Skip to content

Game Rules

Aturan Permainan

Primary Menu
  • Beranda
  • Semua permainan
  • Permainan Remi
    • Permainan kartu tunggal
    • permainan kartu untuk dua orang
    • casino online
    • Permainan kartu anak-anak
  • Permainan meja
    • Permainan meja tunggal terbaik
    • Permainan meja untuk dua orang
    • Permainan meja keluarga
  • Permainan minum alkohol
    • Permainan minum dengan gelas
    • Permainan pertemuan menonton film terbaik
    • Permainan kartu/Permainan kartu minum
    • Permainan meja minum-minum
    • Permainan minum dengan dadu
  • Olahraga
  • berita
  • Home
  • berita
  • GAME OF THRONES THE CARD GAME 1 EDISI
  • berita

GAME OF THRONES THE CARD GAME 1 EDISI

gamerules 2025-11-20

Panduan Komprehensif Game of Thrones: The Card Game

Gambar 1
Ilustrasi permainan Game of Thrones: The Card Game

Pengenalan Permainan

Dalam Game of Thrones: The Card Game, para pemain bergabung dengan rumah-rumah bangsawan Westeros seperti Stark, Lannister, Targaryen, Baratheon, Greyjoy, dan Martell dalam perebutan takhta besi. Permainan kartu strategi ini mengangkat tema intrik politik, pengkhianatan, dan pertempuran epik yang terinspirasi dari novel karya George R.R. Martin.

Setiap peserta memerankan salah satu faksi yang berusaha memengaruhi dan menguasai Iron Throne untuk meraih kekuasaan di Westeros. Setiap pemain memiliki dua set kartu: deck kartu utama yang menjadi sumber daya pasukan, dan deck plot yang digunakan untuk mengembangkan strategi jangka panjang.

Komponen Utama Permainan

  • 220 kartu (55 kartu per Rumah, untuk rumah Stark, Lannister, Baratheon dan Targaryen)
  • 60 token Kekuasaan
  • 44 token Emas
  • 1 papan permainan (untuk bermain dengan lebih dari 2 pemain)
  • 6 figur Gelar (untuk bermain dengan lebih dari 2 pemain)

Persiapan Permainan

Setiap pemain memilih satu faksi, yang bisa berupa salah satu dari 6 rumah utama atau faksi netral, beserta deck dari rumah tersebut. Sebuah deck terdiri dari:

  • kartu Rumah yang menampilkan simbol rumah pilihan
  • kartu Agenda (opsional), yang memodifikasi aturan tertentu secara global
  • deck minimal 60 kartu
  • deck plot, tepat 7 kartu

Setiap pemain menempatkan kedua deck-nya di depan, bersama dengan kartu rumahnya, kemudian mengambil 7 kartu dari deck utama. Dari 7 kartu ini, ia memilih kombinasi kartu Karakter dan/atau Lokasi dengan total biaya tidak melebihi 5, yang akan menjadi kekuatan awalnya.

Kartu Plot dan Strategi

Kartu plot merupakan kartu strategi yang memungkinkan pemain memengaruhi jalannya permainan sementara selama satu putaran. Setiap pemain harus memiliki tepat 7 kartu Plot. Setiap kartu Plot memiliki:

  • 3 ikon yang mewakili, dari kiri ke kanan: pendapatan pemain, inisiatif, dan klaim (yaitu kerusakan yang dia timbulkan selama tantangan)
  • teks yang menggambarkan efek plot, yang mungkin permanen, dipicu segera (dalam hal ini akan ditandai “when revealed”) atau dipicu tergantung kondisi (ditunjukkan dalam teks efek)
Gambar 2
Komponen dan kartu dalam permainan

Jenis Kartu dan Karakteristik

Kartu Karakter, Lokasi, Lampiran, dan Event membentuk deck utama pemain. Karakter, Lokasi, dan Lampiran adalah kartu permanen dan memiliki biaya rekrutmen di sudut kiri atas.

