Panduan Lengkap Permainan Kartu Dingo
Tujuan Permainan Dingo
TUJUAN UTAMA DINGO: Kumpulkan poin sebanyak mungkin sebelum permainan berakhir.
Informasi Dasar Permainan
-
JUMLAH PEMAIN:
4 orang pemain -
JUMLAH KARTU:
Satu set standar berisi 52 kartu -
URUTAN NILAI KARTU:
A (tertinggi), K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2 -
JENIS PERMAINAN:
Shedding (membuang kartu) -
PENONTON:
Semua Usia
Asal Usul Permainan
Meskipun asal pasti permainan Dingo tidak diketahui secara jelas, diketahui bahwa permainan ini cukup populer di kalangan penggemar kartu di wilayah Cleveland, Ohio, yang menunjukkan kemungkinan daerah penemuannya.
Persiapan dan Pengaturan Awal
Dingo secara ketat dimainkan oleh 4 pemain. Permainan ini menggunakan set kartu standar 52 lembar, namun kartu-kartu tersebut memiliki sebutan yang berbeda dalam permainan.
Klasifikasi Kartu dalam Permainan
-
Kartu berlian disebut sebagai
kelinci
. Kartu As berlian disebut
kelinci As
. -
Kartu dari jenis hati disebut sebagai
dingo
. Kartu-kartu ini memiliki makna khusus dalam permainan, sesuai dengan namanya. -
Baik sekop maupun keriting disebut sebagai
serigala
.
Selain penamaan berdasarkan hewan, kartu-kartu juga dibagi menjadi tiga kategori:
Kartu merah, yaitu kelinci dan dingo, dapat memiliki nilai poin positif atau negatif tergantung cara mereka dimainkan. Hal ini dijelaskan secara rinci dalam bagian berjudul ‘perburuan’. Namun, kartu hitam, atau serigala, selalu bernilai poin positif.
Sistem Penilaian Kartu
-
kartu rendah
(2, 3, 4, 5, 6, 7, 9) → nilai +/- 1 poin -
kartu tinggi
(10, Jack, Queen, King) → nilai +/- 2 poin -
As
(tidak termasuk kelinci) → nilai +/- 3 poin -
Kelinci As
bernilai +10 poin atau -3 poin
Persiapan Awal Permainan
Pemilihan Dealer dan Pembagian Kartu
Dealer awal dipilih secara acak, menggunakan metode apa pun yang disukai pemain. Baik permainan maupun pembagian kartu berpindah ke kiri.
Dealer memulai dengan memisahkan kartu berlian dari tumpukan, meninggalkan As di dek utama. Jadi, dek utama memiliki 40 kartu – 13 kartu dari jenis hati, sekop, dan keriting, serta satu kartu berlian – yaitu As.
Kartu berlian yang dipisahkan (2-K) disusun berdasarkan nilainya (rendah ke tinggi, mulai dari 2 dan diakhiri dengan King). Kemudian ditempatkan di tengah meja dalam tumpukan dengan kartu 2 menghadap ke atas dan berada di puncak.
Dek utama berisi 40 kartu kemudian dikocok. Kartu dibagikan satu per satu, berpindah ke kiri, sampai setiap pemain memegang 10 kartu di tangan. Pemain dapat memeriksa kartu mereka.
Penunjukan Posisi Pemain
Permainan dimulai setelah pemain menerima kartu lengkap mereka dan 12 kelinci berada di tengah meja. Untuk menjelaskan proses ini dengan mudah dan jelas, pemain akan disebut sebagai arah mata angin. Dealer ditetapkan sebagai Selatan, pemain di sebelah kiri dealer (Selatan) adalah Barat, di sebelah kirinya adalah Utara, dan terakhir, di sebelah kiri Utara adalah Timur. Ingat penunjukan ini saat membaca instruksi berikut.
Fase Pertukaran Kartu
Pembuangan Pertama
Dimulai dengan dealer, Selatan, setiap pemain akan membuang satu kartu, menghadap ke atas, ke dalam tumpukan baru. Tumpukan ini harus terpisah dari tumpukan kartu kelinci. Pemain diizinkan membuang kartu apa pun yang mereka suka KECUALI As. Kartu yang dibuang harus disimpan dalam tumpukan sehingga hanya kartu yang sebelumnya dibuang yang dapat dilihat.
Pertukaran ke Kiri
Setelah pembuangan selesai, Selatan memberikan kartu apa pun dari tangan ke kiri untuk Barat. Setelah Barat memeriksa kartu barunya, mereka memberikan kartu ke kiri mereka, dan seterusnya. Timur kemudian akan menjadi yang terakhir memberikan kartu, yang akan diterima oleh Selatan. Semua kartu harus diberikan tertutup.
Pembuangan Kedua
Ulangi instruksi untuk pembuangan pertama.
