Panduan Komprehensif Game of Thrones: The Board Game

Latar Belakang Cerita
Raja Robert Baratheon telah mangkat, dan ketujuh kerajaan yang menguasai Westeros sedang mempersiapkan perang. Pasukan berkumpul dan burung gagak terbang, pertempuran antar raja menjadi tak terelakkan.
Berdasarkan serial novel karya George R.R. Martin berjudul The Iron Throne, Game of Thrones The Board Game memungkinkan pemain mengambil kendali atas salah satu Keluarga Besar Westeros dan memulai perjalanan penuh intrik untuk memperebutkan pengaruh, menaklukkan wilayah, serta menjalin diplomasi dalam dunia Iron Throne yang menakjubkan.
Komponen Permainan
- 1 Buku Aturan
- 1 Papan Permainan
- 138 unit plastik berwarna (10 Prajurit Kaki, 5 Ksatria, 6 Kapal, dan 2 Mesin Pengepung per rumah)
- 42 Kartu Rumah (7 per Rumah)
- 30 Kartu Westeros
- 9 Kartu Wildlings
- 24 Kartu kecil Course of the Battle
- 6 Layar Rumah, 1 per rumah
- 90 Token Perintah (15 per rumah)
- 120 Token Kekuatan (20 per rumah)
- 18 Penanda Pengaruh (3 per rumah)
- 6 Penanda Pasokan (1 per rumah)
- 14 Ubin Pasukan Netral
- 6 Penanda Poin Kemenangan (1 per rumah)
- 6 Ubin Garnisun (1 per rumah)
- 1 Ubin Iron Throne
- 1 Ubin Valyrian Steel Blade
- 1 Ubin Messenger Raven
- 1 Penanda Ronde Permainan
- 1 Token Ancaman Wildling
- 1 Pelat King’s Court (untuk permainan 3 atau 4 pemain)
Persiapan Permainan
Letakkan papan di tengah meja. Kocok dek kartu Wildling, tempatkan di samping jalur Wildlings, dan letakkan penanda Ancaman Wildlings pada kotak 2 di jalur Ancaman Wildling.
Kocok secara terpisah ketiga paket kartu Westeros (menggunakan nomornya) dan tempatkan di samping papan. Untuk pasukan netral: ambil ubin wilayah persegi panjang yang memiliki angka sesuai jumlah pemain, dan tempatkan di kotak yang relevan di papan, dengan sisi yang benar terlihat (yang sesuai dengan jumlah pemain).

