Strategi Menguasai Galaksi: Panduan Bermain
Dalam petualangan antariksa yang menegangkan ini, pemain memimpin armada bintang yang bertekad menghancurkan dunia lawan. Setiap keputusan strategis akan menentukan nasib peradaban Anda di antara bintang-bintang.
Memulai Ekspedisi Antariksa
Setiap penjelajah galaksi memilih dua bintang dan satu kapal besar sebagai fondasi permainan. Warna yang dipilih akan menjadi identitas Anda sepanjang pertempuran kosmik berlangsung. Dua piramida yang melambangkan bintang kemudian disusun bertumpuk membentuk sistem bintang biner.
Pemilihan Strategis
Pertimbangkan dengan matang ketika memilih kapal dan bintang, karena keputusan ini akan berdampak signifikan pada perkembangan permainan selanjutnya.
Persiapan Awal
Setelah semua komponen dipilih, pertarungan galaksi siap dimulai! Setiap pemain berhak melakukan satu aksi per giliran atau memilih mengembalikan kapal ke bank.
Mekanisme Permainan dan Aksi Taktis
Selama giliran berlangsung, pemain dapat melaksanakan satu aksi di sistem mana pun yang memiliki kapal mereka. Kekuatan yang dapat digunakan ditentukan oleh kapal yang berada di sistem tersebut.
Pengorbanan Strategis
Ketika memutuskan mengembalikan kapal ke bank, pemain memperoleh sejumlah aksi pengorbanan. Jumlah aksi ini ditentukan oleh nilai pip yang dimiliki kapal yang dikembalikan.
Sistem Warna dan Kemampuan
Setiap warna memberikan aksi khusus yang dapat dilakukan pemain. Jika menggunakan bintang, aksi ditentukan oleh warna bintang dalam sistem. Untuk kapal, aksi mengikuti warna kapal yang dimiliki di sistem tersebut. Sedangkan aksi pengorbanan mengikuti warna kapal yang dikembalikan.
Jenis-jenis Aksi Taktis
Hijau – Konstruksi:
Membangun kapal baru di sistem pilihan, harus sesuai warna dengan kapal lain dalam sistem yang sama. Kapal yang dipilih harus berukuran terkecil yang tersedia di bank untuk warna tersebut.
Biru – Perdagangan:
Menukar kapal milik sendiri dengan potongan warna berbeda berukuran sama yang tersedia di bank.
Kuning – Pergerakan:
Memindahkan kapal dari sistem saat ini ke sistem lain yang dituju.
Merah – Serangan:
Menyerang kapal musuh dengan mengarahkannya menjauh dari posisi Anda.
Peringatan Strategis
Serangan hanya dapat dilakukan jika memiliki kapal berukuran lebih besar. Kehadiran terlalu banyak kapal di satu lokasi dapat memicu bencana – maksimal tiga potongan berwarna sama yang diperbolehkan dalam satu sistem secara bersamaan.
Penentuan Pemenang
Pertarungan antariksa berlanjut hingga muncul pemenang yang jelas. Permainan berakhir ketika kedua bintang di dunia asal pemain hancur, atau ketika pemain tidak memiliki kapal sama sekali di dunia asalnya.
Pada momen kritis ini, pemain lawan dinyatakan sebagai pemenang, sementara pemain yang kehilangan dunia asalnya mengalami kekalahan telak dalam pertempuran galaksi.