Karakter dalam Permainan

Karakter-karakter dalam permainan memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • memiliki nilai Kekuatan (ikon perisai), digunakan selama tantangan dan hegemoni
  • mungkin memiliki ikon yang sesuai dengan tiga jenis konfrontasi: militer, kekuasaan, dan intrik
  • mungkin memiliki ikon kebajikan (kanan bawah) yang digunakan oleh beberapa efek kartu: Warrior (pedang bersilang), Noble (cincin), Scholar (buku terbuka) dan Mystic (piala)

Ikon dan Simbol Penting

  • Emas: nilai yang ditunjukkan mewakili bonus pendapatan di awal fase Marshalling
  • Inisiatif: nilai yang ditunjukkan dalam berlian mewakili bonus yang diterapkan saat menentukan inisiatif dalam fase Plot
  • Pengaruh: nilai yang ditunjukkan dalam persegi panjang menunjukkan jumlah titik pengaruh yang disediakan oleh peta ini

Struktur Putaran Permainan

Satu putaran permainan dibagi menjadi 7 fase berurutan:

  1. Fase Plot
  2. Fase Pengambilan Kartu
  3. Fase Marshalling
  4. Fase Tantangan
  5. Fase Dominasi
  6. Fase Berdiri
  7. Fase Pajak

Fase Plot

Setiap pemain mengonsultasikan tumpukan plot-nya secara bebas dan rahasia memilih plot untuk diaktifkan selama giliran. Ketika semua pemain telah memilih, plot diungkapkan secara bersamaan:

  • plot yang diungkapkan oleh setiap pemain ditempatkan di atas tumpukan plot yang digunakan
  • pemain dengan inisiatif terbaik (dari plot-nya ditambah kartu lain yang dimainkan) memilih siapa yang akan menjadi pemain pertama dalam putaran
  • efek “when revealed” yang mungkin ada pada plot yang diungkapkan diterapkan, dimulai dari pemain pertama yang ditunjuk dan searah jarum jam

Fase Marshalling

Dimulai dengan pemain yang ditunjuk sebagai pemain pertama selama fase plot, kemudian searah jarum jam, setiap pemain akan:

  • mengambil pendapatannya: menerima dari bank sebanyak koin emas yang ditunjukkan pada plot dan kartu lain yang dimainkan
  • memainkan sebanyak mungkin kartu dari tangannya dengan membayar biayanya dalam emas

Catatan: Kartu yang menghasilkan emas hanya akan menambah emas ke pendapatan pemain pada giliran berikutnya setelah kartu tersebut dimainkan. Penalti Emas: jika Anda memiliki kartu Rumah yang bukan faksi netral, Anda harus membayar 2 emas ekstra untuk memainkan kartu dari Rumah lain.

Gambar 3
Mekanisme tantangan dan konflik dalam permainan

Mekanisme Tantangan

Selama fase penting ini, pemain akan, selalu dalam urutan giliran, menantang pemain lain dalam satu atau lebih dari tiga area konfrontasi: militer (ikon kapak merah), kekuasaan (ikon mahkota biru) atau intrik (ikon mata hijau).

Prosedur Tantangan

  1. pemain aktif (disebut penyerang) menyatakan jenis tantangan (militer, kekuasaan atau intrik) dan pemain yang ditargetkan (disebut pembela)
  2. penyerang menyatakan satu atau lebih karakter penyerang (yang harus memiliki ikon jenis tantangan yang dinyatakan) dan menelungkupkannya
  3. untuk setiap karakter peserta yang memiliki kata kunci Stealth, penyerang menunjuk karakter pembela yang tidak memiliki kata kunci Stealth, untuk mencegah karakter itu dinyatakan sebagai pembela
  4. pemain bertahan menyatakan (atau tidak) karakter bertahan (yang harus memiliki ikon jenis tantangan yang dinyatakan) dan menelungkupkannya
  5. resolusi: kekuatan gabungan karakter penyerang dibandingkan dengan karakter bertahan, dan jika penyerang memiliki kekuatan lebih besar atau sama, dia memenangkan tantangan
  6. penerapan kerugian: jika penyerang memenangkan tantangan, dia memberikan sejumlah kerugian sama dengan nilai klaim kartu plot-nya, yang sifatnya tergantung pada jenis tantangan

