Caper: Petualangan Mencuri di Kota-Kota Eropa
Caper merupakan permainan strategi yang menghadirkan pengalaman unik sebagai pemimpin geng pencuri profesional. Para pemain bertugas merekrut anggota, melengkapi mereka dengan berbagai peralatan, dan melakukan aksi pencurian di berbagai lokasi ikonik di seluruh Eropa. Setiap sesi permainan menawarkan variasi berbeda dengan pilihan kota yang beragam, menjamin pengalaman bermain yang selalu segar.
Persiapan Awal Permainan
Pemilihan Arena Bermain
Sebelum memulai petualangan, peserta harus menentukan kota yang akan menjadi latar cerita. Tersedia tiga pilihan utama: Paris, Roma, atau London. Kartu-kartu yang sesuai dengan kota terpilih dikumpulkan berdasarkan simbol yang terletak di pojok kiri bawah setiap kartu. Kartu dari kota lain tidak akan digunakan dalam sesi tersebut. Bagi pemain pemula, disarankan memilih Paris sebagai arena pertama.
Pengaturan Dek Kartu
Pisahkan semua kartu menjadi tiga kategori terpisah: kartu peralatan, kartu lokasi, dan kartu pencuri. Kocok setiap tumpukan dengan baik sebelum menempatkannya di atas meja. Peta lokasi kemudian diletakkan di antara para pemain. Jika diperlukan bantuan visual, gunakan sisi berwarna pink pada peta pemain. Sebaliknya, jika tidak diperlukan, sisi kayu dapat digunakan. Ambil tiga kartu dari dek lokasi dan tempatkan masing-masing satu di setiap mat.
- Kartu Peralatan: Berisi berbagai tools untuk mendukung aksi pencurian
- Kartu Lokasi: Menentukan target pencurian di kota terpilih
- Kartu Pencuri: Anggota geng dengan kemampuan khusus
Penyiapan Komponen Tambahan
Penjejak ronde diletakkan di samping peta lokasi, dengan kubus kayu ditempatkan pada slot Ronde Pencuri. Sepuluh koin disiapkan di sebelah penjejak ronde. Dengan demikian, permainan siap untuk dimulai.
Mekanisme Inti Permainan
Caper berlangsung selama enam ronde yang terbagi menjadi dua jenis: Ronde Pencuri dan Ronde Peralatan. Perpindahan ronde dilacak menggunakan kubus pada penjejak ronde. Kartu dibagikan kepada pemain sesuai dengan jenis ronde yang sedang berlangsung. Pemain yang kartu teratasnya cocok dengan penjejak ronde akan memulai giliran.
Strategi penempatan kartu dan timing yang tepat menjadi kunci kesuksesan dalam mengumpulkan harta karun terbanyak.
Tahap Penempatan Kartu
Pemain pertama menempatkan kartu di sisi lokasi miliknya dengan posisi terbuka. Pemain berikutnya melakukan hal yang sama. Setelah itu, terjadi pertukaran kartu di antara kedua pemain. Giliran kemudian bergantian dengan pola yang berulang. Selama ronde pencuri, para pencuri harus ditempatkan di samping peta lokasi, dengan batasan maksimal tiga pencuri per lokasi.
Fase Perlengkapan
Pada fase peralatan, kartu gear dapat dimainkan atau dibuang. Ketika digunakan, kartu ini diletakkan di bawah kartu pencuri, dimana setiap pencuri mampu membawa maksimal tiga kartu peralatan. Bonus khusus akan diberikan kepada pencuri yang dilengkapi dengan tiga kartu gear sekaligus. Hanya kartu pencuri teratas yang dapat dibalik posisinya.
Penutupan Ronde dan Penghitungan Skor
Akhir Ronde
Ketika setiap pemain hanya menyisakan dua kartu, mereka akan melakukan giliran terakhir dalam ronde tersebut. Kartu terakhir kemudian dibuang. Ronde berakhir dan kubus kayu digeser sepanjang penjejak ronde. Pembagian kartu dilakukan kembali. Permainan berlanjut dengan pola seperti ini hingga ronde peralatan terakhir selesai, sesuai yang ditunjukkan oleh penjejak ronde.
Perhitungan Akhir
Setelah ronde peralatan terakhir usai, permainan pun berakhir. Pemain menghitung jumlah pencuri yang berhasil ditempatkan di setiap lokasi. Tambahan pencuri dihitung jika terdapat pencuri dengan tiga kartu peralatan. Pemain dengan jumlah pencuri terbanyak di suatu lokasi dinyatakan sebagai pemenang di lokasi tersebut, yang kemudian diputar menghadap ke arah pemenang.
- Hadiah Lokasi: Poin dari lokasi yang berhasil dikuasai
- Kartu Pencuri: Nilai kemampuan masing-masing anggota geng
- Kartu Peralatan: Bonus dari equipment yang digunakan
- Barang Curian: Harta yang berhasil diperoleh
Sistem Poin Barang Curian
Terdapat tiga jenis barang curian yang dapat dikumpulkan: permata, barang antik, lukisan, dan kartu wild. Pemain mendapatkan satu poin untuk setiap satu barang curian. Jika berhasil mengumpulkan satu set barang curian, nilai yang didapat adalah tiga poin. Sementara itu, koleksi tiga barang curian sejenis memberikan hadiah tujuh poin.
Pemain dengan akumulasi poin tertinggi dari semua sumber berhak dinobatkan sebagai pemenang utama dalam permainan Caper ini!