Cuttle: Permainan Kartu Strategi untuk Dua Pemain
Cuttle merupakan permainan kartu bertarung yang dimainkan oleh dua orang pemain. Tujuan utama permainan ini adalah mengumpulkan poin sebanyak 21 atau lebih selama pertandingan berlangsung. Pemain pertama yang berhasil mencapai target poin tersebut akan dinyatakan sebagai pemenang.
Persiapan Awal Permainan
Pemain yang bertugas sebagai dealer dipilih secara acak di awal permainan. Dealer kemudian mengocok deck kartu dan membagikan 6 kartu untuk diri sendiri serta 5 kartu untuk lawan main. Sisa kartu yang tidak terbagi diletakkan di tengah arena permainan sebagai tumpukan draw. Setelah kedua pemain menerima kartu mereka, permainan dapat segera dimulai.
Klasifikasi Jenis Kartu
Dalam permainan Cuttle, kartu-kartu dibagi menjadi tiga kategori utama. Terdapat kartu poin, kartu permanen, dan kartu efek sekali pakai. Penjelasan detail mengenai tipe kartu dan nilai poin akan diuraikan di bawah ini, sedangkan cara penggunaannya dalam permainan akan dibahas pada bagian Mekanisme Permainan.
Hierarki Jenis Kartu
- Keriting (Clubs) – Peringkat terendah
- Wajik (Diamonds) – Peringkat menengah bawah
- Hati (Hearts) – Peringkat menengah atas
- Sekop (Spades) – Peringkat tertinggi
Detail Jenis Kartu dan Fungsinya
Kartu Poin
Kartu poin meliputi As, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 10. Nilai poin pada kartu ini sesuai dengan angka yang tertera. Khusus untuk kartu As, nilainya setara dengan 1 poin.
Kartu Efek Sekali Pakai
Kartu As, 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 9 termasuk dalam kategori kartu efek sekali pakai. Masing-masing kartu ini memiliki efek khusus yang akan aktif ketika dimainkan.
Fungsi Spesifik Kartu Efek
-
As
– Menghapus semua poin yang ada di meja, baik milik sendiri maupun lawan -
2
– Dapat digunakan untuk menghapus kartu permanen di meja atau memblokir efek kartu sekali pakai lawan. Kartu ini satu-satunya yang bisa dimainkan saat giliran lawan -
3
– Memungkinkan pemain melihat tumpukan kartu yang dibuang dan mengambil satu kartu darinya, kemudian kartu 3 sendiri akan dibuang -
4
– Memaksa lawan membuang dua kartu dari tangannya dengan menunjukkannya terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke tumpukan buangan -
5
– Mengambil dua kartu teratas dari tumpukan draw -
6
– Menghapus semua kartu permanen di meja, baik milik sendiri maupun lawan -
7
– Mengambil satu kartu dari tumpukan draw dan harus langsung dimainkan jika memungkinkan, meskipun efeknya merugikan pemain -
9
– Mengembalikan satu kartu permanen dari meja ke tangan pemiliknya
Kartu Permanen
Kartu 8, Jack, Queen, dan King tergolong sebagai kartu permanen. Kartu-kartu ini diletakkan di atas meja dan efeknya akan terus aktif selama masih berada di arena permainan.
Fungsi Kartu Permanen
-
8
– Ketika dimainkan sebagai kartu permanen, harus diletakkan secara menyamping untuk membedakannya dari kartu poin. Selama kartu 8 ada di meja, lawan harus memainkan kartu dengan tangan terbuka -
Jack
– Digunakan untuk mengambil alih kartu poin lawan. Jack diletakkan di atas kartu poin target dan keduanya dipindahkan ke sisi pemain. Jika kartu poin tersebut dihapus, Jack juga ikut terbuang -
Queen
– Berfungsi melindungi kartu pemain, tapi tidak melindungi dirinya sendiri. Selama Queen aktif, lawan tidak bisa menggunakan efek kartu 2, 9, atau Jack terhadap pemain -
King
– Mengurangi jumlah poin yang dibutuhkan untuk menang. Satu King menurunkan target menjadi 14 poin, dua King menjadi 10 poin, tiga King menjadi 7 poin, dan empat King menjadi hanya 5 poin
Mekanisme Permainan
Permainan dimulai oleh pemain yang bukan dealer. Pada giliran masing-masing, pemain dapat memilih salah satu dari dua opsi: mengambil satu kartu dari tumpukan draw ke dalam tangan, atau memainkan satu kartu dari tangan dan menjalankan efeknya. Setelah itu, giliran berpindah ke lawan.
Jika tumpukan draw sudah habis, pemain boleh melakukan pass pada gilirannya. Apabila terjadi tiga kali pass berurutan, permainan dinyatakan seri.
Cara Memainkan Kartu Poin
Kartu poin dimainkan dengan menghadapkannya ke atas di sisi meja pemain. Kartu ini akan menambah skor pemain. Kartu poin juga bisa digunakan untuk “menenggelamkan” poin lawan. Untuk melakukan ini, pemain harus memainkan kartu dengan nilai lebih tinggi atau kartu dengan nilai sama tetapi dari jenis yang lebih tinggi. Kedua kartu yang terlibat kemudian dibuang ke tumpukan scrap.
Penggunaan Kartu Efek
Kartu efek sekali pakai dimainkan untuk mengaktifkan efek khususnya. Setelah efek selesai dijalankan, kartu tersebut langsung dibuang ke tumpukan scrap.
Kartu Permanen di Arena
Kartu permanen diletakkan di atas meja dan tetap berada di sana. Efek dari kartu ini akan terus bekerja sampai kartu tersebut dihapus dari permainan.
Kondisi Kemenangan
Permainan berakhir ketika salah satu pemain berhasil mencapai 21 poin atau lebih pada gilirannya. Pemain yang mencapai kondisi ini dinyatakan sebagai pemenang pertandingan.