Claim 2: Panduan Komprehensif Permainan Kartu Strategi

Pengenalan Claim 2
Claim 2 merupakan kelanjutan dari permainan kartu German Whist yang populer dengan nama Claim. Dalam edisi lanjutan ini, diperkenalkan lima faction baru yang menambah dinamika permainan: Gnome, Giant, Dragon, Troll, dan Seer. Setiap faction memiliki kemampuan khusus yang mempengaruhi jalannya pertandingan.
Perbedaan dengan Versi Asli
Meskipun mode dua pemain tetap sama seperti versi original, Claim 2 menghadirkan variasi untuk 3 dan 4 pemain yang akan dijelaskan secara detail. Terdapat juga petunjuk khusus untuk memodifikasi dek dengan menggabungkan faction dari Claim dalam permainan dua pemain.

Komposisi Dek Kartu
Dek standar terdiri dari 52 kartu yang terbagi dalam lima jenis faction berbeda. Distribusinya meliputi 13 Gnome, 9 Giant, 10 Dragon, 10 Troll, dan 10 Seer. Permainan ini juga dilengkapi dengan kartu referensi khusus untuk dua pemain.
Kemampuan Khusus Setiap Faction
Gnome – Penghasil Poin Berisiko
Gnome dapat memberikan poin yang signifikan selama Phase Two, namun sangat rentan dihancurkan oleh Giant jika pemain tidak berhati-hati. Setiap Gnome yang berhasil ditangkap dalam Phase Two diletakkan terbuka di depan pemain yang menangkapnya, bukan langsung dimasukkan ke Score Pile. Hanya pada akhir permainan, Gnome yang masih bertahan dapat ditambahkan ke Score Pile.

Giant – Penghancur Gnome
Selama Phase Two, menangkap Giant memungkinkan pemain untuk menghancurkan Gnome lawan yang memiliki nilai sama. Giant dimasukkan ke score pile pemain, sementara Gnome lawan dibuang dari permainan. Contohnya, jika Giant 5 memenangkan trick, pemain dapat menghancurkan Gnome 5 lawan jika tersedia. Jika tidak ada Gnome dengan nilai sama, Giant tetap masuk score pile tanpa efek tambahan.
Penting: Jika dua Giant memenangkan trick, pemain berhak menghancurkan dua Gnome lawan yang tertangkap. Gnome harus memiliki rank yang persis sama dengan Giant untuk dapat dihancurkan.
Dragon – Pengambil Inisiatif
Ketika Dragon dimainkan terakhir dalam sebuah trick, pemain tersebut otomatis memimpin trick berikutnya tanpa mempedulikan hasil trick sebelumnya. Misalnya: Tommy memimpin dengan Gnome 5, Willy tidak bisa mengikuti suit sehingga memainkan Dragon 1. Tommy menang trick, namun Willy yang memimpin trick selanjutnya.
Jika dua Dragon dimainkan dalam satu trick, pemain yang memainkan Dragon kedua akan memimpin trick berikutnya, terlepas dari siapa pemenang trick tersebut.

Troll – Penumpuk Bertahap
Dalam Phase 2, hanya satu Troll yang dapat ditambahkan ke Score Pile pemain per trick. Jika trick mengandung lebih dari satu Troll, Troll dengan ranking lebih rendah disisihkan untuk dikumpulkan pada trick berikutnya. Pemenang trick berikutnya juga berhak menangkap Troll tersebut.
Dimungkinkan ada lebih dari satu Troll yang menunggu untuk ditangkap. Dalam situasi ini, Troll yang menunggu ditangkap satu per satu setiap trick. Contoh: Trick 1, Tommy memimpin dengan Troll 1, Willy mengikuti dengan Troll 3. Willy menang trick dan mengumpulkan Troll 3 untuk score pile-nya. Kartu Troll 1 disisihkan.
Seer – Pengintip Masa Depan
Kemampuan Seer hanya aktif selama Phase 1. Jika pemain memenangkan trick dengan Seer, pemain boleh mengintip kartu teratas dari draw pile. Jika diinginkan, pemain dapat mengambil kartu tersebut alih-alih kartu yang terbuka. Jika pemain memilih mengambil kartu teratas setelah mengintip, lawan mengambil kartu yang terbuka.

Kombinasi Faction dari Claim dan Claim 2
Ketika menggabungkan faction dari Claim dan Claim 2, beberapa aturan harus dipatuhi untuk menjaga keseimbangan dan keseruan permainan.
Aturan Kombinasi:
- Dek hanya boleh mengandung 5 faction
- Harus mencakup Knights & Goblins dari Claim ATAU Gnomes & Giants dari Claim 2
- Pilih tiga faction lain dari salah satu game dan kembalikan sisa kartu ke kotaknya
Permainan 3 atau 4 Pemain
Bermain dengan 3 atau 4 pemain membutuhkan 7 faction. Dua faction harus berupa Knights & Goblins ATAU Gnomes & Giants. Hanya satu set yang boleh dimasukkan. Kemudian pilih lima faction lain untuk dimasukkan. Kembalikan semua faction lainnya ke kotaknya.
Setup Pemain:
- Permainan 3 pemain: Acak dan bagikan 12 kartu untuk setiap pemain
- Permainan 4 pemain: Setiap pemain mendapat 9 kartu
- Sisa kartu diletakkan tertutup sebagai draw pile
- Dalam permainan 4 pemain, pemain bermain dalam tim dengan posisi partner berseberangan
Mekanisme Permainan
Balik dua kartu teratas dari draw pile. Pemain termuda memimpin trick pertama. Faction apapun yang dipimpin pemain tersebut harus diikuti oleh pemain lain jika memungkinkan, kecuali kemampuan faction mengizinkan sebaliknya.
Angka tertinggi dalam faction pemimpin memenangkan trick. Pemain tersebut mengambil satu kartu terbuka dan menambahkannya ke Follower Pile. Pemain dengan kartu tertinggi kedua mengambil kartu terbuka yang tersisa. Pemain dengan kartu tertinggi ketiga mengambil dari draw pile. Terakhir, pemain terakhir juga mengambil dari draw pile.

Catatan: Ketika kartu yang tidak mengikuti faction pemimpin dimainkan dalam trick, urutan kartu ditentukan berdasarkan rank. Semua seri dipecahkan dan dimenangkan oleh pemain yang memainkan kartu pertama.
Phase Two dan Penentuan Pemenang
Setelah setiap pemain mengambil kartu untuk Follower Pile-nya, trick dibuang. Balik dua kartu lagi dari draw pile, dan pemenang trick memimpin.
Ingat, kemampuan faction mungkin mempengaruhi siapa yang memenangkan trick dan kartu mana yang dapat diambil pemain selama Phase 1.
Dalam Phase 2, pemenang trick mengumpulkan semua kartu dari trick dan menambahkannya ke Score Pile, kecuali kemampuan faction berlaku.
Penentuan Pemenang:
- Permainan 3 pemain: Pemain dengan faction terbanyak memenangkan game. Jika seri, pemain yang seri menentukan faction mana yang memiliki kartu terbanyak, kemudian menghitung kartu tersebut. Pemain dengan kartu lebih banyak memenangkan seri. Jika masih seri, setiap pemain menjumlahkan total nilai faction yang dimenangkan, dan pemain dengan total tertinggi menang.
- Permainan 4 pemain: Setiap tim menghitung berapa banyak kartu yang dimiliki untuk setiap faction. Tim dengan kartu terbanyak dari suatu faction mendapatkan satu poin untuk faction tersebut. Tim dengan poin terbanyak memenangkan permainan.