Petualangan Dagang Rempah di Hindia Timur Abad ke-17
Dalam permainan yang menarik ini, para pemain berperan sebagai pedagang rempah yang beroperasi di wilayah Hindia Timur pada abad ketujuh belas. Setiap pedagang merupakan bagian dari perusahaan tertentu, dan mereka harus bersaing untuk meningkatkan posisi dalam struktur organisasi perusahaan tersebut. Tujuan utama para pemain adalah menyelesaikan berbagai misi untuk mengumpulkan poin kemenangan sebanyak mungkin dalam satu waktu. Keuntungan dari perdagangan rempah dan pengelolaan pelabuhan juga turut berkontribusi dalam perolehan poin!
Persiapan Awal Permainan
Penyusunan Komponen Utama
Langkah pertama dalam memulai petualangan ini adalah meletakkan papan permainan di tengah area bermain. Seluruh kartu perlu dikelompokkan berdasarkan simbol yang terdapat di bagian belakangnya menjadi dua kategori berbeda, yaitu pengiriman dan pelabuhan. Setiap peserta permainan akan menerima tiga pedagang yang serupa, termasuk kartu ringkasan yang sesuai dengan pedagang pilihan mereka.
Pengaturan Kartu Pengiriman
Kartu pengiriman kemudian dikocok dengan baik dan setiap pemain mendapatkan tiga kartu. Kartu-kartu ini selanjutnya ditempatkan pada ruang yang telah ditentukan di papan permainan.
Konfigurasi Deck Pelabuhan
- Untuk permainan dengan 3-4 pemain: Hilangkan kartu pelabuhan yang memiliki angka lima
- Untuk permainan dengan 5 pemain: Buang kartu pelabuhan yang memiliki angka tiga atau empat
- Kartu pelabuhan yang tersisa dikocok dan diletakkan pada posisinya di papan permainan
Mekanisme Penempatan Awal
Pemain pertama ditentukan melalui kesepakatan kelompok. Dimulai dari pemain tersebut, setiap orang akan menempatkan seorang pedagang di ruang kosong di bawah sebuah perusahaan. Dua penempatan berikutnya dilakukan dengan urutan terbalik. Dalam permainan dengan lima pemain, semua misi digunakan, sementara untuk tiga hingga empat pemain, misi dengan angka lima dikeluarkan dari permainan. Misi-misi ini kemudian diurutkan berdasarkan nilai dan ditempatkan di bagian atas papan.
Strategi penempatan pedagang di awal permainan sangat menentukan kesuksesan jangka panjang. Pilihlah perusahaan dengan potensi perkembangan terbaik!
Alur Permainan dan Giliran
Permainan berlangsung melalui serangkaian giliran yang bergerak searah jarum jam di sekitar kelompok. Selama giliran mereka, seorang pemain akan menyelesaikan misi, mengubah perusahaan atau naik pangkat dalam perusahaan, memainkan kartu pengiriman dan mendistribusikan rempah, serta mengambil dua kartu dari deck pengiriman. Semua tindakan ini harus diselesaikan sesuai urutan yang telah ditetapkan. Setelah semua aksi selesai, giliran beralih ke pemain di sebelah kiri.
Urutan Tindakan dalam Satu Giliran
- Menyelesaikan satu misi yang dipilih
- Mengubah perusahaan atau meningkatkan posisi dalam perusahaan
- Memainkan kartu pengiriman dan mendistribusikan rempah
- Mengambil dua kartu dari deck pengiriman
Strategi Penyelesaian Misi
Ketika sebuah misi berhasil diselesaikan, kartu misi tersebut diletakkan di depan pemain yang menyelesaikannya. Untuk menyelesaikan suatu misi, pemain harus terlebih dahulu memilih misi yang ingin diselesaikan. Mereka kemudian akan membuang semua rempah dari gudang mereka yang diperlukan untuk menyelesaikan misi tersebut. Kartu di tangan tidak dapat digunakan – persyaratan harus dipenuhi dari persediaan di gudang.
Pilihan Strategis: Berganti Perusahaan atau Naik Pangkat
Pemain dapat memilih untuk beralih perusahaan atau meningkatkan posisi dalam perusahaan yang sama. Untuk memindahkan pedagang mereka, mereka cukup menambahkan pedagang mereka ke perusahaan yang berbeda. Untuk meningkatkan posisi pedagang, mereka akan memilih pedagang yang lebih tinggi dan menyerangnya. Penyerang memilih kartu pengiriman, dan yang bertahan harus memainkan kartu dengan nilai yang sama untuk memenangkan pertempuran. Jika kalah, penyerang mendapatkan promosi.
Fase Akhir Permainan dan Penghitungan Poin
Permainan berakhir ketika salah satu dari dua kondisi terpenuhi: deck pengambilan kosong, atau deck pelabuhan habis. Setiap pemain kemudian memiliki satu kesempatan terakhir untuk menyelesaikan misi mereka, dimulai dari pemain di sebelah kiri pemain terakhir. Setiap pemain akan memilih misi dan menyelesaikannya dengan sumber daya yang tersedia.
| Komponen | Nilai Poin Kemenangan |
|---|---|
| Kartu Pengiriman | 1 poin per kartu |
| Kartu Pelabuhan | 1 poin per kartu |
| Misi yang Diselesaikan | Nilai sesuai yang tertera pada kartu misi |
Poin kemudian dihitung untuk setiap pemain. Setiap kartu pengiriman bernilai satu poin kemenangan, pelabuhan juga bernilai satu poin kemenangan, dan misi yang berhasil diselesaikan bernilai sesuai angka yang tertera! Pemain dengan poin terbanyak ketika permainan berakhir dinyatakan sebagai pemenang!