Skip to content

Game Rules

Aturan Permainan

Primary Menu
  • Beranda
  • Semua permainan
  • Permainan Remi
    • Permainan kartu tunggal
    • permainan kartu untuk dua orang
    • casino online
    • Permainan kartu anak-anak
  • Permainan meja
    • Permainan meja tunggal terbaik
    • Permainan meja untuk dua orang
    • Permainan meja keluarga
  • Permainan minum alkohol
    • Permainan minum dengan gelas
    • Permainan pertemuan menonton film terbaik
    • Permainan kartu/Permainan kartu minum
    • Permainan meja minum-minum
    • Permainan minum dengan dadu
  • Olahraga
  • Home
  • Olahraga
  • ATURAN OLAHRAGA NASCAR
  • Olahraga

ATURAN OLAHRAGA NASCAR

gamerulesad 2025-10-28

Judul: NASCAR: Olahraga Balap Mobil Stok

TUJUAN NASCAR: Menjadi mobil pertama yang menyelesaikan sejumlah putaran yang telah ditentukan.
JUMLAH PEMAIN: 40 pembalap
PERALATAN: Mobil stok, helm, setelan balap, sarung tangan, sepatu
JENIS PERMAINAN: Olahraga
DEMOGRAFI PENONTON: 16+

IKHTISAR NASCAR
NASCAR adalah olahraga motor balap mobil yang menampilkan berbagai jenis mobil sport yang balap dengan kecepatan sangat tinggi di sekitar sebuah sirkuit. Secara teknis, NASCAR adalah sebuah perusahaan Amerika yang menyelenggarakan acara balap, karena namanya adalah singkatan dari ‘National Association for Stock Car Auto Racing’. Namun, balapan NASCAR telah menjadi sangat populer di seluruh dunia sehingga bentuk balap mobil stok apa pun yang berbasis sirkuit sering disebut hanya dengan nama asosiasi ini.

Sebagai olahraga balap mobil stok, akar NASCAR berasal dari sisi yang salah hukum. Pada tahun 1920-an, penyelundup akan membawa alkohol secara ilegal (yang dilarang di masa Pelarangan) dari Amerika Serikat bagian barat dan mendistribusikannya ke wilayah lain di negara itu. Untuk membuat proses ini seefisien mungkin, serta untuk lebih mudah menghindari penegak hukum, para penyelundup ini memodifikasi mobil mereka agar sangat cepat namun tetap mudah dikendarai. Bahkan setelah pencabutan Pelarangan, orang-orang terus memodifikasi kendaraan mereka agar lebih cepat, kali ini dengan tujuan untuk kebanggaan (dan masih disertai beberapa aktivitas ilegal).

Pada tahun 1948, seorang mekanik Amerika bernama William France Sr. membentuk NASCAR bersama dengan sekelompok pembalap berpengaruh di Daytona Beach, Florida. Pada masa itu, Daytona Beach adalah tempat yang disukai orang-orang di seluruh dunia untuk mencoba memecahkan rekor kecepatan darat dengan mobil. Akibatnya, balapan mobil pertama yang disahkan NASCAR diadakan di Daytona Beach. Saat ini, Daytona Beach adalah rumah bagi Daytona 500, yang secara luas dianggap sebagai “Superbowl”-nya NASCAR.

PERSIAPAN
PERALATAN
Mobil Stok: Mobil balap yang dirancang khusus untuk acara yang disahkan NASCAR. Meski jelas dibangun untuk memaksimalkan kecepatan, mobil-mobil ini juga harus mematuhi peraturan keselamatan yang sangat ketat.
Setelan Balap: Pembalap harus mengenakan setelan tahan api khusus untuk melindungi mereka jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kebakaran.
Helm: Pembalap mengenakan helm bersertifikat yang menutupi seluruh kepala mereka. Helm ini juga mengandung lapisan bahan tahan api yang disebut “Nomex”.
Sarung Tangan: Pembalap harus mengenakan sarung tangan tahan api.
Sepatu: Pembalap juga harus mengenakan sepatu tahan api.