Pertukaran ke Seberang
Dimulai dengan Selatan, lagi, dan bergerak searah jarum jam (ke kiri), pemain memberikan satu kartu kepada pemain yang duduk berseberangan atau berlawanan dengan mereka. Jadi, Selatan memberikan ke Utara, kemudian Barat memberikan ke Timur. Kemudian mereka berganti, Utara memberikan ke Selatan dan Timur ke Barat.
Pembuangan Ketiga
Mengikuti paradigma yang sama dengan dua pembuangan pertama.
Pertukaran ke Kanan
Pertukaran ini dilakukan dengan cara yang sama persis seperti pertukaran pertama, namun; ada perbedaan halus di mana pemain akan memberikan kartu mereka ke kanan, bukan ke kiri. Dengan demikian, Timur adalah satu-satunya pemain yang melihat kartu yang diberikan kepada mereka sebelum memberikan kartu.
Pembuangan Keempat
Mengikuti mekanisme yang sama seperti pembuangan sebelumnya. Pada akhirnya, setiap pemain akan memiliki 6 kartu di tangan mereka. Setelah fase ini selesai, pemain memulai Perburuan.
Fase Perburuan
Kelinci dalam tumpukan di tengah meja diburu satu per satu, mulai dari dua dan bergerak naik ke King. Selama fase Dingo ini, pemain menempatkan kartu yang mereka kumpulkan dalam dua tumpukan:
tumpukan skor
, yang vertikal, dan
tumpukan penalti
, yang horizontal. Setelah permainan selesai, pemain menghitung skor mereka, skor mereka adalah total dalam tumpukan skor dikurangi total tumpukan penalti.
Memulai Perburuan
Untuk memulai perburuan, dealer mengumumkan nilai kartu teratas dari tumpukan kelinci. Seorang pemain dengan
dingo
dengan peringkat yang sama HARUS memainkannya (terbuka). Setelah dingo dimainkan, 3 pemain lainnya memiliki opsi untuk memainkan 1 (atau 2) serigala juga dengan peringkat yang sama. Ini memunculkan salah satu dari empat skenario:
-
Tidak ada dingo.
Jika tidak ada yang memiliki dingo, kartu kelinci dimasukkan ke dalam tumpukan buangan. Tidak ada serigala yang boleh dimainkan. Tidak ada yang mendapat skor. -
Dingo dan tidak ada serigala.
Jika dingo dimainkan tetapi tidak ada serigala yang dimainkan, kelinci dibuang, dan dingo ditempatkan di tumpukan penalti pemain tersebut. -
Dingo dan 1 serigala.
Dalam skenario ini, dingo ditempatkan di tumpukan skor pemain tersebut (pemain yang memainkan Dingo). Pemain yang memainkan serigala menangkap kelinci dan kedua kartu ditambahkan ke tumpukan skor mereka. -
Dingo dan 2 serigala.
Serigala pertama yang dimainkan dan dingo ditambahkan ke tumpukan skor Dingo. Namun, serigala kedua menangkap kelinci dan menempatkan kedua kartu di tumpukan skor mereka. Pemain yang memainkan serigala pertama tidak mendapat skor apa pun.
Aturan Tambahan untuk Perburuan
- Pemain tidak diharuskan untuk memainkan serigala
- Jika pemain Dingo memiliki satu atau kedua serigala, mereka tidak dapat memainkannya.
- Jika seorang pemain, yang bukan pemain Dingo, memiliki kedua serigala, mereka dapat secara legal memainkan kedua kartu. Namun, ini biasanya tidak menguntungkan karena serigala pertama yang dimainkan masuk ke tumpukan skor pemain Dingo.
Perburuan As
Setelah kelinci King diburu, dealer mengumumkan Perburuan As. Fase permainan ini memiliki aturan yang berbeda dari perburuan sebelumnya, Karena As tidak dapat dibuang, mereka seharusnya semua berada di tangan pemain.
Pemain dengan Dingo As harus memainkannya. Tidak ada kartu lain yang boleh dimainkan bersamanya.
Setelah itu, mulai dari kiri pemain Dingo As, setiap pemain (berpindah ke kiri) dapat memainkan satu atau dua serigala. Pemain dingo mengakhiri permainan setelah giliran mereka.
Pemain dengan Kelinci As hanya dapat memainkannya pada giliran mereka jika kedua serigala As sudah dimainkan. Seorang pemain dengan kedua serigala dan kelinci kemudian dapat memainkan ketiganya sekaligus.
Aturan Khusus Perburuan As
- Jika serigala As dimainkan, setiap as yang dimainkan masuk ke tumpukan skor mereka.
- Jika tidak ada serigala yang dimainkan, dingo mati dan dimasukkan ke dalam tumpukan penalti pemain Dingo.
- Setelah perburuan as selesai, dealer memanggil untuk Kelinci As (jika belum dimainkan). Pemain yang memilikinya harus mengungkapkannya dan memasukkannya ke dalam tumpukan penalti mereka.