Fipsen: Permainan Kartu Strategis untuk 4 Pemain
Fipsen merupakan permainan kartu yang menarik dimainkan oleh empat orang peserta. Meskipun setiap pemain bertanding secara individual, dalam setiap ronde akan ada satu peserta yang berhadapan melawan tiga lawannya. Ketiga pemain tersebut akan membentuk aliansi sementara untuk menghalangi pemain tunggal meraih poin.
Tujuan dan Strategi Permainan
Tujuan utama dalam Fipsen adalah mengumpulkan skor tertinggi ketika permainan berakhir. Para pemain mencapai tujuan ini dengan melakukan penawaran dan memenangkan trik untuk meraih nilai tertentu. Terdapat beberapa modifikasi yang dapat dicapai selama permainan berlangsung untuk meningkatkan skor lebih lanjut.
Persiapan Dek Kartu
Dek kartu perlu dimodifikasi dengan menghapus semua kartu bernilai 6 ke bawah serta semua kartu wajik kecuali 7 wajik. Proses ini akan menghasilkan dek berisi 25 kartu yang siap digunakan.
Urutan Pembagian Kartu
- Pembagi pertama dipilih secara acak dan bergilir ke kiri setiap ronde baru
- Pembagi akan mengocok dek dan memungkinkan pemain di sebelah kanannya memotong dek
- Setiap pemain menerima 5 kartu yang dibagikan dalam kelompok 3 dan 2, searah jarum jam
- Dua kartu (disebut skat) diletakkan di tengah meja
- Tiga kartu tambahan (hanya digunakan dalam kesepakatan kieker) dibuang tertutup di samping pembagi
Proses Penawaran dan Modifikasi
Proses penawaran dimulai setelah kartu dibagikan, dimulai dari pemain di sebelah kiri pembagi. Penawaran digunakan untuk menentukan siapa yang akan bermain sendirian melawan pemain lain dan berapa nilai dasar yang akan diperoleh dalam ronde tersebut. Penawaran terendah adalah 2 dan tertinggi 5. Terdapat juga modifikasi yang dapat ditambahkan untuk meningkatkan peringkat kesepakatan.
Jenis Modifikasi Utama
-
Hand Game
: Pemain tidak melihat atau menggunakan skat -
Ruten
: Penawar memilih wajik sebagai suit truf -
Durch
: Penawar harus memenangkan semua 5 trik
Modifikasi hand game dan ruten memiliki peringkat yang sama sehingga tidak dapat saling meningkatkan penawaran. Durch memiliki peringkat lebih tinggi daripada keduanya.
Contoh Urutan Peringkat Penawaran
Urutan penawaran dari terendah ke tertinggi: 2 (terendah), 2 hand game atau 2 ruten (peringkat sama), 2 durch, dan 3. Ketika modifikasi diterapkan dalam permainan, terlepas dari apakah digunakan dalam penawaran, skor untuk ronde tersebut akan digandakan.
Penawaran Khusus Kieker
Terdapat penawaran khusus bernama kieker yang memiliki peringkat antara 4 dan 5. Seorang pemain hanya dapat menawar Kieker jika tidak memegang kartu wajah di tangan. Jika penawaran mereka menang, pemain di sebelah kiri akan memverifikasi dan mereka dapat mengambil skat serta tiga kartu yang disisihkan untuk ditukar dengan kartu di tangan mereka.
Mekanisme Permainan dan Perhitungan Skor
Urutan Nilai Kartu
Kartu diurutkan dari tertinggi ke terendah: As (tertinggi), Raja, Ratu, Jack, 10, 9, 8, dan 7 (terendah).
Alur Permainan
Vorhand memimpin trik pertama dan semua pemain lain harus mengikuti suit jika memungkinkan. Jika tidak dapat mengikuti suit, pemain dapat memainkan kartu apa saja. Truf tertinggi atau jika tidak berlaku, kartu tertinggi dari suit yang dipimpin akan memenangkan trik. Pemenang akan memimpin trik berikutnya.
Kondisi Kemenangan dan Kekalahan
Jika penawar memenangkan jumlah trik yang mereka tawar, mereka dapat mengakhiri ronde untuk mencetak skor. Jika mereka belum kalah dalam trik, mereka dapat memilih untuk melanjutkan permainan dengan memanggil durch dan sekarang mereka harus memenangkan semua 5 trik atau kalah dalam ronde tersebut.
Kondisi Khusus Siebener Fips
Jika selama permainan seorang pemain memegang semua 4 kartu 7 dan As dari suit apa pun, mereka dapat memanggil siebener fips. Pemain ini akan mengungkapkan kartu mereka, mengakhiri ronde dan mencetak 30 poin.
Sistem Penilaian Akhir
Perhitungan Poin Positif
Setelah ronde berakhir, penilaian akan dimulai. Jika penawar memenangkan penawaran yang dikontrak, mereka akan mencetak skor dasar permainan ditambah penggandaan yang berlaku. Jika skor dasar permainan adalah 4 dan mereka memainkan hand game dan ruten, mereka akan mencetak 16 poin untuk ronde tersebut.
Perhitungan Poin Negatif
Jika penawar kalah dan tidak menyelesaikan kontrak mereka, mereka mencetak poin negatif ganda dari apa yang akan mereka dapatkan jika menang. Jadi, dalam contoh di atas mereka akan mencetak 16 poin, dengan kekalahan mereka mencetak negatif 32.
Skor Kieker
Untuk permainan kieker yang berhasil, mereka mencetak 20 poin untuk kemenangan dan negatif 40 untuk kekalahan.
Skor setiap pemain dijaga secara independen dan kumulatif selama beberapa ronde. Permainan berakhir ketika jumlah ronde yang ditetapkan tercapai atau ketika semua pemain menginginkan permainan berakhir. Pemain dengan skor tertinggi dinyatakan sebagai pemenang.