Skip to content

Game Rules

Aturan Permainan

Primary Menu
  • Beranda
  • Semua permainan
  • Permainan Remi
    • Permainan kartu tunggal
    • permainan kartu untuk dua orang
    • casino online
    • Permainan kartu anak-anak
  • Permainan meja
    • Permainan meja tunggal terbaik
    • Permainan meja untuk dua orang
    • Permainan meja keluarga
  • Permainan minum alkohol
    • Permainan minum dengan gelas
    • Permainan pertemuan menonton film terbaik
    • Permainan kartu/Permainan kartu minum
    • Permainan meja minum-minum
    • Permainan minum dengan dadu
  • Olahraga
  • berita
  • Home
  • berita
  • KALIMALA
  • berita

KALIMALA

gamerules 2025-11-13

Petualangan Pedagang Kain di Florence: Panduan Lengkap Calimala

Dalam permainan Calimala, para pemain berperan sebagai pedagang kain yang beroperasi di Florence pada era abad pertengahan. Tugas utama mereka adalah merekrut karyawan dan menempatkan mereka di berbagai lokasi strategis di seluruh kota untuk jangka waktu tertentu. Selama karyawan bekerja, para pedagang akan memproduksi dan mendistribusikan kain ke seluruh penjuru kota, sekaligus berkontribusi dalam dekorasi dan pembangunan berbagai gedung penting. Pemain yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak akan keluar sebagai pemenang – mampukah Anda meraih kemenangan tersebut?


Persiapan Awal Permainan

Penentuan Pemain Pertama

Pemain termuda dalam kelompok akan menerima token pemain aktif yang diletakkan di hadapannya. Salah satu pemain secara acak akan mengocok tile aksi dan menempatkannya dengan sisi menghadap ke atas pada grid yang telah ditentukan.

Pembagian Komponen Pemain

  • Setiap pemain mendapatkan player mat, 40 kubus, 2 tile workshop, 3 rumah dagang, dan 3 kapal dengan warna pilihan mereka
  • Untuk permainan 3 pemain: tambahkan 12 disc berwarna dan 3 disc putih
  • Untuk permainan 4 pemain: tambahkan 10 disc berwarna dan 2 disc putih
  • Untuk permainan 5 pemain: tambahkan 8 disc berwarna dan 2 disc putih

Setiap pemain kemudian menambahkan satu disc lagi pada posisi nol di scoring track.

Pengaturan Kartu Skor

Kartu skor dikocok dan dibagikan sesuai jumlah pemain:

Jumlah Pemain Kartu yang Dibagikan Kartu Tambahan
3 Pemain 3 Kartu 1 kartu diletakkan di samping papan
4 Pemain 2 Kartu 1 kartu di samping papan, 1 ke kotak kartu
5 Pemain 2 Kartu Tidak ada kartu tambahan

Setiap pemain kemudian memilih satu kartu skor untuk disimpan.


Mekanisme Permainan Utama

Persiapan Kartu Aksi

Pemain menempatkan satu set kartu kayu, bangun, tenun, marmer, dan batu bata di atas meja dengan sisi terbuka. Pemain yang duduk di sebelah kanan pemain pertama mengambil salah satu kartu tersebut, dilanjutkan secara bergiliran searah jarum jam. Setiap pemain memulai dengan satu kartu aksi, sementara sisanya dikocok dan diletakkan di samping papan permainan.

Permainan siap dimulai! Semua komponen telah disiapkan dan para pedagang kain Florence siap bersaing menunjukkan keahlian mereka.

Alur Giliran Bermain

Permainan berlangsung dengan giliran yang bergantian searah jarum jam. Pada setiap giliran, pemain akan memilih dan mengaktifkan berbagai ruang aksi dengan menempatkan disc pada grid kota. Mereka kemudian dapat melakukan aksi-aksi yang berdekatan dan terhubung dengan disc mereka.

Terdapat sembilan jenis aksi potensial yang penjelasannya dapat ditemukan pada kartu atau grid permainan. Ketika seorang pemain memilih untuk mengaktifkan suatu aksi, mereka harus melakukan setidaknya satu dari aksi yang tersedia.

