Panduan Komprehensif Bermain Codenames: Pictures

Konsep Dasar Permainan
Codenames: Pictures merupakan permainan deduksi yang mempertemukan dua tim berlawanan. Setiap kelompok harus menggunakan petunjuk satu kata untuk menebak semua kartu agen mereka. Bagi yang pernah memainkan versi original Codenames, konsepnya serupa namun menggunakan gambar sebagai pengganti kata-kata.
Setiap tim akan memiliki satu pemain yang berhak melihat jawaban benar untuk kedua tim di papan permainan. Petunjuk dari pemain inilah yang akan membimbing rekan satu timnya menuju kemenangan.

Persiapan dan Penyiapan Permainan
Formasi Pemain dan Pembagian Tim
Permainan ini dapat dimainkan oleh dua hingga tiga pemain. Aturan sedikit berbeda untuk jumlah pemain tertentu, dan detailnya dapat dilihat pada bagian VARIASI di bawah.
Pemain akan dibagi menjadi dua tim, dengan jumlah ganjil pemain maka satu tim akan memiliki anggota tambahan. Satu orang dari setiap tim akan menjadi spymaster dalam permainan ini. Spymaster bertugas menyiapkan papan untuk dimainkan.
Penyusunan Papan Permainan
Semua kartu gambar dan kunci jawaban harus dikocok, kemudian disusun dalam grid 4×5 untuk kartu gambar. Totalnya harus 20 kartu dan tata letak grid harus sesuai dengan layout kunci jawaban manapun.

Spymaster kemudian akan mengambil satu kunci jawaban secara acak, dengan memastikan tidak menunjukkan kepada pemain lain kecuali sesama spymaster. Kunci ini ditempatkan di cardholder dan diletakkan di depan spymaster yang hanya bisa dilihat oleh mereka. Spymaster akan menyepakati baris mana yang atas dan bawah serta mengambil waktu untuk mengenali penempatan jawaban tim mereka.
Mekanisme Permainan Utama
Memulai Permainan
Setiap tim akan mengambil kartu agen mereka masing-masing, agen ganda akan ditentukan oleh warna pada kartu jawaban dan tim tersebut juga akan memulai ronde. Semua tile bystander dan tile assassin akan ditempatkan di area bersama untuk spymaster.
Setelah papan disiapkan dan spymaster sudah familiar dengan papan, spymaster pertama boleh memberikan petunjuk mereka.

Pemberian Petunjuk dan Proses Menebak
Permainan dimulai dengan spymaster pertama memberikan petunjuk mereka. Petunjuk harus hanya satu kata. Kemudian angka akan disebutkan setelah petunjuk. Angka ini menunjukkan berapa banyak gambar yang terkait dengan petunjuk ini. Jika ada pertanyaan tentang petunjuk valid, ada bagian di buku aturan tentang petunjuk valid dan tidak valid.
Rekan satu tim lainnya kemudian akan menebak gambar sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Mereka boleh menebak sebanyak angka yang diberikan dengan petunjuk ditambah satu atau sampai mereka menebak salah, mana yang terjadi lebih dulu.
Pemain boleh mendiskusikan petunjuk secara terbuka, tetapi spymaster tidak boleh memberikan petunjuk tambahan melalui ekspresi wajah dan tidak boleh berbicara sama sekali. Jawaban dianggap final begitu sebuah gambar disentuh. Setelah gambar disentuh dan difinalkan, spymaster akan menutupinya dengan tile yang sesuai menurut kunci jawaban. Jika tim benar bahwa itu adalah mata-mata mereka, mereka boleh melanjutkan, jika tidak giliran mereka berakhir.

Variasi Jumlah Pemain
Mode Dua Pemain
Untuk dua pemain atau permainan di mana semua orang ingin berada di tim yang sama, hanya akan ada satu spymaster. Penyiapan sama, kecuali sekarang lawan Anda adalah waktu. Aturan sama, spymaster memberikan petunjuk dan sisanya menebak. Sekarang alih-alih tim lain menebak, spymaster akan menempatkan salah satu agen tim lawan setelah setiap giliran.
Mode Tiga Pemain
Untuk tiga pemain, Anda boleh bermain seperti di atas, atau Anda bisa bermain dengan dua spymaster. Dalam kasus ini, akan ada dua spymaster dan satu penebak. Penebak akan menebak untuk kedua tim. Spymaster pertama yang semua agennya ditebak menang.

Kondisi Akhir Permainan
Permainan dapat berakhir dalam tiga cara. Entah tim Anda akan menebak semua mata-mata mereka dan memenangkan permainan, tim lain yang melakukannya, atau seseorang akan menebak assassin.
Jika assassin ditebak, permainan otomatis berakhir dan tim lawan menang secara default.
Pertanyaan Umum Seputar Permainan
Bagaimana cara menyiapkan papan permainan Codenames: Pictures?
Setelah tim terbagi dan spymaster diputuskan, papan disiapkan. Ini terdiri dari 25 kartu dalam grid 5×5.
Apa yang terjadi ketika memilih innocent bystander?
Jika field operative Anda memilih kata yang merupakan innocent bystander, giliran tim Anda untuk menebak berakhir segera.
Apakah boleh berbicara selama Codenames: Pictures?
Anggota tim yang menebak boleh berdiskusi di antara mereka sendiri tetapi spymaster tidak diizinkan berbicara.
Apakah proper nouns diperbolehkan dalam Codenames: Pictures?
Proper nouns diperbolehkan, tetapi terserah kelompok untuk memutuskan apakah proper nouns yang mengandung banyak kata diperbolehkan. Seperti nama Daniel diperbolehkan, tetapi terserah kelompok Anda jika Anda akan mengizinkan Daniel Radcliffe dihitung sebagai petunjuk tunggal.