Gloom: Permainan Kesengsaraan Keluarga untuk 2-5 Pemain
Gloom merupakan permainan strategi yang dirancang untuk 2 hingga 5 pemain. Tujuan utama dalam permainan ini adalah menciptakan keluarga paling sengsara di akhir permainan. Hal ini dicapai dengan memainkan kartu untuk mempengaruhi nilai karakter dan menceritakan kisah-kisah pilu hingga akhirnya mengakhiri hidup karakter Anda.
Persiapan Permainan
Memilih Keluarga
Tahap pertama adalah menentukan keluarga masing-masing pemain. Setiap peserta akan mengambil satu set kartu keluarga. Dalam permainan 4 pemain, satu anggota keluarga dibuang untuk memperpendek durasi permainan, sedangkan dalam permainan 5 pemain, kelompok ini akan menjadi keluarga terakhir.
Penyusunan Kartu
Seluruh kartu selain kartu keluarga dan aturan dikocok menjadi satu tumpukan dan ditempatkan di tengah area permainan. Setiap pemain akan mengambil 5 kartu sebagai tangan awal mereka.
Jenis dan Elemen Kartu
Kategori Kartu Utama
-
Kartu Karakter
– Anggota keluarga yang akan Anda sengsarakan -
Kartu Modifier
– Digunakan untuk mempengaruhi nilai karakter -
Kartu Event
– Kartu sekali pakai yang mempengaruhi jalannya permainan -
Kartu Kematian
– Cara untuk mengakhiri hidup karakter keluarga
Elemen Penting pada Kartu
| Elemen | Fungsi | Lokasi |
|---|---|---|
| Nilai Harga Diri | Menentukan skor akhir karakter | Sisi kiri kartu |
| Ikon Cerita | Memicu kemampuan tertentu | Pojok kanan atas |
| Teks Narasi | Untuk pengembangan cerita | Bagian tengah kartu |
| Efek | Mempengaruhi permainan | Berbagai lokasi |
Jenis Efek Kartu
-
Efek Langsung
– Ditandai panah menghadap kanan, aktif sekali saat dimainkan -
Efek Respons
– Ditandai panah U-turn kiri, dapat dimainkan di giliran lawan -
Efek Berkelanjutan
– Ditandai lingkaran dengan panah kiri, aktif hingga tertutup kartu lain -
Efek Persisten
– Ditandai dua panah melingkar, tetap aktif meski teks tertutup
Detail Jenis Kartu
Kartu Karakter
Kartu ini menampilkan potret di bagian tengah dengan nama dan simbol keluarga di bagian bawah. Mereka menjadi titik awal permainan dengan nilai harga diri nol. Sebagian besar kartu yang Anda mainkan akan mempengaruhi karakter ini.
Kartu Modifier
Kartu ini digunakan untuk memodifikasi nilai karakter. Biasanya mengandung event dan berbagai simbol. Dapat berisi nilai harga diri positif atau negatif dan dapat dimainkan pada karakter hidup mana pun, termasuk milik pemain lain.
Kartu Event
Dikenali dari kotak teks abu-abu dengan tulisan merah. Kartu ini hanya dapat digunakan sekali untuk mempengaruhi permainan kemudian dibuang.
Kartu Kematian
Menampilkan tengkorak di bagian tengah dengan kotak teks abu-abu dan tulisan hitam. Ini adalah cara untuk membunuh anggota keluarga Anda. Ingat, hanya karakter mati yang dihitung di akhir permainan. Biasanya hanya dapat dimainkan sebagai kartu pertama setiap giliran dan hanya pada karakter dengan nilai harga diri negatif.
Alur Permainan
Memulai Permainan
Permainan dimulai oleh pemain yang mengalami hari terburuk atau pemilik permainan. Setiap giliran, pemain memiliki dua aksi, kemudian harus mengambil kartu hingga mencapai jumlah kartu tangan.
Pilihan Aksi
-
Memainkan Kartu
– Memainkan kartu modifier atau event sesuai persyaratan -
Membuang Kartu
– Membuang seluruh kartu tangan sebagai aksi pertama atau kedua -
Pass
– Melewatkan giliran tanpa melakukan aksi
Permainan Bebas
Beberapa kartu memberikan kesempatan permainan bebas, yang memungkinkan pemain memainkan kartu apa pun termasuk kartu kematian tanpa menggunakan aksi.
Aspek Bercerita dan Akhir Permainan
Elemen Naratif
Aspek penting dalam Gloom adalah bercerita. Setiap kali memainkan kartu pada karakter, pastikan untuk menambahkan elemen cerita dengan memanfaatkan efek dan nama kartu untuk memperkaya narasi Anda.
Kondisi Kemenangan
Permainan berakhir ketika seorang pemain berhasil membunuh semua anggota keluarganya. Pemain kemudian menjumlahkan nilai harga diri yang terlihat dari anggota keluarga yang telah meninggal. Pemain dengan skor terendah dinyatakan sebagai pemenang.