Panduan Lengkap Bermain Game Everest
Everest merupakan permainan menulis dan melempar dadu yang menuntut pemain untuk mengambil keputusan strategis. Setiap pemain akan melempar dadu dan menentukan angka mana yang harus dicoret dari lembar skor mereka. Pilihan yang bijak sangat penting karena pemain pertama yang berhasil menghapus seluruh dua puluh empat kotak akan keluar sebagai pemenang.
Membuat Lembar Skor Everest
Lembar skor untuk permainan ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan kertas bekas, atau Anda juga bisa mencetak lembar skor khusus yang telah disediakan. Berikut adalah contoh format lembar skor yang biasa digunakan dalam permainan Everest:
| Baris Atas | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
|
Baris Bawah |
12 | 11 | 10 | 9 | 8 | 7 | 6 | 5 | 4 | 3 | 2 | 1 |
Tata Cara Memulai Permainan
Langkah Awal Permainan
Setiap peserta permainan melempar ketiga dadu secara bersamaan. Pemain yang berhasil mendapatkan total nilai tertinggi dari hasil lemparan dadu berhak untuk memulai permainan pertama. Selanjutnya, giliran bermain akan berlanjut secara bergiliran searah jarum jam mengelilingi meja permainan.
Mekanisme Bermain
Ketika tiba giliran seorang pemain, mereka harus melempar ketiga dadu yang tersedia. Berdasarkan hasil lemparan dadu tersebut, pemain wajib memilih satu angka untuk dicoret dari lembar skor miliknya. Pemilihan angka ini dapat dilakukan dengan berbagai cara: menggunakan nilai dari satu dadu saja, atau menggabungkan nilai dari dua dadu.
Sebagai ilustrasi, apabila seorang pemain mendapatkan hasil lemparan dadu dengan angka 4, 5, dan 6, maka pilihan angka yang dapat dicoret meliputi: 4, 5, 6, 9 (hasil penjumlahan 4+5), 10 (hasil penjumlahan 4+6), atau 11 (hasil penjumlahan 5+6). Namun perlu diingat, dalam satu giliran pemain hanya diperbolehkan memilih satu angka saja untuk dicoret.
Aturan Penting dalam Permainan
Setelah pemain berhasil mencoret satu angka pada lembar skor mereka, giliran bermain segera berpindah kepada pemain berikutnya dengan memberikan dadu kepada pemain selanjutnya. Terdapat situasi khusus dimana seorang pemain tidak dapat mencoret angka apapun dari hasil lemparan dadu mereka. Dalam kondisi seperti ini, giliran pemain tersebut dinyatakan selesai tanpa melakukan aksi apapun.
Kriteria Pemenang
Pemain yang berhasil mencapai kemenangan adalah peserta pertama yang mampu mencoret seluruh dua puluh empat kotak yang tersedia pada lembar skor mereka. Ketika seorang pemain telah mencapai kondisi ini, permainan secara resmi berakhir dan pemain tersebut dinyatakan sebagai pemenang utama.