Petualangan di Lembah Everdell: Membangun Peradaban Makhluk Hutan

Di jantung hutan yang lebat, tersembunyi sebuah lembah ajaib bernama Everdell. Di antara pepohonan tinggi dan aliran sungai yang jernih, berkembang sebuah komunitas makhluk kecil yang terus bertumbuh dan memperluas wilayahnya. Seiring dengan perkembangan tersebut, muncul kebutuhan untuk menjelajahi daerah baru dan mendirikan pemukiman-pemukiman segar. Setiap pemain akan memimpin sekelompok makhluk ini dengan tujuan mulia tersebut.
Bisakah kota-kota yang kamu bangun bertahan melewati musim panas yang hangat dan menghadapi tantangan musim dingin yang akan datang? Tantangan menantimu di dunia Everdell!
Persiapan Awal Permainan
Untuk memulai petualangan, letakkan papan permainan di tengah area bermain. Pohon Ever harus diletakkan di bagian paling atas papan. Di sepanjang tepian sungai, susunlah berbagai jenis sumber daya seperti buah beri, batu kerikil, getah, dan ranting dalam tumpukan terpisah. Selanjutnya, tempatkan token di samping papan dengan mengelompokkannya berdasarkan jenisnya.
Penyiapan Kartu dan Event
Kocok seluruh kartu dengan baik, kemudian tempatkan di area hutan yang telah ditentukan. Untuk permainan dua pemain, gunakan tiga kartu di setiap lokasi. Sementara untuk tiga atau empat pemain, sediakan empat kartu di setiap tempat. Kartu yang tidak terpakai dapat dikembalikan ke dalam kotak. Empat tile event dasar diletakkan di samping sungai, dan empat event spesial ditempatkan di cabang-cabang bawah pohon. Kartu sisa lainnya kembali disimpan dalam kotak.

Persiapan Pemain dan Pembagian Peran
Setiap peserta memilih warna yang akan mewakili mereka sepanjang permainan, kemudian mengambil dua pekerja dengan warna yang sesuai. Pemain pertama mendapatkan lima kartu, pemain berikutnya enam kartu, pemain ketiga tujuh kartu, dan pemain keempat delapan kartu. Seluruh pemain kemudian menempatkan empat pekerja mereka di cabang-cabang atas pohon: satu pekerja di musim semi, satu di musim panas, dan dua di musim gugur.
Pemain yang paling rendah hati akan mendapat kehormatan menjadi pemain pertama. Setelah semua persiapan selesai, permainan siap dimulai!
Mekanisme Permainan dan Giliran Bermain
Selama permainan berlangsung, para pemain akan bergiliran melakukan aksi. Pada setiap giliran, pemain dapat memilih salah satu dari tiga opsi: menempatkan pekerja, memainkan kartu, atau mempersiapkan musim. Meskipun memiliki pilihan aksi yang beragam, setiap pemain hanya dapat menyelesaikan satu aksi per giliran. Setelah aksi selesai dilakukan, giliran berpindah ke pemain berikutnya sesuai arah jarum jam.
Strategi Penempatan Pekerja
Jika memilih untuk menempatkan pekerja, pemain dapat meletakkannya di berbagai lokasi strategis di seluruh Everdell. Melalui aksi ini, pemain dapat mengumpulkan sumber daya, mengambil kartu tambahan, mengadakan event, atau memulai perjalanan. Terdapat lokasi bersama dan lokasi eksklusif di sekitar papan. Hanya satu pekerja yang boleh menempati lokasi eksklusif, sementara lokasi bersama dapat diisi oleh beberapa pekerja sekaligus.
Memainkan Kartu dan Membangun Kota
Pilihan lain adalah memainkan kartu. Untuk melakukan ini, pemain harus membayar persyaratan yang diperlukan ke dalam supply. Kartu yang dimainkan bisa berasal dari tangan pemain sendiri atau dari dek Meadow. Kartu-kartu ini kemudian ditempatkan di depan pemain untuk membangun kota mereka. Terdapat dua jenis kartu utama: Konstruksi dan Kota, dimana keduanya diperlukan untuk menciptakan kota yang makmur dan berkembang.
Siklus Musim dan Akhir Permainan
Dalam konteks waktu permainan, petualangan dimulai dari satu musim dingin ke musim dingin berikutnya. Musim gugur merupakan persiapan akhir yang dapat dilakukan pemain sebelum permainan berakhir. Aksi ini hanya dapat dilakukan ketika semua pekerja telah ditempatkan. Selama periode ini, semua pekerja yang telah dikerahkan dikembalikan, dan pemain mungkin mendapatkan pekerja tambahan tergantung musim yang berlangsung. Permainan secara resmi berakhir ketika musim dingin selesai.
Mekanisme Pengakhiran Permainan
Ketika tidak ada lagi aksi yang dapat dilakukan, atau pemain memilih untuk tidak melakukan aksi tambahan, mereka dapat memutuskan untuk pass. Begitu seorang pemain pass, mereka tidak dapat lagi menerima kartu atau sumber daya tambahan. Pemain lain dapat terus bermain sampai semua peserta memutuskan untuk pass.
Penghitungan Poin Akhir
Setelah semua pemain selesai, dilakukan penghitungan poin akhir. Proses dimulai dengan menjumlahkan nilai dasar semua kartu, kemudian menambahkan token poin, bonus kartu, event yang diselesaikan, dan poin sisa lainnya. Pemain dengan akumulasi poin tertinggi dinyatakan sebagai pemenang permainan!