Skip to content

Game Rules

Aturan Permainan

Primary Menu
  • Beranda
  • Semua permainan
  • Permainan Remi
    • Permainan kartu tunggal
    • permainan kartu untuk dua orang
    • casino online
    • Permainan kartu anak-anak
  • Permainan meja
    • Permainan meja tunggal terbaik
    • Permainan meja untuk dua orang
    • Permainan meja keluarga
  • Permainan minum alkohol
    • Permainan minum dengan gelas
    • Permainan pertemuan menonton film terbaik
    • Permainan kartu/Permainan kartu minum
    • Permainan meja minum-minum
    • Permainan minum dengan dadu
  • Olahraga
  • berita
  • Home
  • Olahraga
  • SARANG
  • Olahraga

SARANG

gamerules 2025-11-30

Panduan Lengkap Bermain Hive – Game Strategi Modern

Gambar 1
Komponen permainan Hive yang lengkap

Pengenalan Permainan Hive

Hive merupakan permainan strategi abstrak yang dirancang oleh John Yianni dan pertama kali diluncurkan pada tahun 2001. Seiring perkembangannya, game ini telah memiliki beberapa varian populer seperti Hive Pocket dan Hive Carbon. Berbagai ekspansi juga telah dirilis yang menambahkan jenis bidak baru ke dalam permainan. Selain versi fisik, Hive juga tersedia dalam format digital yang dapat dimainkan melalui platform STEAM. Panduan berikut akan menjelaskan tata cara bermain versi dasar dari permainan ini.


Jenis-jenis Bidak dan Cara Bergeraknya

Dalam permainan Hive, terdapat berbagai macam bidak dengan karakteristik pergerakan yang unik. Setiap jenis bidak memiliki aturan bergerak yang berbeda-beda, menambah kedalaman strategi dalam permainan.

Gambar 2
Berbagai jenis bidak dalam permainan Hive

Ratu Lebah (Queen Bee)

Ratu Lebah hanya dapat dipindahkan satu petak setiap giliran. Bidak ini wajib dimasukkan ke dalam Hive paling lambat pada giliran keempat. Pemain tidak diperbolehkan menggerakkan bidak lain di sekitar Hive sebelum Ratu Lebah mereka dimainkan.

Kumbang (Beetle)

Kumbang hanya bisa bergerak satu petak per giliran, namun memiliki kemampuan khusus untuk bergerak di atas bidak lain. Setelah berada di atas Hive, Kumbang dapat bergerak mengelilingi area satu petak demi satu petak. Bidak yang ditumpangi Kumbang tidak dapat digerakkan. Kumbang juga dapat turun ke ruang yang biasanya menghalangi bidak lain untuk masuk. Sebuah Kumbang bahkan dapat bergerak di atas Kumbang lain untuk memblokir pergerakannya.

Gambar 3
Ilustrasi pergerakan bidak dalam permainan

Belalang (Grasshopper)

Belalang memiliki kemampuan melompat dalam garis lurus melintasi Hive. Untuk melakukan lompatan ini, harus ada deretan petak yang terhubung untuk dilompati Belalang. Jika terdapat celah dalam deretan tersebut, lompatan tidak dapat dilakukan. Kemampuan khusus ini memungkinkan Belalang masuk ke ruang yang biasanya terblokir untuk serangga lainnya.

Laba-laba (Spider)

Laba-laba dapat bergerak sejauh tiga petak. Bidak ini selalu harus bergerak tepat tiga petak dan tidak diperbolehkan kembali ke petak asalnya. Selama bergerak, Laba-laba harus selalu bersentuhan dengan bidak lain.

Semut Prajurit (Soldier Ant)

Semut Prajurit memiliki kebebasan bergerak sejauh yang diinginkan pemain, asalkan tetap bersentuhan dengan bidak lain selama pergerakannya.

Gambar 4
Strategi penempatan bidak di awal permainan

Tata Cara Memulai Permainan

  • Setiap pemain memulai dengan semua bidak berwarna hitam atau semua bidak berwarna putih
  • Untuk menentukan pemain mana yang mendapatkan warna apa, salah satu pemain menyembunyikan satu bidak dari setiap warna di tangannya
  • Tangan yang tertutup ditawarkan kepada lawan untuk memilih
  • Warna yang dipilih lawan akan menjadi warna yang dimainkannya
  • Mirip dengan catur, pemain dengan bidak putih mendapatkan giliran pertama

Pemain 1 memulai dengan menempatkan salah satu bidaknya di area permainan. Pemain 2 kemudian mengikuti dengan memilih sebuah bidak dan menempatkannya bersebelahan dengan bidak pertama. Kedua bidak harus bersentuhan sisi dengan sisi. Inilah yang membentuk Hive awal, dan Aturan Satu Hive (lihat di bawah) harus diikuti mulai dari titik ini.

