
TUJUAN PERMAINAN: Tujuan dalam Abomination adalah menjadi pemain pertama yang menghidupkan ciptaan Anda, atau memiliki Poin Kemenangan terbanyak di akhir ronde kedua belas.
JUMLAH PEMAIN: 2 hingga 4 Pemain
KOMPONEN PERMAINAN: 1 Papan Permainan, 1 Papan Peristiwa, 4 Papan Lab, 8 Dadu, 114 Kartu, 1 Bidak Kapten, 1 Bidak Pemain Awal, 16 Bidak Ilmuwan, 12 Bidak Asisten, 42 Franc, 4 Token Es, 16 Token Leyden, 170 Kubus Material, 30 Token Bagian Tubuh, 4 Penanda Skor, 6 Penanda Tujuan, 1 Trek Penyogok dan Sengketa, 4 Penanda Peristiwa, 4 Kartu Referensi, 12 Bidak Polisi, 24 Bidak “Hidup”, dan 12 Set Konektor.
JENIS PERMAINAN: Permainan Papan Strategi
USIA PEMAIN: 13 Tahun Ke Atas
GAMBARAN UMUM ABOMINATION
Abomination terjadi 20 tahun setelah peristiwa dalam cerita Frankenstein. Tujuan Anda adalah meneruskan karya Victor Frankenstein, bersaing dengan ilmuwan-ilmuwan lainnya. Pemain akan mengumpulkan bahan baku dari pemakaman dan kamar mayat di seluruh kota, melakukan eksperimen mengerikan, dan merakit sebuah bentuk kehidupan baru. Dapatkah Anda menyelesaikan monster Anda sebelum pemain lain?
PERSIAPAN
Pertama, tempatkan papan permainan dengan Kartu Paris di tengah meja dan Papan Peristiwa di atasnya. Kartu mayat alun-alun publik diletakkan di samping. Semua kartu mayat lainnya disortir menjadi empat dek dan dikocok terpisah. Setiap dek diletakkan di lokasinya masing-masing di papan. Dek rumah sakit akan berisi jumlah kartu yang sama dengan jumlah pemain.
Dek penjahat dikocok dan diletakkan di dekat dermaga, di sebelah kanan papan. Tiga kartu dibagikan ke slot di atas dermaga. Dek penelitian dikocok dan ditempatkan di dekat akademi, di sebelah kanan papan. Dua kartu dibagikan ke slot di atas akademi. Dek kemanusiaan dikocok dan diletakkan di samping Saint-Roch, dengan dua kartu dibagikan di atasnya.
Kumpulkan enam kartu peristiwa dan empat kartu pertemuan untuk dikocok bersama, membentuk dek peristiwa. Dua kartu peristiwa lagi kemudian ditambahkan ke atas dek. Bidak Kapten diletakkan di awal trek cerita. Empat dari enam penanda bonus dipilih dan ditempatkan di papan Paris dengan sisi menghadap ke atas.
Pisahkan penanda polisi, bagian monster, dadu, material, franc, penanda “hidup”, penanda kerusakan, balok es, dan stoples ke dalam penyimpanannya masing-masing, pastikan semua pemain dapat mengaksesnya. Setiap pemain diberikan satu kartu karakter, satu papan lab, satu kartu anatomi, Franc (jumlahnya disesuaikan dengan jumlah pemain), 4 bidak ilmuwan, 3 bidak asisten, sebuah penanda skor, kartu referensi, dan papan permainan yang serasi.
Semua pemain harus mengatur tombol putar di lab mereka ke nol untuk Kemanusiaan dan satu untuk Keahlian. Setiap orang menempatkan satu ilmuwan dan dua asisten ke tempatnya di kartu karakter mereka. Semua penanda skor ditempatkan di awal trek skor. Pemain pertama ditentukan, dan permainan siap untuk dimulai.
CARA BERMAIN
Permainan dimainkan selama beberapa ronde, masing-masing terdiri dari empat fase berurutan.