FORMAT KOMPETISI/SERI PIALA
Sebuah balapan NASCAR menampilkan 40 mobil yang biasanya balap sekitar 200 putaran, meskipun jumlah putaran ini tergantung pada panjang sirkut. Setiap balapan adalah bagian dari “seri”, yang pada dasarnya setara dengan musim reguler di sebagian besar olahraga lainnya. NASCAR menyelenggarakan beberapa seri berbeda, meskipun NASCAR Cup Series dianggap sebagai level tertinggi balap NASCAR dan karenanya paling populer.

Setiap tahun, NASCAR Cup Series terdiri dari 36 balapan yang diselesaikan dalam kurun 10 bulan. “Musim reguler” terdiri dari 26 balapan pertama, dan 10 balapan terakhir dianggap sebagai “playoff”. Hanya 16 mobil yang lolos ke playoff, dengan pembalap yang telah memenangkan balapan langsung mendapatkan tempat playoff, sementara sisa tempat ditentukan berdasarkan total poin yang dikumpulkan sepanjang musim (pemimpin klasemen poin juga dijamin tempatnya).

Di playoff, setiap pembalap yang memenuhi syarat diatur ulang ke jumlah poin yang sama. Setiap tiga balapan, empat pembalap dengan total poin terendah tersingkir dari playoff (sebuah kemenangan adalah tiket otomatis ke babak berikutnya). Pada balapan playoff kesepuluh dan terakhir, hanya empat mobil yang tersisa, dengan pemenang ditentukan berdasarkan mobil mana yang pertama melewati garis finis.

Perlu diklarifikasi bahwa untuk semua 36 balapan di Cup Series, semua 40 mobil balap pada waktu yang sama—termasuk di balapan kejuaraan final empat. Mobil-mobil yang tersingkir di playoff atau sebelumnya hanya bersaing untuk posisi yang lebih tinggi di klasemen akhir, yang akan memberi mereka lebih banyak uang hadiah.

CARA BERMAIN
PENSKORAN
Balapan NASCAR Cup Series dibagi menjadi tiga “tahap”. Setiap tahap terdiri dari sejumlah putaran tertentu, dengan sepuluh pembalap teratas di akhir dua tahap pertama mendapatkan antara 1 hingga 10 poin (tempat pertama dapat 10 poin, kedua 9 poin, dst.). Tahap terakhir balapan memberikan poin terbanyak, dengan pemenang menerima 40 poin, dan kemudian setiap pembalap lainnya menerima satu poin kurang dari pembalap di atasnya, dimulai dengan 35 poin untuk pembalap di tempat kedua. Pembalap di posisi 36 hingga 40 hanya menerima satu poin masing-masing. Sistem penilaian berbasis tahap ini mendorong pembalap untuk mengambil risiko dan bersaing sepanjang balapan, bukan hanya di beberapa putaran terakhir.

PENSKORAN PLAYOFF
Di playoff, semua 16 pembalap yang memenuhi syarat memiliki total poin mereka disamakan menjadi 2.000. Namun, pembalap kemudian juga menerima beberapa poin berdasarkan kinerja musim reguler mereka sebagai berikut:

  • 1st – 15 poin
  • 2nd – 10 poin
  • 3rd – 8 poin
  • 4th – 7 poin
  • 5th – 6 poin
  • 6th – 5 poin
  • 7th – 4 poin
  • 8th – 3 poin
  • 9th – 2 poin
  • 10th – 1 poin
  • 11th hingga 16th – 0 poin

Selain itu, pembalap diberikan lima poin playoff untuk setiap kemenangan di musim reguler, sementara kemenangan tahap (stage) bernilai satu poin playoff masing-masing.