Pemilihan Rumah
Setiap pemain memilih sebuah rumah, namun tergantung jumlah pemain, beberapa rumah tidak tersedia:
- dengan 5 pemain kita bermain tanpa rumah Martell
- dengan 4 pemain kita bermain tanpa rumah Martell dan Tyrell
- dengan 3 pemain bermain tanpa rumah Greyjoy, Martell dan Tyrell, dan seluruh area selatan papan (mewakili wilayah Tyrell dan Martell) tidak dapat diakses
Setelah rumah dipilih, setiap pemain mengambil material berikut yang sesuai dengan rumahnya: Layar Rumah, 7 Kartu Rumah, 15 Token Perintah, 1 Penanda Pasokan, 3 Penanda Pengaruh, 1 Penanda Poin Kemenangan, 1 Ubin Garnisun, semua miniatur bersenjata.
Penempatan Awal
Mengacu pada yang ditunjukkan di layar rumah mereka, setiap pemain menempatkan pada jalur/wilayah yang sesuai di papan:
- penanda Pasokannya
- penanda Kemenangannya
- tiga penanda Pengaruhnya pada tiga jalur King’s Court (dengan kurang dari 6 pemain, ketika semua pemain telah menempatkan penandanya, ruang kosong diisi dengan menggeser penanda ke kiri)
- unit awalnya di wilayah yang ditunjukkan
- ubin Garnisunnya di area awalnya
Struktur Ronde Permainan
Setiap ronde dibagi menjadi 2 fase utama: fase Westeros dan fase Perintah.
Fase Westeros
3 peristiwa acak akan terjadi selama fase ini. Beberapa di antaranya hadir beberapa kali dalam dek peristiwa. Anda akan, beberapa kali dalam permainan, harus menghadapi empat peristiwa utama.
Catatan: Setiap kali kartu peristiwa diterapkan, periksa dulu apakah ada simbol Wildling pada kartu tersebut. Jika ya, penanda Ancaman Wildling digerakkan satu ruang ke depan. Jika token ini mencapai kotak 12, Serangan Wildling terjadi segera.
1. Penyesuaian Pasokan
Sesuaikan pasokan Anda sesuai dengan wilayah yang dikendalikan. Untuk melakukan ini, setiap pemain menghitung jumlah simbol Pasokan di wilayah yang dia kendalikan, dan menempatkan penandanya pada kotak yang sesuai di Jalur Pasokan. Level pasokan Anda akan menunjukkan baik jumlah total pasukan yang dapat Anda kendalikan maupun jumlah maksimum unit yang dapat ditampung setiap pasukan.
- kehilangan wilayah yang memberikan Pasokan tidak memicu penyesuaian penanda Pasokan, dan karenanya tidak memicu kemungkinan kehilangan pasukan
- Anda tidak boleh mengambil tindakan apa pun yang akan menyebabkan Anda melebihi batas pasokan saat ini (misalnya merekrut atau memindahkan pasukan karena alasan apa pun)
2. Perekrutan Unit Baru
Rekrut unit baru di kastil dan benteng yang dikendalikan. Setiap Benteng menghasilkan 2 poin rekrutmen, dan setiap Kastil menghasilkan 1. Biaya rekrutmen adalah sebagai berikut:
- 1 poin per Prajurit Kaki
- 2 poin per Ksatria (atau 1 poin dengan mengubah Prajurit Kaki menjadi Ksatria)
- 1 poin per Kapal
- 2 poin per Mesin Pengepung (atau 1 poin dengan mengubah Prajurit Kaki menjadi Mesin Pengepung)
3. Permainan Pengaruh
Ikut serta dalam permainan pengaruh dengan mempertaruhkan poin Kekuatan Anda untuk mendapatkan posisi terbaik di 3 Jalur Pengaruh permainan, dan dengan demikian memperoleh ubin bonus berharga: The Iron Throne (yang menentukan urutan giliran dan memberikan kemampuan untuk menyelesaikan seri), The Fiefdoms (yang memberikan +1 dalam Kekuatan Tempur dan keunggulan dalam seri dalam pertempuran) dan The Messenger Raven (yang memungkinkan Anda melihat peristiwa mendatang atau mengubah perintah).
- pemain dengan ubin Iron Throne menyelesaikan seri, jika ada
- ubin Iron Throne, Valyrian Steel Blade dan Raven Messenger Raven hanya diberikan kepada pemain di posisi pertama pada Jalur Pengaruh yang sesuai di akhir lelang
- Token Kekuatan yang digunakan dalam lelang kembali ke cadangan global, di dekat papan
4. Menghadapi Serangan Wildlings
Konfrontasi dengan serangan wildlings membutuhkan kolaborasi antar pemain untuk mengalahkan mereka. Kartu teratas dari tumpukan undian Wildlings diungkapkan, kemudian para pemain akan bertaruh, dengan tangan tertutup, sejumlah Token Kekuatan pilihan mereka.
Jika total mencapai atau melebihi kekuatan wildlings, wildlings dikalahkan:
- pemain yang bertaruh paling banyak menerima hadiah yang ditunjukkan pada kartu
- token Ancaman Wildlings ditempatkan pada kotak 0 dari jalur Wildlings
- kartu diserahkan di bawah tumpukan undian Wildlings
Jika, sebaliknya, total tidak mencukupi, wildlings menang dan berisiko menyerang lagi segera:
- semua pemain menderita efek kekalahan normal yang ditunjukkan pada kartu
- pemain dengan taruhan terendah menderita efek terkuat
- token Ancaman Wildlings dipindahkan kembali dua kotak di jalur Wildlings

Fase Perintah
Selama fase ini, pemain secara bersamaan dan diam-diam memilih perintah mereka untuk setiap area dengan unit. Untuk menerima perintah, suatu area harus memiliki setidaknya satu unit (Prajurit Kaki, Ksatria, Kapal…).
Jenis-jenis Perintah
Ada lima jenis perintah: March, Defence, Support, Raid dan Consolidation. Setiap pemain memiliki dua perintah normal dan satu perintah khusus dari setiap jenis. Perintah khusus ditandai dengan bintang. Perintah khusus memiliki bonus yang lebih tinggi daripada perintah normal atau efek tambahan.
Hak Pemegang Raven Messenger
Ketika perintah telah diungkapkan, pemain yang mengendalikan ubin Raven Messenger dapat, atas pilihannya:
- Mengganti salah satu perintah yang ditetapkan dengan salah satu perintah yang tidak digunakan, selalu tanpa melebihi batas perintah khusus
- Melihat kartu dari atas tumpukan undian Wildlings
Urutan Resolusi Perintah
Kemudian perintah diselesaikan menurut jenisnya dalam urutan berikut: Raid, kemudian March, kemudian Consolidation. Untuk setiap jenis perintah ini, setiap pemain menyelesaikan satu per satu, secara bergiliran, mengikuti urutan giliran, yang ditunjukkan oleh jalur Pengaruh Iron Throne.
Mekanisme Pertempuran
Nilai unit dalam Kekuatan Tempur pasukan adalah sebagai berikut: