Skip to content

Game Rules

Aturan Permainan

Primary Menu
  • Beranda
  • Semua permainan
  • Permainan Remi
    • Permainan kartu tunggal
    • permainan kartu untuk dua orang
    • casino online
    • Permainan kartu anak-anak
  • Permainan meja
    • Permainan meja tunggal terbaik
    • Permainan meja untuk dua orang
    • Permainan meja keluarga
  • Permainan minum alkohol
    • Permainan minum dengan gelas
    • Permainan pertemuan menonton film terbaik
    • Permainan kartu/Permainan kartu minum
    • Permainan meja minum-minum
    • Permainan minum dengan dadu
  • Olahraga
  • berita
  • Home
  • Semua permainan
  • KARROM
  • Semua permainan

KARROM

gamerules 2025-11-14

Panduan Komprehensif Permainan Carrom

Pengenalan Dasar Permainan Carrom

Carrom merupakan permainan strategi yang dapat dimainkan oleh 2 hingga 4 orang pemain. Dalam pertandingan berdua, para pemain duduk saling berhadapan, sementara untuk permainan empat orang, sistem berpasangan diterapkan dengan posisi duduk saling berhadapan. Perbedaan utama antara kedua format permainan ini terletak pada penggunaan sistem partner dan penempatan posisi duduk, sedangkan semua aturan permainan inti tetap sama. Untuk permainan tiga pemain, sistem penilaian poin yang akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Gambar 1
Ilustrasi tata letak papan carrom dan terminologi penting dalam permainan

Tujuan dan Sistem Poin Permainan

Tujuan utama dalam carrom adalah mengumpulkan poin dengan menjadi pemain pertama yang membersihkan papan setelah ratu berhasil dimasukkan ke dalam lubang. Target yang harus dicapai adalah mencapai 25 poin, namun jika target ini tidak tercapai sebelum 8 ronde permainan selesai, maka pemain dengan total poin tertinggi akan dinyatakan sebagai pemenang.

Mekanisme Penilaian Poin

Dalam permainan tiga pemain, tujuan utamanya adalah mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya, dengan target 25 poin untuk meraih kemenangan. Tidak ada bidak khusus yang ditetapkan untuk setiap pemain, melainkan sistem poin yang diterapkan pada setiap bidak. Bidak hitam bernilai 1 poin, bidak putih bernilai 2 poin, dan ratu memiliki nilai 5 poin.


Prosedur Memulai Permainan

Pemain pertama ditentukan secara acak. Dalam permainan dua dan empat pemain, pemain pertama akan menggunakan bidak putih. Papan harus disusun dengan ratu di tengah yang dikelilingi oleh 6 bidak dengan warna hitam dan putih berselang-seling. Pada lingkaran berikutnya yang lebih besar, terdapat 12 bidak dengan pola warna yang sama. Berbeda dengan diagram di atas, susunan yang digunakan adalah dua bidak putih berurutan, bukan hitam, dan harus sejajar dengan lubang jaring sedekat mungkin.

Teknik Melempar Striker

Saat menempatkan striker, pemain harus meletakkannya di antara dua garis dasar yang sejajar. Pemain juga boleh menempatkannya sepenuhnya di area merah di ujung garis dasar, namun tidak boleh menempatkannya sebagian di area dasar dan sebagian di garis dasar. Saat melakukan pukulan, pemain tidak boleh melintasi garis pelanggaran diagonal di sudut papan dengan lengan, tangan, atau kaki. Pemain hanya boleh menyentil dengan jari dan tidak boleh mendorong, serta jari yang digunakan harus melewati garis dasar depan saat melakukan sentilan.


Aturan Permainan dan Giliran

Pemain pertama memiliki tiga kesempatan untuk memecah lingkaran tengah. Jika tidak berhasil, akan dikenakan penalti seperti yang dijelaskan di bawah.

Pada giliran pemain, mereka akan menggunakan striker untuk mencoba memasukkan bidak mereka ke dalam lubang. Jika berhasil memasukkan salah satu bidak mereka atau ratu, mereka mendapatkan striker kembali dan dapat memukul lagi. Proses ini berlanjut sampai tidak ada bidak yang berhasil dimasukkan.

Setelah tidak ada bidak yang masuk atau terjadi pelanggaran, giliran pemain tersebut berakhir dan pemain berikutnya dapat memulai giliran mereka.

Jenis-Jenis Pelanggaran

  • Memasukkan striker ke dalam lubang
  • Mengeluarkan bidak dari papan permainan
  • Memasukkan bidak lawan (dalam kasus ini bidak lawan dan ratu jika relevan dikembalikan)
  • Memasukkan semua bidak sendiri sebelum ratu berhasil dimasukkan
  • Memasukkan bidak terakhir lawan (bidak dikembalikan bersama dengan bidak penalti)
  • Pemain gagal memecah lingkaran tengah dalam tiga percobaan pertama
  • Pemain menyentuh bidak di papan selain striker
  • Tidak mengikuti aturan memukul yang benar

Peran Khusus Ratu dalam Permainan

Ratu merupakan bidak spesial dalam carrom. Bidak ini hanya bisa dimasukkan setelah pemain berhasil memasukkan salah satu bidak miliknya sendiri, dan jika berhasil memasukkannya, pemain harus memasukkan bidak miliknya lagi untuk “menutupinya”. Jika ratu berhasil dimasukkan sebelum pemain memasukkan bidak lainnya, ratu akan dikembalikan ke tengah papan di akhir giliran. Jika tidak ditutup, lawan boleh menempatkan ratu sedekat mungkin dengan pusat papan di akhir giliran.

Pelanggaran akan mengakhiri giliran pemain secara langsung dan penalti akan diterapkan pada pemain yang melakukannya. Penalti berupa pengembalian bidak yang berhasil dimasukkan dan bidak lainnya yang perlu dikembalikan ke dalam lingkaran oleh lawan.

Prosedur Pengembalian Bidak

Saat mengembalikan bidak, mereka boleh ditumpuk di atas yang lain. Sebuah bidak selalu dibiarkan sesuai posisi istirahatnya meskipun bertumpuk dengan bidak lain atau dalam posisi miring. Jika striker terjepit di bawah bidak lain, striker dapat diambil namun bidak lainnya harus diganggu sesedikit mungkin.


Sistem Penentuan Pemenang

Setelah ratu berhasil dimasukkan, pemain mana pun boleh memasukkan bidak terakhir mereka untuk mengakhiri ronde. Pemain inilah yang menjadi pemenang ronde tersebut. Pemenang mendapatkan satu poin untuk setiap bidak lawan yang tidak berhasil dimasukkan. Jika pemenang juga merupakan pemain yang memasukkan ratu, mereka mendapatkan tambahan 5 poin; jika tidak, ratu tidak dinilai.

Kondisi Akhir Permainan

Permainan berakhir jika seorang pemain mencapai 25 poin atau lebih dan mereka dinyatakan sebagai pemenang. Permainan juga berakhir jika 8 ronde telah diselesaikan. Pemain dengan skor tertinggi akan memenangkan pertandingan.

Post navigation

Previous: “CARPE”
Next: BALAPAN HURUF

Related News

自动生成图片: Abstract network nodes connected by lines, soft color scheme, clean minimal illustration, modern digital concept, representing interconnected gaming trends high quality illustration, detailed, 16:9
  • Semua permainan

Mengenal Visual Cue ‘Power Light’ di Berbagai Genre Game: Dari Fighting Game hingga RPG

gamerules 2025-12-23
自动生成图片: Abstract network nodes connected by lines, soft color scheme, clean minimal illustration, modern digital concept of interconnected game mechanics high quality illustration, detailed, 16:9
  • Semua permainan

Rahasia Timing Sempurna di Game ‘Lempar-Tinggi’: Analisis Fisika dan Latihan Drilling untuk Pemain Indonesia

gamerules 2025-12-23
自动生成图片: A vibrant, minimalist game UI mockup showing colorful sushi pieces (nigiri, maki rolls) on a clean grid, with a subtle hand gesture rolling the board, pastel background, flat design style, playful and appetizing aesthetic high quality illustration, detailed, 16:9
  • Semua permainan

Sushi Roll Match: Game Baru yang Bikin Ketagihan, Ini 5 Tips Jitu untuk Capai High Score Tertinggi!

gamerules 2025-12-23

Konten terbaru

  • Mengenal Visual Cue ‘Power Light’ di Berbagai Genre Game: Dari Fighting Game hingga RPG
  • Analisis Profil: Apakah Anda Tipe ‘Pressure Player’ atau ‘Ice Man’ Saat Hadapi Tendangan Penalti?
  • Mahjong Legends Rilis di Indonesia: Gameplay Turn-Based Baru yang Menggabungkan Strategi Klasik dan Cerita Epic
  • Rahasia Timing Sempurna di Game ‘Lempar-Tinggi’: Analisis Fisika dan Latihan Drilling untuk Pemain Indonesia
  • Craftomation 1 Rilis Update Besar: Fitur Otomasi Baru dan Event Kolaborasi Eksklusif untuk Pemain Indonesia
Copyright © All rights reserved. | MoreNews by AF themes.