Kisah Dango: Permainan Kartu Unik dalam Dunia Go
Tulisan ini awalnya disusun pada tahun 1996 untuk edisi bulanan almanak “Go Game in Russia”, yang kini sudah tidak terbit sejak 2008.
Awal Mula Perkenalan dengan Dango
Mari saya ceritakan secara singkat bagaimana pertama kali saya mengenal permainan ini. Pertemuan pertama terjadi di acara Go-Boat – sebuah turnamen bernama “The Volga-…”. Saya tidak ingat persis tahunnya, namun kemungkinan besar sekitar 1991. Saat itu saya belum tertarik, namun saya menyaksikan pemain asal Jerman sedang mengocok kartu permainan dan menempatkan bentuk-bentuk batu tertentu di papan Go. Waktu itu saya bingung – mengapa mereka melakukan hal yang tampaknya sia-sia dan tidak mencari cara lain untuk bersenang-senang.
Kemudian tibalah masa “Volga-1993”; entah siapa yang memulai, namun kemudian wabah Go-poker (yang kemudian disebut Dango) menyebar luas. Saya sangat menikmati permainan ini sepanjang acara (bahkan lebih sering daripada bermain Go biasa) dan tidak lagi menganggapnya sebagai hal yang bodoh.

Karakteristik dan Daya Tarik Dango
Secara keseluruhan, permainan ini cukup orisinal dan membutuhkan keterampilan tertentu, meskipun tentu saja sangat bergantung pada faktor keberuntungan (yang justru membuat Dango lebih menarik karena pemain dengan level Go yang berbeda-beda dapat bermain secara setara). Kebetulan beberapa orang membawa kartu Dango dan itulah yang mungkin memicu minat langsung dari para pemain utama.
Setelah itu saya kembali ke Kazan bersama Vasily Uldanov (catatan: Vasily Uldanov kini sudah tidak aktif bermain Go namun saat itu memiliki level 4d yang solid), namun tidak ada dari kami yang memiliki kartu Dango sehingga kami harus mencari solusi lain. Akhirnya kami menemukan bahwa kami bisa bermain dengan dua set kartu remi biasa (36 kartu). Kami hanya perlu memutuskan dan mencatat terlebih dahulu makna setiap kartu.
Aturan Dasar Permainan Dango
Aturan permainan cukup mudah bagi yang bisa bermain Go, namun ada beberapa nuansa yang dapat menimbulkan perdebatan, itulah sebabnya kami mengadopsi aturan kami sendiri selama proses permainan untuk menghindari perselisihan di masa depan.
Jenis-Jenis Kartu dalam Dango
Kartu Dango dapat dibagi menjadi dua jenis. Pertama adalah kartu yang menyiratkan bentuk Go tertentu (total 24 kartu) untuk ditempatkan di papan. Di sini ada dua aturan utama. Pertama – untuk bentuk yang memiliki posisi cermin berbeda (misalnya keima) Anda harus menempatkan bentuk persis seperti gambar di kartu. (catatan: kemudian kami memutuskan untuk menghapus aturan ini dan mengizinkan semua variasi bentuk yang dicerminkan, yang membuat seluruh permainan lebih sederhana). Aturan kedua adalah semua batu dari bentuk ini dibatasi oleh aturan Go, artinya – Anda menempatkan batu Anda pada titik kosong dan tidak dapat melakukan langkah bunuh diri.
- “Double next card” (milik Anda) – ketika Anda mendapatkan kartu ini, Anda langsung mengambil kartu berikutnya (tanpa pass) dan menggunakannya dua kali. Misalnya – jika Anda mendapatkan kartu “Bamboo joint” berikutnya, Anda menempatkan dua bamboo joint di papan; jika Anda mendapatkan “Place your 3 stones” Anda menempatkan 6 batu (yang memberikan hampir tak terbatas kemungkinan!). Kartu ini tidak dapat digunakan dengan yang berikut:

Kartu Aksi dan Kontroversinya
Sisa set dapat disebut kartu aksi – mereka memiliki makna tindakan. Ada banyak kontroversi tentang kartu-kartu ini sehingga saya akan membahasnya lebih teliti.
Subgrup pertama kartu aksi cukup sederhana, yaitu “Place your 3 stones”, “Place your 2 stones”, “Remove your 3 stones”, “Remove opponent’s 3 stones”, “Place opponent’s 3 stones”. (catatan: Dalam set kartu kami, kami juga menambahkan kartu baru “Play any move”, yaitu – melakukan langkah Go biasa. Dalam variasi Roman Gataulin ada 35 kartu dan satu kartu disisihkan dan tidak digunakan).
- “Alternative” (dari langkah lawan sebelumnya). Jika lawan Anda menempatkan batu (miliknya atau milik Anda) dengan langkah sebelumnya, batu-batu tersebut diubah – yaitu jika dia menempatkan black keima misalnya, white keima ditempatkan sebagai gantinya dan batu-batunya kembali kepadanya. Jika dia menempatkan batu warna Anda, mereka dibalikkan dengan warna miliknya. Seperti kartu “Double”, “Alternative” tidak dapat digunakan dan lenyap dengan kartu-kartu berikut:
Strategi dan Tips Bermain Dango
Perintah dasar Dango adalah “Batu yang baik adalah batu yang mati”. Pada diagram yang disebutkan di atas, Anda dapat melihat bagaimana drastisnya situasi di papan dapat berubah setelah setiap langkah tunggal. Anda tidak bisa yakin dengan semua kelompok atau status wilayah sampai akhir. Itulah sebabnya menangkap lebih dari 2 batu biasanya menjadi kebutuhan mutlak (sesegera mungkin).
Saran berikutnya adalah bermain dengan solid; dalam Go klasik pemain mencoba menyebarkan batu mereka dengan cakupan wilayah maksimum, di sini lebih baik membuat “pos terdepan” yang bisa menjadi inti strategi bermain selanjutnya. Lebih menguntungkan untuk mendapatkan sebanyak mungkin bentuk di awal karena kartu aksi lebih efektif ketika ada banyak batu di papan.

Peringatan untuk Pemain Go
Saya menyarankan Anda untuk menghindari permainan Dango yang terlalu sering karena dapat mempengaruhi hasil Go Anda – Anda akan bertindak kurang tepat dalam permainan Go dengan harapan dapat mengeluarkan kartu “Replace” Anda. Jadi jika Anda tertarik dengan permainan ini – segera cari kartunya! Semoga beruntung!