Gambar 5
Contoh susunan bidak di tengah permainan

Penambahan Bidak Baru

Bidak baru dapat ditambahkan ke dalam permainan setiap giliran. Ketika seorang pemain menambahkan bidak baru ke Hive, bidak tersebut hanya boleh menyentuh bidak lain yang berwarna sama. Misalnya, ketika Pemain 1 menambahkan bidak putih baru ke Hive, bidak tersebut hanya boleh menyentuh bidak putih lainnya. Jika seorang pemain tidak dapat mengikuti aturan ini, mereka tidak dapat menambahkan bidak baru ke Hive pada giliran tersebut. Setelah sebuah bidak ditambahkan ke Hive, bidak tersebut tidak dapat dihapus.

Seorang pemain harus memperkenalkan Ratu Lebah mereka ke dalam Hive paling lambat pada giliran keempat mereka. Seorang pemain tidak dapat menggerakkan bidak mereka sampai Ratu Lebah mereka ditempatkan. Setelah ditempatkan, seorang pemain dapat memilih untuk menambahkan bidak baru ke Hive atau menggerakkan satu bidak yang sudah ada di sekitarnya.

Gambar 6
Posisi kritis dalam permainan Hive

Aturan Penting dalam Permainan

Aturan Satu Hive

Hive harus selalu terhubung dengan semua bidak yang saling bersentuhan. Seorang pemain tidak boleh menggerakkan bidak dengan cara yang menyebabkan Hive terputus atau terbagi menjadi dua bagian.

Kondisi Terkunci

Dengan pengecualian untuk Belalang dan Kumbang, sebagian besar bidak digerakkan dengan menggesernya. Begitu sebuah bidak terblokir sedemikian rupa sehingga tidak dapat digerakkan, bidak tersebut terperangkap.

Gambar 7
Situasi dimana bidak tidak dapat bergerak

Tidak Ada Pergerakan atau Penempatan Tersedia

Ketika seorang pemain tidak dapat menambahkan bidak baru ke Hive atau menggerakkan bidak mereka, mereka harus melewatkan giliran. Mereka akan terus melewatkan setiap giliran sampai mereka dapat bergerak lagi atau sampai Ratu Lebah mereka dikepung.

Kondisi Kemenangan dan Seri

Begitu Ratu Lebah seorang pemain terkepung sepenuhnya, pemain tersebut kalah. Jika kedua Ratu Lebah terkepung pada saat yang bersamaan, permainan berakhir seri. Situasi stalemate terjadi ketika kedua pemain hanya dapat menggerakkan dua bidak yang sama berulang-ulang tanpa resolusi.

Gambar 8
Kondisi akhir permainan dengan Ratu Lebah terkepung

Post navigation

Previous: PUKUL DEK
Next: HOKI

Related News

自动生成图片: Modern esports tournament stage with glowing trophy centerpiece, abstract crowd silhouette in background, blue and gold color scheme, clean minimalist design, digital competition concept high quality illustration, detailed, 16:9
  • Olahraga

Turnamen Sling World Cup Resmi Dibuka: Ini Jadwal, Hadiah, dan Strategi Juara dari Top Player Indonesia

gamerules 2025-12-23
自动生成图片: Abstract geometric composition with overlapping shapes representing a calm village and digital network, soft pastel colors, modern minimal style, professional business concept illustration high quality illustration, detailed, 16:9
  • Olahraga

Teknik Menjentikkan Bola yang Akurat di Game Sepak Bola Mobile: Panduan dari Pemain Pro untuk Tendangan Bebas dan Penalti

gamerules 2025-12-23
自动生成图片: Abstract split-screen illustration comparing a smartphone showing a soccer free-kick game interface on one side, and a minimalist diagram of a soccer ball trajectory with force vectors on the other, soft green and blue gradient background, clean geometric style high quality illustration, detailed, 16:9
  • Olahraga

Flick Goal vs. Sepak Bola Nyata: Seberapa Akurat Fisika Tendangan Bebas dalam Game Ini?

gamerules 2025-12-23

Konten terbaru

  • Rahasia Timing Sempurna di Game ‘Lempar-Tinggi’: Analisis Fisika dan Latihan Drilling untuk Pemain Indonesia
  • Craftomation 1 Rilis Update Besar: Fitur Otomasi Baru dan Event Kolaborasi Eksklusif untuk Pemain Indonesia
  • Turnamen Sling World Cup Resmi Dibuka: Ini Jadwal, Hadiah, dan Strategi Juara dari Top Player Indonesia
  • Teknik Menjentikkan Bola yang Akurat di Game Sepak Bola Mobile: Panduan dari Pemain Pro untuk Tendangan Bebas dan Penalti
  • Flick Goal vs. Sepak Bola Nyata: Seberapa Akurat Fisika Tendangan Bebas dalam Game Ini?
Copyright © All rights reserved. | MoreNews by AF themes.