Panduan Lengkap Permainan Bronze: Zaman Keemasan Peradaban
Permainan Bronze mengajak pemain untuk memasuki era Zaman Perunggu, di mana kekuatan militer menjadi penentu masa depan setiap peradaban. Setiap peserta berperan sebagai pemimpin kolonial yang memiliki visi sama: menciptakan kehidupan lebih baik bagi rakyatnya melalui ekspansi wilayah dan pembangunan kerajaan megah.
Persiapan Awal Permainan
Penyusunan Peta Permainan
Proses persiapan dimulai dengan menempatkan tile awal tepat di tengah area bermain. Tile lahan kemudian ditambahkan secara acak dalam posisi tertutup, dengan jumlah yang disesuaikan berdasarkan banyaknya pemain. Tile lahan sisanya disimpan karena tidak akan digunakan dalam permainan.
Konfigurasi Berdasarkan Jumlah Pemain
Dalam sesi dengan dua pemain, satu tile lahan terdekat dari tile awal dibuka. Sementara untuk tiga atau empat pemain, dua tile lahan diungkapkan untuk memulai petualangan.
- Setiap pemain memilih warna representatif dan mengambil 30 penanda permukiman sesuai warna pilihan
- Untuk permainan 2-3 pemain, beberapa kartu kota dan teknologi dikembalikan ke kotak permainan
- Kartu teknologi yang tersisa dikocok dan dibagi menjadi lima tumpukan terpisah
Penyiapan Komponen Tambahan
Token rute perdagangan disusun di sisi kiri tile awal dengan urutan token 10 poin, 6 poin, dan 3 poin. Setiap tile lahan menerima satu token provinsi yang ditempatkan secara acak. Pemain pertama dipilih dan menerima token pemain awal, sementara dek kota dikocok dan diletakkan di samping papan permainan.
Mekanisme Permainan Utama
Urutan Giliran Bermain
Permainan berlangsung dengan sistem giliran searah jarum jam. Setiap pemain menyelesaikan empat aksi berurutan dalam satu giliran: mengambil kartu teknologi dari pool, mengaktifkan kartu teknologi yang dimiliki, menempatkan permukiman di papan, serta mengumpulkan token rute perdagangan dan provinsi.
Sistem Pengambilan Kartu Teknologi
Pemain dapat memilih kartu teratas dari tumpukan mana pun dalam pool permainan, dengan opsi memainkannya secara terbuka atau tertutup. Kartu berikutnya dalam tumpukan harus diungkapkan agar pemain lain dapat melihat teknologi yang tersedia. Kartu yang dipilih kemudian ditempatkan di depan pemain dalam salah satu dari empat kolom vertikal yang dibuat di area mereka.
Aktivasi Kartu Teknologi
Setelah memilih kartu, pemain mengaktifkan semua kartu teknologi yang tersedia di area mereka. Aktivasi terjadi ketika kartu ditempatkan dalam kolomnya. Semua kartu di kiri dan kanannya, termasuk kartu sejenis dalam kolom yang sama, diaktifkan untuk memungkinkan pemain mendirikan permukiman.
Sistem Penilaian dan Kemenangan
Perolehan Token Rute Perdagangan
Pemain berhak mendapatkan token rute perdagangan ketika berhasil menempatkan tiga permukiman secara berurutan pada jenis medan tertentu. Token tidak dapat diperoleh jika sudah diambil pemain lain. Sistem ini berlanjut dengan token nilai lebih tinggi (5 dan 7 poin) untuk barisan 5 atau 7 permukiman, dengan pengembalian token nilai lebih rendah jika dimiliki.
Kondisi Akhir Permainan
- Permainan berakhir jika dua tumpukan kartu teknologi habis, dengan satu putaran tambahan setelah kondisi terpenuhi
- Permainan berakhir ketika seorang pemain menggunakan semua penanda permukiman mereka, diikuti satu putaran final
- Permainan berakhir jika semua ruang permukiman telah terisi penuh
Penentuan Pemenang
Setelah permainan berakhir, semua pemain menghitung total Poin Kemenangan yang berhasil dikumpulkan. Pemain dengan jumlah poin tertinggi dinyatakan sebagai pemenang dan pemimpin terbaik Zaman Perunggu.
| Komponen | Fungsi | Nilai Poin |
|---|---|---|
| Token Rute Perdagangan | Diraih dengan menyusun permukiman berbaris | 3, 6, 10 poin |
| Token Provinsi | Ditempatkan acak di tile lahan | Bervariasi |
| Kartu Teknologi | Memberikan kemampuan khusus | Indirect points |
| Permukiman | Mendominasi wilayah | Basis scoring |