Permainan Strategi Takhta Besi: Kuasai Westeros
Dalam petualangan epik ini, taklukkan Tujuh Kerajaan dengan menguasai lokasi-lokasi ikonis di Westeros melalui jawaban atas pertanyaan seputar serial TV Game of Thrones. Tempat-tempat strategis dapat dikuasai lebih cepat dengan menjawab pertanyaan yang lebih menantang. Bentuk – dan hancurkan – aliansi dengan tim lain untuk mengendalikan wilayah di papan permainan, mencerminkan konspirasi dan perebutan kekuasaan dalam serial TV tersebut.
Dasar Permainan dan Persiapan
Berdasarkan 4 musim pertama serial TV, permainan ini menyediakan 1200 pertanyaan yang dikategorikan berdasarkan musim (tanpa risiko spoiler bagi pemain dengan tingkat pengetahuan berbeda).
Persiapan Awal
Letakkan papan permainan di tengah meja dan token putaran pada ruang yang sesuai di trek putaran, disesuaikan dengan jumlah pemain/tim. Setiap pemain/tim mengambil sembilan penanda kendali sesuai warnanya dan menempatkannya di sisi meja mereka.
Memulai Permainan
Pilih satu tim/pemain secara acak untuk memulai (misalnya, pemain terakhir yang berbohong). Pemain/tim tersebut mengambil token Takhta Besi. Kocok secara terpisah kartu gambar dan kartu trivia, lalu letakkan setiap tumpukan di samping papan permainan.
Mekanisme Permainan Utama
Giliran Bermain
Pada gilirannya, sebuah tim memilih lokasi untuk mencoba menempatkan penanda kendali. Untuk diizinkan melakukannya, tim/pemain harus menjawab satu atau lebih pertanyaan. Jumlah pertanyaan yang harus dijawab tergantung pada ukuran penanda kendali yang ingin ditempatkan di lokasi, yang ditunjukkan sebagai titik pada penanda kendali.
Jenis Penanda Kendali
Terdapat tiga jenis penanda kendali dengan satu, dua, atau tiga titik. Semakin banyak titik pada penanda kendali, semakin besar ukurannya. Pemain/tim di sebelah kiri pemain saat ini mengambil kartu dari tumpukan kartu trivia, atau dari tumpukan kartu gambar jika penanda putaran berada di ruang putih trek putaran.
Menguasai Lokasi Strategis
Ketika seorang pemain/tim memiliki lebih banyak penanda kendali daripada pemain/tim lain di suatu lokasi, mereka mengendalikan lokasi tersebut. Jika terjadi seri antara dua atau lebih pemain/tim, lokasi tidak dikendalikan sama sekali.
Catatan tentang spoiler: Jika beberapa pemain belum menonton seluruh serial, Anda dapat menghindari spoiler dengan melihat di sudut kanan bawah kartu. Setiap kartu memiliki pertanyaan terkait musim tertentu, yang dapat dihindari dengan mengambil kartu lain.
Kondisi Kemenangan
Permainan berakhir segera jika seorang pemain berhasil menempatkan semua penanda kendalinya di papan. Pemain/tim yang mencapai ini memenangkan permainan secara instan. Jika tidak, permainan berakhir ketika token putaran mencapai akhir trek putaran. Ketika itu terjadi, tim/pemain dengan lokasi terbanyak di bawah kendalinya memenangkan permainan. Jika terjadi seri, pemain/tim dengan penanda terbanyak di papan yang menang.
Aturan Lanjutan: Perjuangan Kekuasaan
Aturan lanjutan menambahkan nuansa menarik dalam permainan untuk membuatnya lebih mirip perjuangan kekuasaan yang kejam, sebagaimana seharusnya permainan Game of Thrones.
Kartu Bantuan dan Token Sumber Daya
Terdapat 24 Kartu Bantuan dan 36 Token Sumber Daya. Selama persiapan permainan, kocok Kartu Bantuan dan tempatkan tumpukan pada lokasi yang ditunjukkan di papan permainan. Kemudian, ambil dua kartu dan tempatkan di samping tumpukan Kartu Bantuan di dua ruang yang ditunjukkan.
Jenis Token Sumber Daya
- Militer (ikon pedang merah)
- Informasi (ikon gagak abu-abu)
- Kekayaan (ikon koin kuning)
Mekanisme Tambahan
Aliansi Strategis
Ketika seorang pemain/tim kesulitan menemukan jawaban atas pertanyaan, mereka dapat merundingkan dukungan tim/pemain lain untuk membiarkan mereka menjawab sebagai pengganti. Jika tim pendukung menjawab dengan benar, mereka mendapatkan Token Sumber Daya dari lokasi yang dipilih pemain saat ini, tetapi pemain/tim saat ini akan menjadi satu-satunya yang menempatkan penanda kendali di lokasi tersebut.
Menghapus Penanda Lawan
Ketika seorang pemain/tim menempatkan penanda kendali di lokasi, mereka diizinkan untuk menghapus satu penanda kendali yang sudah ditempatkan di lokasi itu, selama penanda tersebut lebih kecil dari penanda kendali yang mereka tempatkan. Penanda kendali itu dikembalikan ke pemiliknya.