Goal: Permainan Kartu Strategi Karya Reiner Knizia
Goal merupakan salah satu kreasi brilian dari Reiner Knizia, seorang desainer permainan papan yang sangat produktif dengan ratusan judul yang telah diterbitkan. Permainan ini hanyalah satu dari puluhan karya beliau yang memanfaatkan mekanisme permainan yang sederhana namun tetap menyenangkan.
Konsep Dasar Permainan
Dalam permainan ini, para pemain berusaha untuk memindahkan sebuah chip ke dalam gawang lawan mereka. Cara mencapainya adalah dengan memainkan kartu dengan nilai tertinggi. Alih-alih menggunakan urutan kartu yang biasa, Knizia memberikan sentuhan khusus dengan membuat kartu As memiliki peran yang unik.
Persiapan yang Diperlukan
Untuk memainkan Goal, Anda membutuhkan setumpuk kartu standar Prancis berisi 52 lembar, papan permainan yang bisa digambar dengan mudah di selembar kertas, dan satu chip atau token yang akan berperan sebagai bola. Berikut adalah contoh tampilan papan permainan:

Langkah Persiapan Permainan
Sebelum memulai, pisahkan semua kartu hati dan sekop dari setumpuk kartu. Sisa kartu lainnya disisihkan dan tidak akan digunakan. Satu pemain mengambil kartu hati, sementara pemain lainnya mengambil kartu sekop. Setiap pemain harus memegang tiga belas kartu di tangan mereka. Tempatkan papan permainan sehingga setiap pemain duduk di belakang gawang mereka masing-masing. Letakkan chip pada posisi awal di tengah papan.
Mekanisme Permainan
Goal dimainkan dalam dua ronde. Para pemain akan memilih satu kartu sekaligus dari tangan mereka untuk dimainkan secara bersamaan. Pemain yang memainkan kartu dengan peringkat tertinggi berhak memindahkan chip satu langkah lebih dekat ke gawang lawan. Kartu yang telah dimainkan kemudian dibuang. Jika terjadi hasil seri, chip tidak bergerak. Apabila seorang pemain berhasil memindahkan chip ke dalam gawang lawan, mereka mendapatkan satu poin. Chip kemudian dikembalikan ke posisi awal, dan ronde berlanjut. Permainan seperti ini terus berlangsung sampai semua tiga belas kartu telah dimainkan.
Sistem Peringkat Kartu
Dalam permainan ini, urutan kartu dimulai dari yang terendah (2) hingga tertinggi (Raja). Kartu As memiliki peringkat yang lebih tinggi dari semua kartu gambar, namun lebih rendah dari semua kartu bernomor. Artinya, sebagai contoh, sebuah As dapat mengalahkan Raja, tetapi tidak dapat mengalahkan angka 5.
Penyelesaian Permainan
Setelah semua tiga belas kartu dimainkan, ronde pertama berakhir. Chip diletakkan kembali di titik awal, para pemain mengambil kembali kartu mereka, dan mereka memainkannya sekali lagi. Pemain dengan skor tertinggi di akhir ronde kedua dinyatakan sebagai pemenang. Jika terjadi skor seri, permainan dilanjutkan sampai salah satu pemain mencetak poin. Orang pertama yang berhasil mencetak poin memenangkan permainan.