Fase Peristiwa
Pemain pertama akan mengambil kartu dari dek peristiwa dan menentukan sisi mana yang sesuai dengan ronde tersebut. Pemain kemudian akan memasukkannya ke dalam permainan. Beberapa peristiwa terjadi segera, sementara yang lain membutuhkan waktu.
Fase Kota
Dimulai dari pemain pertama dan berlanjut searah jarum jam, setiap pemain akan menempatkan bidak mereka atau memilih untuk pass. Mereka harus menyelesaikan efek dari lokasi yang mereka pilih. Beberapa lokasi hanya mengizinkan ilmuwan, dan lainnya juga memiliki batasan.
Jika sudah ada bidak lain di suatu lokasi, pemain harus menyengketakannya sebelum bisa berada di sana. Pindahkan bidak itu ke tempat pertama di trek sengketa dan bayar biayanya kepada pemilik bidak tersebut. Jika trek sengketa penuh, tidak ada bidak yang bisa disengketakan.
Fase Lab
Setiap pemain akan membangun monster, “membuang saklar” (Throw the Switch), dan mengawetkan material selama fase ini. Setelah pemain memilih bagian monster, dan mengonsultasikan kartu anatomi, mereka boleh melanjutkan. Pemain harus memenuhi tingkat keahlian yang disyaratkan, membuang material yang ditentukan, menambahkan token bagian tubuh, dan mendapatkan poin!
Jika pemain memiliki setidaknya satu bagian monster yang telah lengkap, mereka dapat memilih untuk “Membuang Saklar”. Mereka harus membalik sejumlah stoples Leyden yang diperlukan, melempar dadu untuk stoples yang dibalik, dan menyelesaikan semua sengatan listrik. Sengatan listrik diselesaikan dengan menempatkan jumlah penanda sengatan yang sama.
Mereka kemudian dapat mengawetkan material dengan memindahkan potongan dari trek dekomposisi ke penyimpanan pengawetan. Pemain hanya diizinkan menyimpan hingga sembilan material di ruang pengawetan mereka sekaligus.
Fase Penyiapan Ulang
Fase ini dimulai dengan dekomposisi. Pemain tanpa balok es akan membuang semua material yang berada di tahap dekomposisi empat. Jika mereka memiliki balok es, balok itu harus dibalik menjadi setengah beku.
Kemudian, semua kartu di Saint-Roch, Akademi, Dermaga, dan Rumah Sakit harus diisi ulang. Semua kartu yang ada di Alun-Alun Publik dibuang. Semua bidak dikembalikan ke kartu karakter pemain. Bidak Kapten bergerak satu ruang di sepanjang trek cerita. Ronde baru siap untuk dimulai.
AKHIR PERMAINAN
Permainan dapat berakhir dengan dua cara berbeda. Jika bidak Kapten mencapai ruang akhir di trek cerita, maka permainan berakhir. Jika seorang pemain berhasil menghidupkan monster mereka (yang mencakup keenam bagian tubuh), maka permainan juga berakhir. Pemain dengan poin terbanyak memenangkan permainan.
KESIMPULAN
Abomination: The Heir of Frankenstein adalah permainan papan strategi yang kompleks dan atmosferik bagi 2-4 pemain. Dengan mengadopsi tema kelam tentang penerus Dr. Frankenstein, permainan ini menawarkan pengalaman yang mendalam melalui pengumpulan sumber daya, manajemen risiko dalam eksperimen, dan perlombaan untuk menghidupkan monster. Elemen penceritaan melalui trek cerita dan kartu peristiwa menambah kedalaman, sementara interaksi antar pemain lewat mekanisme penempatan bidak dan sengketa menjaga ketegangan kompetitif. Apakah Anda akan berhasil menciptakan kehidupan dan meraih kemenangan, atau terjebak dalam kegagalan dan kehinaan? Tantang diri Anda dalam permainan yang memadukan strategi, tema gothic, dan pengambilan keputusan yang menantang ini.