Jenis Kerugian Tantangan

  • tantangan militer: pembela memilih sebanyak karakter di bawah kendalinya, peserta dalam tantangan atau tidak, dan menempatkannya di tumpukan orang matinya
  • tantangan kekuasaan: penyerang memindahkan sebanyak token Kekuasaan dari kartu Rumah pembela ke kartu Rumahnya (jika tidak cukup, dia melengkapi dengan mengambil dari cadangan)
  • tantangan intrik: penyerang secara acak mengambil sebanyak kartu dari tangan pembela dan menempatkannya di tumpukan buangan lawan
  • selain itu, dan terlepas dari jenis tantangan, jika kekuatan pembela adalah 0, tantangan dianggap tidak terbantahkan, dan dalam hal ini penyerang mengambil token Kekuasaan ekstra dari cadangan dan menempatkannya pada kartu Rumahnya

Aturan Tambahan Tantangan

  1. siapa pun yang memenangkan tantangan, karakter pesertanya dengan kata kunci Renown masing-masing mengambil token Kekuasaan (pada diri mereka sendiri)
  2. Terlepas dari pemain mana yang memenangkan tantangan, dan terlepas dari jenis tantangan yang dinyatakan, jika pemain penyerang memiliki lebih banyak karakter peserta dengan kata kunci Killer daripada pembela, pembela harus memilih dan membunuh salah satu karakter bertahan yang tersisa

Kata Kunci dan Kemampuan Khusus

  • Kekebalan: beberapa kartu kebal terhadap efek tertentu, dan karena itu tidak dapat mengalaminya atau menjadi targetnya
  • Terbatas: dilarang memainkan lebih dari satu kartu dengan kata kunci Terbatas per giliran
  • Tidak ada lampiran: beberapa kartu tidak dapat menerima lampiran (kadang-kadang dengan pengecualian), kecuali untuk duplikat yang bukan lampiran sebenarnya
  • Penyergapan (rumah Targaryen): kartu dengan kata kunci ini dapat dimasukkan ke dalam permainan seolah-olah itu adalah efek ‘Fase Apa Saja’ dengan membayar pengaruh alih-alih emas
  • Ketenaran (rumah Lannister): ketika Anda mengambil kekuatan untuk kartu Rumah Anda, Anda dapat mendistribusikan semua atau sebagian kekuatan ini pada kartu Anda dengan kata kunci Ketenaran
  • Tabah (rumah Stark): ketika kartu dengan kata kunci Tabah dibunuh atau dibuang dari deck, kartu itu justru dikembalikan ke atas tumpukan gambar pemiliknya

Aturan Khusus Mode

Post navigation

Previous: GAME OF THRONES THE BOARD GAME
Next: GAME OF THRONES EDISI KARTU KE-2

Related News

自动生成图片: Upward trending graph with game controller and factory icons integrated, soft gradient background of orange and blue, clean geometric shapes representing growth, minimalist data visualization style high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Craftomation 1 Rilis Update Besar: Fitur Otomasi Baru dan Event Kolaborasi Eksklusif untuk Pemain Indonesia

gamerules 2025-12-23
自动生成图片: Abstract geometric composition with overlapping shapes representing a soccer ball and simple puppet figures, soft pastel colors, modern minimal style, professional gaming concept illustration high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Puppet Soccer Challenge: Game Sepak Bola Unik yang Lagi Viral, Cocok untuk Main Santai atau Bisa Kompetitif?

gamerules 2025-12-22
自动生成图片: Abstract investigative concept with a magnifying glass over digital game icons and question marks, dark blue and grey color scheme, clean minimal design, modern digital illustration high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Misteri ‘Linebacker Alley 2’: Game Baru yang Beredar atau Cuma Mod dari Game Lawas? Investigasi untuk Gamer Indonesia

gamerules 2025-12-22

Konten terbaru

  • Mahjong Legends Rilis di Indonesia: Gameplay Turn-Based Baru yang Menggabungkan Strategi Klasik dan Cerita Epic
  • Rahasia Timing Sempurna di Game ‘Lempar-Tinggi’: Analisis Fisika dan Latihan Drilling untuk Pemain Indonesia
  • Craftomation 1 Rilis Update Besar: Fitur Otomasi Baru dan Event Kolaborasi Eksklusif untuk Pemain Indonesia
  • Turnamen Sling World Cup Resmi Dibuka: Ini Jadwal, Hadiah, dan Strategi Juara dari Top Player Indonesia
  • Teknik Menjentikkan Bola yang Akurat di Game Sepak Bola Mobile: Panduan dari Pemain Pro untuk Tendangan Bebas dan Penalti
Copyright © All rights reserved. | MoreNews by AF themes.