Gilli Danda: Permainan Tradisional yang Mendunia
Sejarah dan Asal Usul
Permainan Gilli Danda memiliki akar budaya yang berasal dari kawasan Asia Selatan. Jejak sejarah permainan ini dapat ditelusuri hingga sekitar 2500 tahun yang lalu, tepatnya pada masa kejayaan Kekaisaran Maurya. Di berbagai wilayah pedesaan Asia, permainan ini masih sangat populer dan sering dimainkan. Bahkan masyarakat dari negara-negara Eropa seperti Turki juga sangat menyukai permainan tradisional ini.
Gilli Danda dikenal sebagai olahraga pemuda yang cukup digemari dan memiliki kemiripan dengan permainan barat seperti kriket dan baseball. Meskipun berasal dari tradisi kuno, permainan ini tetap relevan hingga era modern.

Variasi Nama di Berbagai Daerah
Permainan Gilli Danda memiliki banyak variasi dan sebutan yang berbeda-beda di setiap wilayah. Setiap daerah memiliki nama khas untuk permainan yang pada dasarnya sama ini.
- Tipcat dalam bahasa Inggris
- Dandi Biyo dalam bahasa Nepal
- Alak Doulak dalam bahasa Persia

Peralatan yang Diperlukan
Dua Tongkat Kayu Utama
Untuk memainkan Gilli Danda, dibutuhkan dua buah tongkat kayu dengan ukuran yang berbeda. Sesuai dengan namanya, tongkat yang lebih pendek disebut “Gilli” dengan panjang sekitar 3 inci, sementara tongkat yang lebih panjang dinamakan “Danda” yang berukuran sekitar 2 kaki.
Secara sederhana, Danda berfungsi sebagai pemukul yang ujungnya dibuat lebih ramping. Kedua alat ini dapat dibuat sendiri di rumah dengan mudah. Bagi yang menginginkan kualitas yang lebih baik, bisa memesan kepada tukang kayu profesional.

Tata Cara Bermain
Persiapan Lapangan
Di tengah lapangan, dibuat lingkaran dengan diameter sekitar 4 meter. Kemudian digali lubang berbentuk oval tepat di pusat lingkaran tersebut. Gilli diletakkan melintang di atas lubang. Alternatifnya, Gilli dapat diletakkan di antara dua batu jika tidak membuat lubang.
Pembagian Tim
Permainan ini membutuhkan minimal dua pemain yang dibagi menjadi dua tim dengan jumlah anggota yang seimbang. Setelah melakukan undian koin, tim yang memenangkan undian berhak memilih apakah akan memukul lebih dulu atau bertahan. Tim yang memukul disebut tim pemukul, sementara tim lainnya menjadi tim lawan.
Mekanisme Permainan
Pemain yang memukul (striker) akan melambungkan Gilli ke udara menggunakan Danda, kemudian memukulnya lagi saat Gilli masih di udara. Tujuan striker adalah memukul Gilli sejauh mungkin dari titik pukulan.
Striker dinyatakan out jika seorang pemain dari tim lawan berhasil menangkap Gilli saat masih di udara. Jika Gilli jatuh ke tanah, jarak antara Gilli dan area pukulan diukur menggunakan Danda. Panjang Danda dianggap setara dengan satu run, sehingga striker mencetak run sebanyak jumlah Danda yang dibutuhkan untuk menutup jarak tersebut.

Aturan Khusus
Jika pemain gagal memukul Gilli, ia masih memiliki dua kesempatan lagi untuk mencoba memukul dan membuat Gilli terbang dengan jarak yang memadai. Apabila striker gagal memukul Gilli dalam tiga percobaan berturut-turut, maka ia dinyatakan out dan digantikan oleh striker berikutnya dari tim yang sama (jika masih ada).
Ketika semua striker dari tim pertama sudah out, tim kedua (lawan) bergantian menjadi striker untuk mengejar skor yang dibuat tim pertama.
- Gilli Danda dapat dimainkan oleh dua tim dengan jumlah anggota yang sama (bisa juga dimainkan satu lawan satu)
- Selama permainan, kedua tim bermain dengan jumlah pemain yang seimbang. Tim yang memenangkan undian memutuskan apakah akan memukul lebih dulu atau bertahan
- Pemukul dinyatakan out jika gagal memukul Gilli dalam tiga percobaan berturut-turut, atau Gilli berhasil ditangkap pemain lawan saat masih di udara
Tim yang berhasil mengumpulkan run lebih banyak akan memenangkan pertandingan. Oleh karena itu, setiap pemain berusaha memukul Gilli sejauh mungkin untuk mencetak run sebanyak-banyaknya dalam inning mereka.