Strategi Mengembangkan Distrik Kota: Panduan Komprehensif
Sebagai bangsawan terpandang, tujuan utama Anda adalah memajukan wilayah kota yang menjadi tanggung jawab. Dengan membangun struktur yang lebih baik dan menciptakan pemandangan yang indah, kawasan Anda akan berkembang pesat dan makmur. Manfaatkan setiap kesempatan yang ada selama permainan berlangsung! Kumpulkan anggur, panen ikan, dan jual berbagai barang untuk memperoleh pendapatan.
Tingkatkan reputasi Anda dengan membangun rumah mewah untuk diri sendiri dan tempat tinggal yang layak bagi para pelayan. Mereka tentu akan sangat menghargai kebaikan hati Anda.
Persiapan Awal Permainan
Penyusunan Komponen
Langkah pertama dalam memulai adalah mengeluarkan semua komponen dari papan permainan. Tempatkan papan utama di tengah meja agar mudah dijangkau oleh seluruh pemain. Selanjutnya, berikan kepada setiap peserta empat bagian bingkai, satu papan bangunan, sembilan banderol, satu papan ikhtisar, satu bidak bangsawan sesuai warna pilihan, serta lima cakram kayu.
Pengaturan Kartu
Setelah semua pemain menerima komponen mereka, kartu penilaian dapat dikelompokkan berdasarkan warna bagian belakangnya. Setiap tumpukan kartu perlu dikocok secara terpisah sebelum diletakkan di dekat papan permainan.
Jumlah Kartu Berdasarkan Pemain
- Jumlah kartu yang digunakan bergantung pada banyaknya pemain yang berpartisipasi
- Semua kartu tersebut dikocok dengan baik kemudian diletakkan menghadap ke atas pada ruang kartu di sisi kiri papan
- Kartu yang tersisa dapat dikembalikan ke dalam kotak
Penyiapan Komponen Tambahan
Kartu air mancur kemudian dikocok dan ditempatkan di samping papan permainan. Kartu kemenangan disusun dalam lima tumpukan berdasarkan nilai poinnya. Ubin bangunan dipisahkan menurut warnanya, dikocok, dan diletakkan di sebelah papan permainan.
Letakkan empat ubin hijau muda pada kotak besar di area ubin cetak biru. Semuanya harus menghadap ke atas. Tempatkan satu ubin hijau tua pada semua ruang segel persegi yang terdapat di bagian bawah papan. Pastikan semuanya juga menghadap ke atas.
Mekanisme Permainan Utama
Penentuan Pemain Awal
Kedua puluh komoditas, koin, dan token roti diletakkan di samping papan. Pemain yang lahir paling jauh dari tahun 1 SM berhak mendapatkan token pemain pertama. Salah satu cakram mereka akan ditempatkan pada bilah banderol di bagian atas papan. Pemain lainnya akan melanjutkan secara bergiliran searah jarum jam.
Alur Putaran dan Fase
Setelah setiap pemain mendapatkan giliran, putaran berakhir, dan setelah tujuh putaran selesai, fase pun berakhir. Selama giliran mereka, pemain akan memindahkan bidak mereka ke ruang yang berseberangan. Mereka memilih ubin bangunan di ruang cetak biru yang berdekatan dan menambahkannya ke distrik mereka.
Pergerakan dan Penempatan
Ruang yang berseberangan terhubung dengan ruang asli melalui garis hitam. Pemain akan menggerakkan bidak mereka sepanjang garis hitam menuju ruang lain. Bidak dipindahkan tepat tujuh putaran atau sampai semua ubin bangunan telah digunakan dan fase pertama berakhir.
Ubin awal untuk setiap pemain harus diletakkan pada ruang sekop. Ubin lainnya yang ditempatkan harus bersebelahan dengan ubin yang sudah ada sebelumnya. Semua sisi harus cocok dengan ubin yang berdekatan. Ubin dapat diputar sesuai dengan kenyamanan penempatan.
Jenis Bangunan dan Bonus
Pemandangan Alam
Pemandangan alam terdiri dari dua hingga empat ubin yang sejenis. Ketika sebuah pemandangan alam diselesaikan, pemain mendapat bonus komoditas berdasarkan jenis pemandangan tersebut. Bonus ini setara dengan jumlah ubin yang digunakan dikurangi satu.
Fungsi Bangunan Khusus
-
Pedagang:
Saat menyelesaikan kediaman pedagang, tukar semua komoditas yang diperoleh dengan koin sebanyak itu ditambah satu koin tambahan dari persediaan -
Tukang Roti:
Ketika kediaman tukang roti selesai, ambil dua token roti dan simpan di ruang penyimpanan -
Administrator:
Saat kediaman ini selesai, pemain dapat memindahkan cakram mereka dua ruang ke depan pada banderol -
Pengrajin:
Ketika kediaman pengrajin selesai, pemain dapat memilih ubin bangunan mana pun di bagian bawah papan dan menambahkannya ke distrik mereka
Bangunan Komersial
Setelah menempatkan pasar, Anda mendapatkan satu koin yang dapat disimpan di ruang penyimpanan. Setelah mendirikan toko roti, Anda memperoleh satu roti yang kemudian dapat disimpan di ruang penyimpanan.
Air Mancur
Saat menempatkan air mancur, periksa dua kartu di atas tumpukan kartu air mancur. Pilih satu dan letakkan di sebelah ruang penyimpanan Anda. Tempatkan kartu lainnya di bawah tumpukan kartu air mancur.
Sistem Penilaian dan Poin
Proses Penilaian
Pemain yang paling maju pada bilah banderol akan memulai penilaian. Ketika giliran Anda untuk dinilai, letakkan cakram pada ruang lingkaran kosong untuk mengaktifkan kedua kartu penilaian. Terdapat berbagai jenis kartu penilaian dengan karakteristik berbeda.
| Jenis Kartu | Mekanisme Penilaian | Karakteristik |
|---|---|---|
| Kartu Hijau | Harus memiliki semua yang ditunjukkan di bagian atas kartu | Mendapatkan hadiah sesuai ketentuan |
| Kartu Merah | Harus membayar jumlah di bagian atas kartu | Mendapatkan hadiah di bagian bawah kartu |
| Kartu A dan B | Membayar sejumlah komoditas tertentu | Koin dapat digunakan sebagai pengganti komoditas |
| Kartu C | Ditentukan oleh vila yang dimiliki | Menghitung cerobong asap atau vila yang selesai |
| Kartu D | Dinilai berdasarkan pemandangan alam dan kediaman | Penilaian berdasarkan perkembangan distrik |
Penilaian Akhir
Setelah empat putaran permainan, permainan berakhir. Pemain mendapatkan poin untuk cerobong asap, komoditas, koin, roti, kartu air mancur, dan posisi mereka pada jalur banderol. Pemain kemudian menilai pencapaian bingkai mereka. Pemain dengan poin terbanyak pada akhir proses penilaian dinyatakan sebagai pemenang permainan!