Panduan Lengkap Bermain Gudetama

Gudetama merupakan permainan kartu strategi yang terinspirasi dari game Cucumber. Sama seperti pendahulunya, pemain akan mendapatkan poin ketika berhasil mengumpulkan trik terakhir dalam setiap ronde. Yang membedakan Gudetama adalah penggunaan dek 63 kartu dengan jumlah variasi per peringkat, memberikan kemampuan khusus pada kartu bernomor 1 dan 14, serta menghilangkan kartu dari permainan sebagai token penilaian.
Komponen Utama:
Gudetama menggunakan set kartu sebanyak 63 lembar dengan nomor 1 sampai 14. Dalam permainan ini, angka 1 bernilai terendah sedangkan 14 adalah tertinggi. Setiap kartu dilengkapi dengan indikator frekuensi di sudutnya yang menunjukkan berapa banyak salinan kartu tersebut tersedia dalam dek.
Kartu dengan Kemampuan Khusus

Kartu Nomor 1
Ketika dimainkan pada trik terakhir, kartu bernomor 1 akan memberikan poin kepada semua pemain yang terlibat dalam ronde tersebut. Namun jika digunakan di luar trik akhir, kartu ini berfungsi seperti kartu biasa tanpa kemampuan khusus.
Kartu Nomor 14
Apabila kartu 14 berhasil mengumpulkan sebuah trik, maka pemenang trik berhak menentukan siapa yang akan memulai trik berikutnya. Jika kartu ini dimainkan pada trik penutup, pemenang berwenang memilih pemain yang akan memulai ronde selanjutnya.
Tata Cara Permainan

Persiapan Awal
Lakukan pengocokan untuk menentukan dealer dan pemimpin trik pertama. Pemain yang mendapatkan kartu tertinggi berhak menjadi dealer sekaligus memimpin trik pembuka. Setiap pemain akan menerima tujuh kartu, sementara sisa kartu disisihkan untuk keperluan berikutnya.
Trik Pertama
Dealer memulai trik pertama dengan memainkan kartu apa saja dari tangannya. Pemain berikutnya memiliki dua pilihan: memainkan kartu dengan nilai sama atau lebih tinggi dari kartu tertinggi di trik, atau memainkan kartu terendah yang dimiliki. Pemain dengan kartu peringkat tertinggi akan memenangkan trik dan memimpin trik selanjutnya. Jika terdapat beberapa kartu dengan nilai sama, pemain yang terakhir memainkan kartu tertinggi lah yang menjadi pemenang.
Contoh Situasi Trik
Pemain 1 memulai dengan kartu 7. Pemain 2 memilih untuk memainkan kartu 9. Pemain 3 melanjutkan dengan kartu 10. Pemain 4 tidak memiliki kartu bernilai 10 atau lebih tinggi, sehingga harus memainkan kartu terendah yaitu 1. Akhirnya, Pemain 3 berhasil mengumpulkan trik dengan kartu 10 dan berhak memimpin trik berikutnya.
Trik Penutup dan Sistem Poin

Permainan berlanjut sesuai aturan hingga mencapai trik terakhir. Hanya pada trik penutup inilah poin dapat diperoleh. Pemain yang berhasil mengumpulkan trik akhir akan mendapatkan poin sesuai nilai kartu yang dimainkan, kecuali jika ada pemain yang memainkan kartu 1. Pemenang trik terakhir biasanya akan menjadi dealer dan pemimpin trik pertama di ronde berikutnya, kecuali jika kartu 14 digunakan. Apabila kartu 14 berhasil mengumpulkan trik penutup, pemain tersebut berhak memilih siapa yang akan memulai ronde baru.
Pengakhiran Permainan

Permainan terus berlanjut hingga salah satu pemain mencapai 21 poin. Pada akhir trik penutup, pemenang trik akan menyimpan kartu yang dimainkannya tanpa dicampur kembali ke dalam dek. Kartu tersebut ditambahkan ke tumpukan skor pemain. Total poin setiap pemain dihitung dari jumlah nilai kartu dalam tumpukan skor mereka. Misalnya, jika seorang pemain memiliki kartu 8, 5, dan 6 di tumpukannya, maka total poin yang terkumpul adalah 19. Kartu sisanya dikumpulkan kembali untuk digunakan pada ronde berikutnya. Jika kartu 1 dimainkan pada trik akhir, semua pemain berhak menyimpan kartu mereka dan mendapatkan poin sesuai nilai kartu tersebut.
Pemenang Permainan:
Ketika seorang pemain mencapai 21 poin, pemain dengan skor terendah justru dinyatakan sebagai pemenangnya.
Penanganan Skor Seri
Apabila terjadi kesamaan skor terendah antara beberapa pemain, permainan akan dilanjutkan khusus untuk pemain yang terlibat seri. Ronde terus berlanjut hingga hanya tersisa satu pemain yang belum mencapai atau melebihi 21 poin. Pemain terakhir yang bertahan inilah yang keluar sebagai pemenang utama.