Panduan Komprehensif Permainan Kartu Crazy Solo
Pengenalan Permainan
Crazy Solo merupakan permainan kartu yang menarik untuk 3 hingga 12 pemain dengan sistem trick-taking. Tujuan utama dalam permainan ini adalah mengumpulkan skor setinggi mungkin di setiap ronde untuk memperoleh poin dari pemain lain. Tidak ada batasan waktu resmi dalam permainan, para pemain dapat berhenti kapan saja atau menetapkan batas waktu di awal permainan. Jika bermain dengan taruhan uang, sebaiknya menggunakan chip dengan nilai kecil untuk pembayaran di akhir sesi.
Persiapan Dek Kartu
Komposisi dek kartu perlu disesuaikan berdasarkan jumlah pemain yang berpartisipasi. Untuk permainan dengan 3 pemain, dapat digunakan dek 36 kartu atau 24 kartu. Pada dek 36 kartu, kartu bernilai 5 ke bawah dihilangkan, sedangkan untuk dek 24 kartu, kartu bernilai 8 ke bawah yang dibuang.
Konfigurasi Dek Berdasarkan Jumlah Pemain
- 4, 6, 9, dan 12 pemain: Gunakan dek 36 kartu standar
- 5 atau 7 pemain: Keluarkan 6 sekop dari dek 36 kartu
- 8 pemain: Buang semua kartu 6 ke bawah untuk membentuk dek 32 kartu
- 10 pemain: Hilangkan kartu 6 ke bawah ditambah 7 keriting dan 7 sekop untuk dek 30 kartu
- 11 pemain: Keluarkan kartu 5 ke bawah beserta 6 wajik, 6 keriting, dan 6 sekop untuk dek 33 kartu
Proses Pembagian Kartu
Setelah dek disesuaikan, dealer dipilih secara acak. Peran dealer akan bergilir ke kiri untuk setiap putaran baru. Dealer bertugas mengocok kartu dan membagikannya satu per satu mulai dari pemain di sebelah kirinya hingga semua kartu habis dan setiap pemain memiliki jumlah kartu yang sama.
Sistem Penawaran (Bidding)
Fase penawaran menentukan siapa yang akan bermain melawan pemain lainnya. Pemain di sebelah kiri dealer memulai proses penawaran. Setiap pemain hanya melakukan satu kali penawaran pada gilirannya dan harus meningkatkan penawaran pemain sebelumnya jika memungkinkan, atau memilih untuk pass. Terdapat pengecualian ketika seorang pemain menawarkan solo dengan hati, pemain berikutnya dapat membuat penawaran yang sama.
Urutan Tingkatan Penawaran
- Pass: Pilihan terendah
- Solo: Memanggil partner dan menentukan trump
- Solo dengan hati: Memanggil partner dengan trump otomatis hati
- Go alone: Menentukan trump tanpa partner
- Go alone dengan hati: Bermain sendiri dengan trump hati
Jika semua pemain memilih pass, maka kartu dikumpulkan dan dibagikan ulang. Untuk permainan 3 pemain, pilihan yang tersedia hanya pass, go alone, atau go alone dengan hati.
Mekanisme Permainan
Pemain yang memenangkan penawaran akan menentukan trump jika tidak otomatis hati, dan jika tidak bermain sendirian, akan memanggil kartu untuk menentukan partnernya. Contoh: “trump keriting, panggil As keriting.” Pemain yang memegang kartu tersebut menjadi partner secara diam-diam tanpa mengungkapkannya.
Semua pemain yang bukan partner dari solo player akan bergabung dalam tim untuk melawannya.
Urutan dan Nilai Kartu
| Kartu | Urutan (Tertinggi ke Terendah) | Nilai Poin |
|---|---|---|
| As | 1 (Tertinggi) | 11 poin |
| 10 | 2 | 10 poin |
| King | 3 | 4 poin |
| Queen | 4 | 3 poin |
| Jack | 5 | 2 poin |
| 9, 8, 7, 6 | 6, 7, 8, 9 (Terendah) | 0 poin |
Total nilai per ronde adalah 120 poin. Tim yang berhasil mengumpulkan minimal 61 poin dinyatakan sebagai pemenang ronde.
Cara Bermain
Permainan berlangsung searah jarum jam dimulai dari pemain di sebelah kiri dealer. Pemain pertama dapat memimpin dengan kartu apa pun. Pemain berikutnya harus mengikuti suit jika memungkinkan. Jika tidak bisa, mereka harus memainkan trump jika ada. Jika tidak memiliki trump, dapat memainkan kartu apa saja. Tidak ada kewajiban untuk memenangkan trick. Pemenang trick akan memimpin trick berikutnya.
Sistem Penghitungan Skor
Skor dapat dicatat di kertas atau menggunakan chip. Di awal permainan, setiap pemain memiliki 150 poin.
Pembayaran didasarkan pada suit yang digunakan sebagai trump dan jumlah poin yang diperoleh. Untuk hati sebagai trump, dibayar 3 poin untuk setiap 1 poin yang diperoleh tim melebihi 60. Untuk suit lainnya, pembayaran adalah 2 poin untuk setiap poin di atas 60.
Pembayaran dibulatkan ke kelipatan 5 terdekat dan dibayar oleh setiap pemain yang kalah. Jika kedua tim mencetak 60 poin, tidak ada pembayaran. Jika jumlah pembayaran ganjil, pemain yang memanggil (caller) membayar atau menerima kelebihan tersebut.
Contoh: Dalam permainan 5 pemain, solo player dan partnernya menang. Setiap pemain lain melakukan pembayaran; solo player dan partner masing-masing menerima satu pembayaran, dengan pembayaran tambahan diberikan kepada solo player.
Pengakhiran Permainan
Permainan berakhir ketika para pemain memutuskan untuk berhenti bermain, atau target yang ditetapkan sebelum permainan tercapai.