Panduan Komprehensif Dungeon Lords
Sebagai Tuan Bawah Tanah yang baru lulus, Anda berusaha membangun dan mengelola dungeon pribadi dengan merancang lorong-lorong dan ruangan yang akan dipenuhi perangkap serta monster. Namun waspadalah terhadap kewajiban pajak dan gaji, belum lagi para petualang yang datang menjelang akhir tahun untuk menjelajahi dungeon Anda. Jika terlalu menarik perhatian, Anda akan dikunjungi oleh paladin yang sangat kuat.

Persiapan Awal Permainan
Pemain pertama adalah yang paling ramah. Siapkan permainan sesuai dengan gambar yang tersedia. Sebuah sesi Dungeon Lords berlangsung selama dua tahun, masing-masing terdiri dari dua periode berbeda.
Komponen Permainan
- 1 papan utama
- 4 papan dungeon (1 untuk setiap pemain)
- 1 papan progresi (sisi Konstruksi dan sisi Pertempuran)
- 1 Papan Tanah Jauh
- 32 kartu Perintah (8 per pemain)
- 4 kartu Skor (1 per pemain)
- 4 kartu Gelar (1 per pemain)
- 30 token emas
- 30 Token Makanan
- 40 Imp
- 12 figur Minion (4 per pemain)
- 4 kubus penanda Kejahatan (1 per pemain)
- 24 ubin Monster (12 berlatarbelakang abu-abu, 12 berlatarbelakang emas)
- 32 ubin Petualang (16 berlatarbelakang abu-abu, 16 berlatarbelakang emas)
- 2 ubin Paladin (1 berlatarbelakang abu-abu, 1 berlatarbelakang emas)
- 18 kartu Pertempuran (16 berlatarbelakang abu-abu, 16 berlatarbelakang emas)
- 40 ubin Dungeon
- 16 ubin Ruangan (8 berlatarbelakang abu-abu, 8 berlatarbelakang emas)
- 1 token Pemain Pertama
- 4 token Acara
- 8 kartu Acara
- 40 kubus Luka
- 27 kartu Perangkap
- 4 token Troll
- 1 token penanda Musim
Setup Awal
- Pilih secara acak 2 Kartu Acara Khusus yang tetap disembunyikan dan letakkan di sebelah papan Tanah Jauh
- Kocok Kartu Perintah Anda dan ambil 3 secara acak. Pilih 2 sebagai Perintah Tidak Dapat Diakses. Semua pemain membukanya secara bersamaan

Struktur Permainan
Papan progresi memiliki dua sisi, satu untuk setiap periode, yang dengan jelas menunjukkan fase-fase berurutan yang harus dilakukan.
Dua Periode Utama
- Periode konstruksi, dibagi menjadi empat musim, di mana pemain mengembangkan dungeon mereka
- Periode pertempuran, di mana pemain mempertahankan dungeon mereka melawan sekelompok Petualang berpengalaman
Fase Musim Semi, Panas, dan Gugur
Setiap musim, kecuali musim gugur, lakukan urutan berikut:
- Pilih perintah pemain fiktif (hanya dengan 3 atau 4 pemain, lihat aturan detail)
- Pilih 3 Kartu Perintah masing-masing dari kartu yang tersedia di tangan Anda
- Setiap pemain membuka perintahnya dan menempatkan, secara bergiliran, figur Minion pada kotak aksi yang sesuai
– Pemain yang memutuskan untuk menempatkan perintah Rekrut Monster (atau Hantu) terlebih dahulu harus membayar 1 Emas.
– Jika tidak ada lagi ruang kosong pada suatu aksi untuk figur Minion, tempatkan Minion pada Kartu Perintah yang sesuai (aksi hilang).