Selama setiap babak playoff, pembalap yang memenangkan balapan secara otomatis melaju ke babak berikutnya. Sisa tempat di babak berikutnya ditentukan berdasarkan total poin, yang terakumulasi seperti di musim reguler. Empat pembalap dengan total poin terendah di akhir setiap babak (setiap tiga balapan) tersingkir dan poin mereka diatur ulang menjadi 2.000 poin ditambah semua poin yang mereka kumpulkan di playoff.

Di setiap babak yang berlanjut, semua pembalap yang tersisa di playoff memiliki total poin mereka diatur ulang ke kelipatan 1.000 poin berikutnya. Misalnya, pembalap di babak 12 besar (babak kedua playoff) semuanya direset ke 3.000 poin, mereka yang di babak 8 besar diberikan 4.000 poin, dan mereka yang di final empat semua memulai balapan kejuaraan dengan 5.000 poin.

Sementara final empat mempertahankan 5.000 poin mereka setelah kejuaraan, semua pembalap lain di playoff memiliki total poin mereka direset menjadi 2.000 ditambah semua poin reguler yang mereka kumpulkan dari balapan playoff tersebut. Akibatnya, keempat pembalap final dijamin finis di posisi pertama, kedua, ketiga, atau keempat di musim tersebut, sementara pembalap playoff lainnya bersaing untuk posisi kelima hingga keenam belas terlepas dari babak playoff mana mereka capai.

BALAPAN KEJUARAAN/EMPAT BESAR
Dalam balapan kejuaraan, pembalap di final empat yang menyelesaikan balapan lebih cepat daripada tiga finalis lainnya, dinobatkan sebagai juara. Perlu diingat bahwa ada total 40 mobil di setiap balapan—ini berarti juara tidak harus menyelesaikan balapan di posisi pertama untuk memenangkan seri, asalkan mereka mengalahkan tiga finalis lainnya, mereka menang.

Selain itu, tidak ada poin tahap (stage) yang diberikan selama balapan terakhir untuk para finalis, dengan total poin akhir mereka hanya didasarkan pada posisi finis mereka (memastikan bahwa posisi akhir mereka dalam balapan juga merupakan posisi akhir mereka dalam klasemen empat besar).

Untuk keperluan klarifikasi, harus dicatat bahwa di semua babak playoff, pembalap diberikan poin berdasarkan posisi finis mereka – sama seperti di musim reguler. Ini berarti bahwa seorang pembalap di playoff yang finis ketiga hanya akan menerima 34 poin seperti biasa, bahkan jika dua pembalap yang finis di atas mereka bahkan tidak berada di playoff.

Siap menonton balapan NASCAR? Cek highlight Daytona 500 2023 dari Daytona International Speedway untuk melihat betapa serunya olahraga ini! (Catatan: Tautan video spesifik tidak disertakan, disarankan untuk mencarinya di platform streaming atau saluran resmi NASCAR).

Post navigation

Previous: ATURAN OLAHRAGA LOMPAT JANGKIT
Next: ATURAN OLAHRAGA CHEERLEADING

Related News

image
  • Olahraga

BOSSABALL

gamerulesad 2025-10-28
image
  • Olahraga

ATURAN OLAHRAGA CHEERLEADING

gamerulesad 2025-10-28
image
  • Olahraga

ATURAN OLAHRAGA LOMPAT JANGKIT

gamerulesad 2025-10-26

Konten terbaru

  • BOSSABALL
  • ATURAN OLAHRAGA CHEERLEADING
  • ATURAN OLAHRAGA NASCAR
  • ATURAN OLAHRAGA LOMPAT JANGKIT
  • 6 PERMAINAN KARTU MINUM TERBAIK

You may have missed

image
  • Olahraga

BOSSABALL

gamerulesad 2025-10-28
image
  • Olahraga

ATURAN OLAHRAGA CHEERLEADING

gamerulesad 2025-10-28
image
  • Olahraga

ATURAN OLAHRAGA NASCAR

gamerulesad 2025-10-28
image
  • Olahraga

ATURAN OLAHRAGA LOMPAT JANGKIT

gamerulesad 2025-10-26
Copyright © All rights reserved. | MoreNews by AF themes.