Fluxx: Permainan Kartu yang Selalu Berubah
Konsep Dasar Permainan
Fluxx merupakan jenis permainan yang dipelajari sambil dimainkan. Awalnya dimulai dengan aturan sederhana: ambil satu kartu dan mainkan satu kartu. Seiring berjalannya permainan, aturan-aturan baru akan diterapkan sesuai dengan kartu yang dimainkan oleh para pemain.
Tujuan permainan terus berubah sepanjang sesi berlangsung, namun dengan sedikit keberuntungan, Anda bisa segera menjadi pemenangnya! Perhatikan baik-baik tujuan permainan dan kartu di tangan Anda. Mungkin saja pada giliran berikutnya Anda bisa menyatakan diri sebagai pemenang.
Persiapan Awal Permainan
Langkah-langkah Penyiapan
Untuk memulai permainan, letakkan kartu Aturan Dasar di tengah meja atau lingkaran pemain. Kocok semua kartu dengan baik, kemudian bagikan tiga kartu kepada setiap pemain. Selanjutnya, susun sisa kartu yang belum dibagikan secara tertutup di sebelah kartu Aturan Dasar untuk membentuk tumpukan kartu ambil. Setelah ini, persiapan permainan dianggap selesai!
Tidak ada aturan khusus mengenai siapa yang berhak mengambil kartu pertama. Hal ini dapat diputuskan bersama di antara para pemain.
Cara Bermain Fluxx
Aturan Permainan Awal
Pada awal permainan, Aturan Dasar harus diikuti. Secara sederhana, setiap pemain mengambil satu kartu dan memainkan satu kartu, dengan giliran berjalan searah jarum jam mengelilingi kelompok pemain.
Adaptasi dengan Aturan Baru
Ketika Aturan Baru dimainkan, semua pemain wajib menyesuaikan diri dengan aturan tersebut. Jenis aturan ini bervariasi tergantung pada kartu yang dimainkan. Apabila sebuah Aturan Baru bertentangan dengan aturan yang telah dimainkan sebelumnya, maka aturan lama dinyatakan tidak berlaku. Prinsip utamanya adalah mengikuti Aturan yang sedang berlaku!
Kartu Tujuan dan Kemenangan
Saat sebuah Kartu Tujuan dimainkan, setiap pemain harus benar-benar memperhatikannya. Inilah cara untuk memenangkan Fluxx! Sebuah Tujuan berlaku untuk semua orang, artinya siapa pun yang memenuhi kriteria Tujuan tersebut bisa menang! Tujuan lama akan digantikan ketika Tujuan baru telah dimainkan.
Permainan berakhir ketika seorang pemain berhasil memenuhi kondisi dari Tujuan yang berlaku. Pemain tersebut kemudian dinyatakan sebagai pemenang!