Eksekusi Aksi
Aksi dilakukan sesuai urutan yang ditunjukkan pada papan Pusat, dari kiri ke kanan, baris atas kemudian baris bawah.
- Mengambil Makanan, Meningkatkan Reputasi, Merekrut Imp, atau Membeli Perangkap: bayar biaya yang ditunjukkan di sebelah kiri panah (jika ada) untuk menerima apa yang ada di sebelah kanan panah. Tidak diperbolehkan membayar sebagian biaya untuk mendapatkan sebagian kemenangan
- Penggalian Terowongan atau Penambangan Emas: izin bangunan mengizinkan Anda menggunakan hingga jumlah perkakas yang ditunjukkan, atau lebih sedikit jika Anda inginkan. Di kotak III, Anda harus memiliki imp sebagai mandor, terlepas dari jumlah imp yang Anda pekerjakan. Troll tidak bisa menggali atau mengekstrak
Aturan Konstruksi/Penambangan
- Terowongan baru harus berdekatan dengan Ruangan atau terowongan yang sudah ada. Anda tidak dapat mengisi semua kotak persegi 2×2. Anda membutuhkan imp untuk setiap terowongan baru, yang Anda tempatkan di atas terowongan baru
- Setiap Imp mengekstrak 1 Emas di terowongan yang belum ditaklukkan, tempatkan di atasnya. Dua imp tidak dapat mengekstrak di terowongan yang sama. Anda dapat mengekstrak di terowongan yang baru dibangun (tetapi tidak dengan Imp yang sama)
Rekrutmen Monster dan Pembangunan Ruangan
– Rekrut Monster (atau Hantu): pemain melakukan aksi ini dalam urutan terbalik (dari III ke I). Saat Anda merekrut monster, bayar biayanya, yang ditunjukkan di sudut kiri atas (pada kotak III Anda harus membayar 1 Makanan tambahan).
– Bangun Ruangan: Pemain melakukan aksi ini dalam urutan terbalik. Pada kotak II dan III, Anda harus membayar 1 Emas. Pada kotak I Anda tidak membayar apa pun, tetapi Anda berisiko tidak dapat membangun (karena hanya ada dua ruangan per musim). Ruangan yang dibangun menggantikan terowongan yang belum ditaklukkan.
Aturan Pembangunan
- Dua ruangan tidak boleh berdekatan
- Ruangan Tahun Pertama hanya dapat dibangun di area yang ditunjukkan pada ubin Ruangan

Produksi dan Akhir Musim
Jika Anda masih memiliki Figur Imp (atau Token Troll) yang tidak terpakai, Anda dapat mengirim mereka ke ruang produksi. Tempatkan jumlah Imp yang ditunjukkan (dan/atau Token Troll) di ruangan, dan bayar biaya tambahan apa pun, untuk mencapai hasil yang ditunjukkan. Imp yang diproduksi oleh ruangan dapat segera bekerja.
Di Tahun Pertama, sebuah Ruangan dapat memproduksi sekali per musim, dan dua kali per musim di Tahun Kedua (untuk jumlah Imp ganda).
Akhirnya, ambil kembali dua Kartu Perintah yang tidak dapat diakses Anda. Juga ambil kartu Perintah pertama yang dimainkan musim ini, atau salah satu kartu Perintah dengan Figur Minion. Pindahkan dua kartu Perintah lainnya ke kotak Perintah yang tidak dapat diakses.
Acara dan Penempatan Petualang
- Acara mempengaruhi semua pemain secara bergiliran, dimulai dengan pemain pertama
- Dalam fase ini, petualang musim berakhir ditugaskan ke dungeon pemain
- Dalam permainan dua pemain, pindahkan Penanda Kejahatan pemain fiktif satu kotak ke atas
Petualang paling lemah (yang paling kiri) pergi ke pemain terendah di Jalur Kejahatan. Petualang berikutnya pergi ke pemain berikutnya di Jalur Kejahatan, dan seterusnya. Seri dipecahkan dalam urutan giliran, pemain pertama adalah yang paling ramah.
Petualang baru ditempatkan di belakang petualang musim sebelumnya, kecuali para pejuang yang selalu pergi ke depan kelompok.

Fase Musim Gugur
Kembalikan semua Imp ke Sarang Imp. Berikan token Pemain Pertama kepada pemain di sebelah kiri, kecuali di musim gugur.
Acara Musim Gugur
- Hari Gajian: untuk setiap monster (atau hantu), bayar biayanya, jika tidak pergi dan Anda menerima 1 poin Kejahatan
- Pajak: untuk setiap pasang ubin tidak kosong di Dungeon Anda (ditaklukkan atau tidak) Anda dikenakan pajak satu Emas, dibulatkan ke atas. Untuk setiap Emas yang tidak dapat atau tidak ingin Anda bayar, tempatkan 1 penanda luka (- 3 poin di akhir permainan) di kotak Tidak Dibayar, di sebelah meja Minion
- Acara Khusus: Lanjutkan sesuai teks pada Kartu Acara Khusus
Paladin dan Pertempuran
Hanya ada satu Paladin per tahun. Paladin meninggalkan tendanya