Panduan Lengkap Bermain Game Basket Kartu
DUKUNG PUBLIKASI GAME INI DI KICKSTARTER SEKARANG JUGA DENGAN MENGKLIK DI SINI!
Mode Permainan
-
Pemain Tunggal
– Setiap pemain menjaga skor mereka sendiri hingga mencapai poin target -
Permainan Tim
– Semua pemain dalam tim yang sama menggabungkan skor untuk mencapai poin target
Permainan cepat disarankan untuk 7 poin atau jumlah berapa pun sesuai kesepakatan. Setelah semua pemain mendapatkan kartu awal mereka, permainan dapat dimulai.

Dek Kartu yang Digunakan
-
Dek OFF & DEF:
Kartu aksi ofensif dan defensif -
Dek All-Around:
Kartu spesial dengan kemampuan unik -
Dek Skor:
Kartu poin untuk mencatat keberhasilan
Persiapan Kartu Awal
- 2 Kartu OFF & DEF
- 3 Kartu All-Around
Opsi Mengambil Kartu
-
Opsi 1:
2 Kartu OFF & DEF -
Opsi 2:
1 Kartu OFF & DEF dan 1 Kartu All-Around

Fase Ofensif
Pemain yang sedang menyerang memiliki dua pilihan untuk mengambil kartu dari dek sebelum memulai giliran ofensif mereka.
Jenis Aksi Ofensif
-
Ofensif Normal: Mainkan Kartu Aksi Ofensif
-
OFENSIF DALAM
– Dunk, Lay-up, Low-Post -
OFENSIF JARAK
– Mid-Range, Three-Point
-

1. Ofensif Normal
Mainkan kartu Aksi Ofensif apa saja dan lempar dadu di bawah Rating Ofensif untuk mencetak poin.
2. Ofensif Kombo
Mainkan Aksi Ofensif dikombinasikan dengan Skill Signature Ofensif, kemudian lempar dadu di bawah Rating Ofensif untuk mencetak poin.

3. Ofensif Berganda
Mainkan jenis Aksi Ofensif yang sama, pilih kartu dengan rating tertinggi dan tambahkan 10% untuk setiap kartu Aksi Ofensif, kemudian lempar dadu sebanyak jumlah kartu yang dimainkan pemain pada giliran ini.

4. Melewatkan Ofensif
Tidak memainkan kartu aksi apa pun, baik karena tidak memiliki Aksi Ofensif atau menyimpan kartu aksi untuk digunakan nanti.
Fase Defensif
Setelah pemain ofensif memainkan aksi ofensif mereka, fase defensif dimulai. Semua pemain lain dapat memutuskan jenis aksi defensif apa yang akan dimainkan.
1. Pertahanan Normal
Mainkan Kartu Aksi Defensif biasa untuk menghadang serangan lawan.

2. Pertahanan Khusus
Gunakan Aksi Defensif Khusus, di mana kedua pemain melempar dadu untuk menentukan hasil pertahanan.

3. Pertahanan Kombo
Mainkan Skill Signature Defensif dengan menggunakan kartu Aksi Ofensif atau Defensif sebagai energi, dan habiskan jumlah energi yang diperlukan untuk melakukan skill tersebut.

4. Pertahanan Ganda
Mainkan jenis Aksi Defensif yang sama, tambahkan 10% ekstra ke rating pertahanan, kemudian paksa pemain ofensif untuk melempar dadu sebanyak jumlah kartu yang dimainkan pemain pada giliran ini.

5. Melewatkan Pertahanan
Tidak memainkan kartu aksi apa pun, baik karena tidak memiliki Aksi Defensif atau menyimpan kartu aksi untuk digunakan nanti dan bertaruh pada lemparan dadu pemain ofensif yang melebihi rating ofensif.
Jenis Pertahanan Spesifik
-
CONTEST SHOT
– Hanya bisa bertahan pada Ofensif Jarak -
PROTECT PAINT
– Hanya bisa bertahan pada Ofensif Dalam -
ULTIMATE DEFENSE
– Bisa bertahan pada semua jenis ofensif
-
CHARGE
– Hanya bisa bertahan pada Ofensif Dalam -
BLOCK
– Bisa bertahan pada semua jenis ofensif
Penentuan Hasil Pertahanan
-
>OFENSIF > PERTAHANAN
– Efek rating ofensif berlaku -
>OFENSIF < PERTAHANAN
– Menghentikan Aksi Ofensif -
>OFENSIF = PERTAHANAN
– Pertahanan menang dan menghentikan Aksi Ofensif
Fase Lempar Dadu
Setelah kedua Pemain Ofensif & Pemain Bertahan memainkan giliran mereka, Pemain Ofensif dapat melempar dadu untuk menentukan hasil poin.
SEBELUM LEMPAR DADU
Sebelum pemain ofensif melempar dadu, terdapat mekanisme FOUL yang bisa dimainkan oleh pemain ofensif atau defensif.
-
FOUL OFENSIF
– Pemain ofensif hanya bisa menggunakan Foul ketika Aksi Defensif diterapkan -
FOUL DEFENSIF
– Pemain bertahan bisa menggunakan foul sebagai pertahanan
Foul akan membuang Skill Signature dan Aksi Defensif apa pun, kemudian pemain ofensif dapat melakukan lemparan dadu pertama untuk menentukan hasil Aksi Ofensif.
Hasil Lemparan Dadu
-
LEMPAR DI BAWAH RATING OFENSIF
– mencetak poin, kemudian memiliki kesempatan untuk melempar dadu lagi untuk poin tambahan jika foul dimainkan -
LEMPAR DI ATAS RATING OFENSIF
– Gagal mencetak, kemudian memiliki kesempatan untuk melempar dadu untuk mencetak tergantung jenis Ofensif yang dimainkan
-
OFENSIF DALAM & MID-RANGE
– Lempar 2 kali -
THREE-POINTS
– Lempar 3 kali
Free Throw
Semua free throw bernilai 1 poin. Pemain perlu menyelesaikan semua free throw yang diperlukan untuk mengakhiri possession.
SETELAH LEMPAR DADU
Setelah pemain ofensif melempar dadu, terdapat beberapa skenario yang mungkin terjadi:
-
OFENSIF MENCETAK
– Lempar di bawah rating ofensif kemudian ambil kartu poin dan giliran pemain berikutnya -
OFENSIF GAGAL
– Lempar di atas rating ofensif -
TIP-IN
– Hanya pemain ofensif yang bisa memainkan kartu ini untuk mendapatkan kesempatan ekstra melempar dadu. Setelah Rebound dimainkan, ofensif tidak bisa menggunakan Tip-In -
REBOUND
– Pemain terakhir yang memainkan rebound dapat memulai possession ofensif