola Unik yang Lagi Viral, Cocok untuk Main Santai atau Bisa Kompetitif?

gamerules 2025-12-22
自动生成图片: Abstract investigative concept with a magnifying glass over digital game icons and question marks, dark blue and grey color scheme, clean minimal design, modern digital illustration high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Misteri ‘Linebacker Alley 2’: Game Baru yang Beredar atau Cuma Mod dari Game Lawas? Investigasi untuk Gamer Indonesia

gamerules 2025-12-22

Konten terbaru

  • Mengenal Visual Cue ‘Power Light’ di Berbagai Genre Game: Dari Fighting Game hingga RPG
  • Analisis Profil: Apakah Anda Tipe ‘Pressure Player’ atau ‘Ice Man’ Saat Hadapi Tendangan Penalti?
  • Mahjong Legends Rilis di Indonesia: Gameplay Turn-Based Baru yang Menggabungkan Strategi Klasik dan Cerita Epic
  • Rahasia Timing Sempurna di Game ‘Lempar-Tinggi’: Analisis Fisika dan Latihan Drilling untuk Pemain Indonesia
  • Craftomation 1 Rilis Update Besar: Fitur Otomasi Baru dan Event Kolaborasi Eksklusif untuk Pemain Indonesia
Copyright © All rights reserved. | MoreNews by AF themes.