Ecologies: Game Edukasi Membangun Ekosistem yang Menakjubkan
Ecologies merupakan permainan edukatif yang luar biasa, memungkinkan setiap pemain untuk membangun ekosistem mendalam mereka sendiri. Sistem-sistem ini sangat sensitif, di mana satu langkah keliru dapat menyebabkan seluruh struktur runtuh, menghilangkan semua poin yang telah dikumpulkan.
Memahami Konsep Dasar Permainan
Saat setiap pemain memilih Biome dan Organisme untuk menghuninya, mereka akan membangun jejaring makanan sendiri, mempelajari interaksi ilmiah yang terjadi dalam ekosistem, dan memahami betapa cepatnya keseimbangan tersebut dapat terganggu. Masuklah ke dalam dunia kecil ciptaanmu dan berusahalah sebaik mungkin untuk melindunginya!
Persiapan Awal Permainan
Untuk memulai persiapan, dek kartu harus dikocok dengan baik, dan setiap pemain menerima 7 kartu sebagai tangan awal. Setelah semua pemain mendapatkan jumlah kartu yang sesuai, dek utama diletakkan tertutup di tengah kelompok. Permainan siap untuk dimulai!
Langkah Persiapan:
- Kocok dek kartu dengan sempurna
- Bagikan 7 kartu kepada setiap pemain
- Tempatkan dek utama di tengah area bermain
- Tentukan pemain pertama secara bersama-sama
Mekanisme dan Alur Permainan
Struktur Giliran Bermain
Pemain pertama dipilih melalui kesepakatan kelompok, tanpa aturan khusus yang mengikat. Setiap pemain akan menjalankan giliran mereka melalui empat tahapan berbeda. Pola yang sama harus diikuti oleh setiap pemain dalam setiap putaran.
Empat Tahapan Utama:
-
Tarik Kartu:
Ambil 2 kartu dari dek utama -
Perdagangan:
Tukar kartu dengan pemain lain tanpa batasan -
Memainkan Kartu:
Mainkan maksimal dua kartu apa pun jenisnya -
Pembelian Kartu:
Opsional – beli kartu baru atau hancurkan ekologi
Strategi Pembelian dan Penghancuran
Langkah terakhir yang dapat dilakukan pemain selama giliran mereka adalah membeli kartu. Kartu dapat dibeli dari dek utama dengan menukar empat kartu dari tangan. Pemain juga dapat menghancurkan ekologi sepuluh kartu untuk mendapatkan tiga kartu baru. Tahap ini bersifat opsional, dan pemain dapat memilih untuk melewatkannya dan menyelesaikan giliran.
Membangun Ekosistem yang Kokoh
Kartu Biome sebagai Fondasi
Kartu pertama yang harus dimainkan pemain adalah Kartu Biome. Kartu ini menjadi dasar bagi jenis kartu apa saja yang dapat masuk ke dalam Ekologi. Hanya satu Kartu Biome yang diperlukan per Ekologi. Setiap Kartu Biome dicirikan oleh warna dan singkatannya sendiri. Biome memberikan bonus ekologi sehat ketika lima peran spesifik telah terpenuhi dalam jejaring makanan.
Pengembangan Jejaring Makanan
Setelah Kartu Biome dimainkan, kartu organisme dapat mulai membangun jejaring makanan dan Ekologi. Setelah Kartu Biome, Kartu Produsen harus dimainkan. Kedua kartu ini akan menciptakan fondasi tempat seluruh jejaring makanan akan berdiri. Setiap kartu yang dimainkan ke dalam Biome harus sesuai dengan warna dan singkatan Biome, atau tidak akan bertahan hidup!
Struktur Hierarki Organisme
| Level | Jenis Kartu | Posisi dalam Rantai Makanan |
|---|---|---|
| Baris 1 | Produsen | Dasar Ekosistem |
| Baris 2 | C1 / SD Cards | Konsumen Tingkat 1 |
| Baris 3 | C2 Cards | Konsumen Tingkat 2 |
| Baris 4 | C3 Cards | Konsumen Tingkat 3 |
| Baris 5+ | C4 Cards | Konsumen Tingkat 4 |
Fleksibilitas Penempatan Konsumen
Kartu C, atau kartu konsumen, tidak harus ditempatkan langsung di atas sumber makanan mereka, karena satu sumber makanan dapat mendukung banyak organisme lain. Kotak teks pada kartu akan menunjukkan apa yang dimakannya dan apa yang memakannya, sehingga jejaring makanan yang efektif dapat dibuat.
Elemen Strategi Tambahan
Kartu Faktor dan Dampaknya
Kartu Faktor juga dapat dimainkan sepanjang permainan. Kartu-kartu ini dapat menguntungkan atau sangat merugikan Ekologi yang telah dibangun dengan susah payah! Kartu ini dapat dimainkan kapan saja selama permainan, dan aturannya harus diikuti.
Manajemen dan Penyesuaian Jejaring Makanan
Pemain dapat memindahkan kartu organisme mereka di sekitar jejaring makanan selama giliran mereka. Produsen tidak pernah dapat dipindahkan, tetapi kartu yang memiliki banyak peran dapat digeser. Ini harus dilakukan dengan hati-hati, karena seluruh jejaring makanan dapat runtuh jika terjadi perubahan drastis. Jika kartu tidak memiliki sumber makanan, kartu tersebut harus dibuang.
Aturan Penting Perpindahan:
- Kartu Produsen tidak dapat dipindahkan
- Kartu dengan multi-peran dapat disesuaikan posisinya
- Perubahan drastis dapat meruntuhkan seluruh sistem
- Kartu tanpa sumber makanan harus dibuang
Konsekuensi Kehancuran Produsen
Jika Kartu Produsen dihancurkan, semua kartu di atasnya harus dibuang kecuali mereka dapat pindah ke Biome lain yang layak yang telah dibuat pemain. Setiap kartu Biome memiliki bonus terkaitnya sendiri. Bonus ini dapat terpenuhi ketika ada kartu di masing-masing dari lima peran.
Kondisi Kemenangan dan Akhir Permainan
Permainan berakhir ketika seorang pemain mencapai 12 poin atau ketika tidak ada lagi kartu yang dapat diambil. Pemain pertama yang memenangkan 12 poin memenangkan permainan!
Permainan juga berakhir ketika semua kartu telah diambil dan semua pemain telah menyelesaikan satu putaran di mana tidak ada yang memainkan kartu. Pada titik ini, pemain dengan poin terbanyak adalah pemenangnya! Dalam skenario lain, pemain pertama yang mencapai 12 poin adalah pemenangnya.