  • Pemain diperbolehkan untuk menumpuk disc, namun harus melaksanakan kedua aksi tersebut
  • Jika pemain tidak dapat melakukan aksi, mereka harus mengambil kartu aksi dan menambahkannya ke tangan mereka
  • Pemain juga memiliki opsi untuk melewatkan aksi tertentu

Fase Penilaian dan Akhir Permainan

Trigger Fase Skoring

Fase penilaian dapat menginterupsi giliran pemain. Jika terdapat disc keempat pada suatu tumpukan, maka fase skoring dimulai. Permainan berlanjut dengan cara ini hingga semua pemain telah menempatkan disc mereka atau semua tile skoring telah terpicu.

Mekanisme Penempatan Disc Skoring

Terdapat lima belas ronde penilaian dalam permainan. Ketika ada disc keempat di dasar tumpukan aksi, fase skoring dimulai setelah ketiga disc di atasnya diaktifkan. Disc keempat tidak diaktifkan, melainkan dipindahkan ke tile skoring yang dianggap sebagai kursi di dewan.

Pemain akan menempatkan disc mereka pada tile skoring mulai dari baris tertinggi dan berlanjut dari kiri ke kanan. Hanya disc berwarna yang dapat diletakkan pada tile skoring, sehingga disc putih dapat ditukar dengan disc berwarna pada ruang aksi. Pemain aktif berikutnya akan menjadi pemain berikutnya dalam urutan searah jarum jam.

Penentuan Pemenang

Permainan dapat berakhir jika semua pemain telah menempatkan disc aksi mereka di grid atau jika semua tile skoring telah terpicu. Pemain kemudian menghitung poin mereka dengan mengungkap kartu skor dan menambahkan poin tambahan.

Semua kartu skor merepresentasikan sebuah kota dan bangunan. Pemain akan menghitung poin dari kubus di area yang sesuai pada kartu skor mereka. Pemain dengan kubus terbanyak akan mendapatkan lima poin, peringkat kedua mendapat tiga poin, dan peringkat ketiga mendapat satu poin.

Setelah semua kartu diselesaikan, pemenang ditentukan. Pemain dengan jumlah poin terbesar akan memenangkan permainan dan dinobatkan sebagai pedagang kain terhebat di Florence!

Post navigation

Previous: KECEPATAN KALIFORNIA
Next: PANGGILAN DARI CTHULHU

Related News

自动生成图片: Upward trending graph with game controller and factory icons integrated, soft gradient background of orange and blue, clean geometric shapes representing growth, minimalist data visualization style high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Craftomation 1 Rilis Update Besar: Fitur Otomasi Baru dan Event Kolaborasi Eksklusif untuk Pemain Indonesia

gamerules 2025-12-23
自动生成图片: Abstract geometric composition with overlapping shapes representing a soccer ball and simple puppet figures, soft pastel colors, modern minimal style, professional gaming concept illustration high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Puppet Soccer Challenge: Game Sepak Bola Unik yang Lagi Viral, Cocok untuk Main Santai atau Bisa Kompetitif?

gamerules 2025-12-22
自动生成图片: Abstract investigative concept with a magnifying glass over digital game icons and question marks, dark blue and grey color scheme, clean minimal design, modern digital illustration high quality illustration, detailed, 16:9
  • berita

Misteri ‘Linebacker Alley 2’: Game Baru yang Beredar atau Cuma Mod dari Game Lawas? Investigasi untuk Gamer Indonesia

gamerules 2025-12-22

Konten terbaru

  • Mahjong Legends Rilis di Indonesia: Gameplay Turn-Based Baru yang Menggabungkan Strategi Klasik dan Cerita Epic
  • Rahasia Timing Sempurna di Game ‘Lempar-Tinggi’: Analisis Fisika dan Latihan Drilling untuk Pemain Indonesia
  • Craftomation 1 Rilis Update Besar: Fitur Otomasi Baru dan Event Kolaborasi Eksklusif untuk Pemain Indonesia
  • Turnamen Sling World Cup Resmi Dibuka: Ini Jadwal, Hadiah, dan Strategi Juara dari Top Player Indonesia
  • Teknik Menjentikkan Bola yang Akurat di Game Sepak Bola Mobile: Panduan dari Pemain Pro untuk Tendangan Bebas dan Penalti
Copyright © All rights reserved. | MoreNews by AF themes.