Skip to content

Game Rules

Aturan Permainan

Primary Menu
  • Beranda
  • Semua permainan
  • Permainan Remi
    • Permainan kartu tunggal
    • permainan kartu untuk dua orang
    • casino online
    • Permainan kartu anak-anak
  • Permainan meja
    • Permainan meja tunggal terbaik
    • Permainan meja untuk dua orang
    • Permainan meja keluarga
  • Permainan minum alkohol
    • Permainan minum dengan gelas
    • Permainan pertemuan menonton film terbaik
    • Permainan kartu/Permainan kartu minum
    • Permainan meja minum-minum
    • Permainan minum dengan dadu
  • Olahraga
  • berita
  • Home
  • berita
  • ECOLOGIES
  • berita

ECOLOGIES

gamerules 2025-11-18

Ecologies: Game Edukasi Membangun Ekosistem yang Menakjubkan

Ecologies merupakan permainan edukatif yang luar biasa, memungkinkan setiap pemain untuk membangun ekosistem mendalam mereka sendiri. Sistem-sistem ini sangat sensitif, di mana satu langkah keliru dapat menyebabkan seluruh struktur runtuh, menghilangkan semua poin yang telah dikumpulkan.


Memahami Konsep Dasar Permainan

Saat setiap pemain memilih Biome dan Organisme untuk menghuninya, mereka akan membangun jejaring makanan sendiri, mempelajari interaksi ilmiah yang terjadi dalam ekosistem, dan memahami betapa cepatnya keseimbangan tersebut dapat terganggu. Masuklah ke dalam dunia kecil ciptaanmu dan berusahalah sebaik mungkin untuk melindunginya!

Persiapan Awal Permainan

Untuk memulai persiapan, dek kartu harus dikocok dengan baik, dan setiap pemain menerima 7 kartu sebagai tangan awal. Setelah semua pemain mendapatkan jumlah kartu yang sesuai, dek utama diletakkan tertutup di tengah kelompok. Permainan siap untuk dimulai!

Langkah Persiapan:

  • Kocok dek kartu dengan sempurna
  • Bagikan 7 kartu kepada setiap pemain
  • Tempatkan dek utama di tengah area bermain
  • Tentukan pemain pertama secara bersama-sama

Mekanisme dan Alur Permainan

Struktur Giliran Bermain

Pemain pertama dipilih melalui kesepakatan kelompok, tanpa aturan khusus yang mengikat. Setiap pemain akan menjalankan giliran mereka melalui empat tahapan berbeda. Pola yang sama harus diikuti oleh setiap pemain dalam setiap putaran.

Empat Tahapan Utama:


  • Tarik Kartu:

    Ambil 2 kartu dari dek utama

  • Perdagangan:

    Tukar kartu dengan pemain lain tanpa batasan

  • Memainkan Kartu:

    Mainkan maksimal dua kartu apa pun jenisnya

  • Pembelian Kartu:

    Opsional – beli kartu baru atau hancurkan ekologi

Strategi Pembelian dan Penghancuran

Langkah terakhir yang dapat dilakukan pemain selama giliran mereka adalah membeli kartu. Kartu dapat dibeli dari dek utama dengan menukar empat kartu dari tangan. Pemain juga dapat menghancurkan ekologi sepuluh kartu untuk mendapatkan tiga kartu baru. Tahap ini bersifat opsional, dan pemain dapat memilih untuk melewatkannya dan menyelesaikan giliran.


Membangun Ekosistem yang Kokoh

Kartu Biome sebagai Fondasi

Kartu pertama yang harus dimainkan pemain adalah Kartu Biome. Kartu ini menjadi dasar bagi jenis kartu apa saja yang dapat masuk ke dalam Ekologi. Hanya satu Kartu Biome yang diperlukan per Ekologi. Setiap Kartu Biome dicirikan oleh warna dan singkatannya sendiri. Biome memberikan bonus ekologi sehat ketika lima peran spesifik telah terpenuhi dalam jejaring makanan.

“Biome memberikan fondasi penting bagi seluruh ekosistem. Pilihan yang tepat di awal akan menentukan keberhasilan jejaring makanan yang dibangun.”

Pengembangan Jejaring Makanan

Setelah Kartu Biome dimainkan, kartu organisme dapat mulai membangun jejaring makanan dan Ekologi. Setelah Kartu Biome, Kartu Produsen harus dimainkan. Kedua kartu ini akan menciptakan fondasi tempat seluruh jejaring makanan akan berdiri. Setiap kartu yang dimainkan ke dalam Biome harus sesuai dengan warna dan singkatan Biome, atau tidak akan bertahan hidup!

