Panduan Lengkap Bermain Game Petualangan Perkemahan
Game ini menawarkan pengalaman seru bagi para pemain yang berperan sebagai peserta perkemahan. Tujuan utama mereka adalah menjelajahi area perkemahan, menjawab berbagai pertanyaan, dan berusaha menjadi yang pertama tiba di lokasi api unggun untuk dinobatkan sebagai pemenang. Permainan ini dirancang secara edukatif untuk memperkenalkan kehidupan alam terbuka dan berbagai hewan yang hidup di dalamnya.

Persiapan Awal Permainan
Letakkan papan permainan di tengah area bermain. Setiap pemain memilih karakter hewan yang diinginkan dan mengambil bidak yang sesuai. Kocok kartu fakta menarik dan letakkan di tempat yang telah ditentukan pada papan permainan. Kemudian, kocok juga kartu pertanyaan dan tempatkan di holder yang berada dekat dengan papan permainan.

Penentuan Tingkat Kesulitan
Setiap pemain dapat memilih tingkat kesulitan yang diinginkan, mulai dari level 1 (paling mudah) hingga level 4 (paling menantang). Pemain menempatkan kartu yang menunjukkan pilihan level mereka di depan masing-masing.
Prosedur Bermain
Pemain termuda berhak memulai permainan dengan melempar dadu terlebih dahulu. Hitung jumlah langkah sesuai angka yang muncul pada dadu, lalu tempatkan bidak pada petak yang sesuai. Aksi yang harus dilakukan bergantung pada jenis petak tempat bidak mendarat.
Jenis Petak dan Aksi
Apabila bidak mendarat di petak dengan jejak kaki berwarna putih, tidak ada kejadian khusus dan giliran pemain berakhir. Permainan kemudian dilanjutkan ke pemain di sebelah kiri.
Jika bidak mendarat di petak dengan jejak kaki hijau, pemain mengambil kartu pertanyaan dan berusaha menjawab pertanyaan sesuai level yang dipilih. Jawaban benar memberikan kesempatan untuk melempar dadu lagi, sedangkan jawaban salah mengakhiri giliran dan permainan berpindah ke pemain berikutnya.

Menggunakan Camp Decoder
Camp decoder digunakan untuk memverifikasi kebenaran jawaban yang diberikan oleh pemain. Alat ini memastikan keadilan dalam penilaian jawaban setiap pertanyaan.
Kartu Kompas dan Jalan Pintas
Beberapa kartu pertanyaan memiliki simbol kompas. Jika pemain berhasil menjawab pertanyaan ini dengan benar, mereka berhak mendapatkan kartu kompas yang memberikan akses jalan pintas menuju lokasi api unggun. Hanya satu pemain yang boleh memegang kartu kompas dalam waktu bersamaan.
Apabila pemain lain mengambil kartu pertanyaan dengan simbol kompas, pemegang kartu kompas sebelumnya harus menyerahkannya, namun tetap dapat melanjutkan perjalanan melalui jalan pintas yang sudah ditempuh.
Petak Clubhouse
Ketika bidak mendarat di petak dengan simbol clubhouse, pemain langsung menuju clubhouse dan membacakan satu fakta menarik untuk didengarkan semua pemain. Setelah itu, giliran mereka berakhir.
Penentuan Pemenang
Permainan ini tidak menggunakan sistem perhitungan poin. Semua pemain bersaing untuk menjadi peserta perkemahan pertama yang kembali ke lokasi api unggun. Permainan dinyatakan selesai ketika seorang pemain berhasil mencapai api unggun terlebih dahulu dan dinobatkan sebagai pemenang.
Pemain lain dapat memilih untuk terus bermain hingga semua peserta tiba di lokasi api unggun, meskipun pemenang utama sudah ditentukan. Hal ini memungkinkan pengalaman bermain yang lebih lengkap bagi semua peserta.