CTRL: Game Strategi Konstruksi 3D yang Menantang
Apakah Anda menyukai tantangan konstruksi dan strategi? Inilah permainan yang tepat untuk Anda! Dalam permainan CTRL, para pemain akan berusaha membangun Domain mereka dengan menambahkan blok ke area pertempuran. Blok-blok ini akan membentuk medan 3-dimensi yang besar dan unik.
Konsep Dasar Permainan
Bangun di atas area lawan untuk menguasai wilayah mereka! Tanam bendera Anda untuk melindungi area yang ingin Anda bangun di masa depan! Jangan sampai terblokir dan nikmati pengalaman bermain CTRL!
Persiapan Awal Permainan
Untuk memulai persiapan, letakkan kubus pusat di atas meja di posisi yang dapat dijangkau oleh semua pemain. Setiap pemain kemudian memilih warna untuk mewakili Domain mereka selama permainan berlangsung. Mereka mengumpulkan bendera dan dua puluh dua blok dengan warna pilihan mereka.
- Setiap pemain menghubungkan satu blok ke sisi Kubus Pusat
- Ini akan menjadi blok awal mereka
- Semua blok awal harus bersebelahan dengan permukaan meja
- Pemain kemudian dapat menghubungkan bendera mereka ke blok awal, mengarah ke atas
Alur Permainan dan Strategi
Memulai Pertandingan
Pemain yang mengusulkan untuk bermain CTRL akan memulai permainan. Setiap giliran terdiri dari tiga langkah. Untuk memulai, Anda akan melepaskan bendera mereka dari Medan Pertempuran, termasuk semua blok yang terhubung ke Kubus Pusat. Ini akan memungkinkan blok ditempatkan di ruang yang sebelumnya diblokir oleh bendera.
Penempatan Blok Strategis
Langkah berikutnya adalah menempatkan tiga blok dengan warna Anda dalam jalur lurus. Blok pertama harus ditempatkan bersebelahan dengan blok yang berada di Domain Anda. Ini akan menentukan titik awal untuk jalur Anda. Setelah blok pertama ditempatkan, arah perjalanan harus ditentukan.
- Medan Pertempuran dapat diputar, tetapi harus tetap berada di atas meja
- Blok harus ditempatkan dalam jalur lurus sepanjang permukaan Medan Pertempuran
- Jalur tidak boleh menjauh dari Medan Pertempuran
- Ketika mencapai tepi, gulung blok berikutnya 90 derajat ke depan ke permukaan baru
Mengatasi Hambatan
Jika Anda menabrak dinding, maka blok berikutnya yang Anda tempatkan akan bergulir 90 derajat ke belakang, sehingga memanjat dinding. Bagian atas dinding harus diperlakukan seperti tepi. Jika ada dinding atau tepi yang hanya setinggi satu blok, maka Anda diizinkan untuk naik atau turun, tergantung pada apa yang dibutuhkan.
Aturan dan Batasan Penting
Setelah selesai menempatkan blok, Anda dapat menempatkan bendera Anda pada permukaan yang terbuka dari blok mana pun di Domain Anda. Bendera dapat menghadap ke arah mana saja.
Jika ada penghalang di jalur Anda, maka jalur Anda dianggap tidak sah, dan jalur yang berbeda harus dipilih. Jika jalur Anda terhalang oleh meja, maka jalur baru harus dipilih. Jika jalur Anda terhalang oleh bendera pemain lain, maka jalur baru harus dipilih.
Penentuan Pemenang
Permainan berakhir setelah semua pemain telah menempatkan semua blok mereka. Pemain dengan Domain yang memiliki skor tertinggi menjadi pemenang!
Sistem Penilaian
Skor ditentukan oleh jumlah permukaan yang terbuka ketika melihat setiap sisi Medan Pertempuran. Skor dihitung untuk setiap sisi, kemudian ditambahkan bersama.
| Aspek Penilaian | Keterangan | Poin |
|---|---|---|
| Permukaan Terbuka | Setiap sisi blok yang terlihat | 1 poin per sisi |
| Domain Terluas | Area konstruksi paling besar | Bonus 5 poin |
| Strategi Bendera | Posisi bendera yang strategis | Bonus 3 poin |