Struktur Hierarki Organisme

Level Jenis Kartu Posisi dalam Rantai Makanan
Baris 1 Produsen Dasar Ekosistem
Baris 2 C1 / SD Cards Konsumen Tingkat 1
Baris 3 C2 Cards Konsumen Tingkat 2
Baris 4 C3 Cards Konsumen Tingkat 3
Baris 5+ C4 Cards Konsumen Tingkat 4

Fleksibilitas Penempatan Konsumen

Kartu C, atau kartu konsumen, tidak harus ditempatkan langsung di atas sumber makanan mereka, karena satu sumber makanan dapat mendukung banyak organisme lain. Kotak teks pada kartu akan menunjukkan apa yang dimakannya dan apa yang memakannya, sehingga jejaring makanan yang efektif dapat dibuat.


Elemen Strategi Tambahan

Kartu Faktor dan Dampaknya

Kartu Faktor juga dapat dimainkan sepanjang permainan. Kartu-kartu ini dapat menguntungkan atau sangat merugikan Ekologi yang telah dibangun dengan susah payah! Kartu ini dapat dimainkan kapan saja selama permainan, dan aturannya harus diikuti.

Manajemen dan Penyesuaian Jejaring Makanan

Pemain dapat memindahkan kartu organisme mereka di sekitar jejaring makanan selama giliran mereka. Produsen tidak pernah dapat dipindahkan, tetapi kartu yang memiliki banyak peran dapat digeser. Ini harus dilakukan dengan hati-hati, karena seluruh jejaring makanan dapat runtuh jika terjadi perubahan drastis. Jika kartu tidak memiliki sumber makanan, kartu tersebut harus dibuang.

Aturan Penting Perpindahan:

  • Kartu Produsen tidak dapat dipindahkan
  • Kartu dengan multi-peran dapat disesuaikan posisinya
  • Perubahan drastis dapat meruntuhkan seluruh sistem
  • Kartu tanpa sumber makanan harus dibuang

Konsekuensi Kehancuran Produsen

Jika Kartu Produsen dihancurkan, semua kartu di atasnya harus dibuang kecuali mereka dapat pindah ke Biome lain yang layak yang telah dibuat pemain. Setiap kartu Biome memiliki bonus terkaitnya sendiri. Bonus ini dapat terpenuhi ketika ada kartu di masing-masing dari lima peran.


Kondisi Kemenangan dan Akhir Permainan

Permainan berakhir ketika seorang pemain mencapai 12 poin atau ketika tidak ada lagi kartu yang dapat diambil. Pemain pertama yang memenangkan 12 poin memenangkan permainan!

Permainan juga berakhir ketika semua kartu telah diambil dan semua pemain telah menyelesaikan satu putaran di mana tidak ada yang memainkan kartu. Pada titik ini, pemain dengan poin terbanyak adalah pemenangnya! Dalam skenario lain, pemain pertama yang mencapai 12 poin adalah pemenangnya.

“Kemenangan dalam Ecologies tidak hanya tentang mengumpulkan poin, tetapi tentang membangun ekosistem yang seimbang dan berkelanjutan.”

Post navigation

Previous: BARAT TIMUR
Next: EKOSISTEM

Related News

自动生成图片: Upward trending graph with game controller and factory icons integrated, soft gradient background of orange and blue, clean geometric shapes representing growth, minimalist data visualization style high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Craftomation 1 Rilis Update Besar: Fitur Otomasi Baru dan Event Kolaborasi Eksklusif untuk Pemain Indonesia

gamerules 2025-12-23
自动生成图片: Abstract geometric composition with overlapping shapes representing a soccer ball and simple puppet figures, soft pastel colors, modern minimal style, professional gaming concept illustration high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Puppet Soccer Challenge: Game Sepak Bola Unik yang Lagi Viral, Cocok untuk Main Santai atau Bisa Kompetitif?

gamerules 2025-12-22
自动生成图片: Abstract investigative concept with a magnifying glass over digital game icons and question marks, dark blue and grey color scheme, clean minimal design, modern digital illustration high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Misteri ‘Linebacker Alley 2’: Game Baru yang Beredar atau Cuma Mod dari Game Lawas? Investigasi untuk Gamer Indonesia

gamerules 2025-12-22

Konten terbaru

  • Mengenal Visual Cue ‘Power Light’ di Berbagai Genre Game: Dari Fighting Game hingga RPG
  • Analisis Profil: Apakah Anda Tipe ‘Pressure Player’ atau ‘Ice Man’ Saat Hadapi Tendangan Penalti?
  • Mahjong Legends Rilis di Indonesia: Gameplay Turn-Based Baru yang Menggabungkan Strategi Klasik dan Cerita Epic
  • Rahasia Timing Sempurna di Game ‘Lempar-Tinggi’: Analisis Fisika dan Latihan Drilling untuk Pemain Indonesia
  • Craftomation 1 Rilis Update Besar: Fitur Otomasi Baru dan Event Kolaborasi Eksklusif untuk Pemain Indonesia
Copyright © All rights reserved. | MoreNews by AF themes.