
TUJUAN PERMAINAN
Tujuan Abalone adalah menjadi pemain pertama yang berhasil mendorong enam marmer lawan keluar dari papan permainan.
JUMLAH PEMAIN
2 Pemain
BAHAN YANG DIPERLUKAN
Papan permainan, 14 Marmer Hitam, 14 Marmer Putih, dan Buku instruksi.
JENIS PERMAINAN
Permainan Papan
AUDIENS
Semua usia
SEKILAS TENTANG ABALONE
Abalone adalah permainan sederhana yang dirancang untuk dua pemain. Permainan ini melibatkan strategi, pertahanan, dan perencanaan ke depan, seperti halnya dam dan catur. Tujuannya adalah mengeluarkan enam marmer lawan dari papan dengan mendorongnya menggunakan marmer Anda sendiri. Apakah Anda akan kehilangan marmer Anda, atau memaksa lawan kehilangan marmer mereka?
Di bawah ini, kami akan membahas aturan standar Abalone dan beberapa variasinya.
PERSIAPAN
Pertama, letakkan papan permainan di tengah area bermain. Setiap pemain kemudian menyusun marmer mereka; satu pemain mengambil warna putih, dan satu lagi mengambil warna hitam. Susun marmer sehingga memenuhi dua baris belakang dan tiga titik di tengah baris ketiga di sisi masing-masing pemain.
Setelah semua marmer disusun dengan benar—keempat belas marmer berada di sisi pemain yang sesuai—permainan siap untuk dimulai. Secara tradisional, dalam aturan Abalone, pemain dengan marmer hitam mendapat giliran pertama.
CARA BERMAIN ABALONE
Pada giliran Anda, Anda dapat memindahkan marmer Anda satu ruang. Anda bisa memindahkan satu marmer tunggal atau seluruh kolom marber berwarna sama. Sebuah kolom dapat terdiri dari dua atau tiga marmer yang berdampingan secara langsung. Marmer dapat bergerak secara sejajar (maju/mundur) atau menyamping (ke samping). Anda harus memindahkan semua marmer dalam kolom ke arah yang sama.
Anda harus selalu mempertimbangkan setiap langkah. Meskipun terlihat seperti ide yang bagus untuk mendorong marmer lawan keluar papan setiap ada kesempatan, hal itu bisa membiarkan posisi Anda terbuka. Misalnya, jika Anda menggunakan dua marmer untuk mendorong satu marmer lawan, Anda akan meninggalkan satu marmer Anda sendiri tepat di tepi, yang mudah untuk didorong keluar.
SUMITO
Jika kolom marmer Anda berhadapan dengan kolom marmer lawan yang lebih sedikit, Anda memiliki keuntungan yang disebut Sumito. Kolom yang berisi lebih banyak marmer dapat mendorong kolom lawan sebanyak satu ruang. Hanya tiga marmer yang dapat digerakkan dalam satu waktu, terlepas dari orientasinya. Contoh: jika Anda memiliki 3 marmer sejajar, tetapi lawan hanya memiliki 1 marmer di barisan yang sama, maka Anda memiliki Sumito.
Gameplay berlanjut seperti ini, dengan pemain bergiliran memindahkan marmer mereka sampai satu pemain berhasil mendorong enam marmer lawan keluar dari papan.
ATURAN YANG HARUS DIINGAT
Berikut adalah aturan Abalone penting yang harus diingat selama bermain:
- Anda hanya dapat mendorong marmer lawan jika ada ruang kosong atau tepi papan yang sejajar di belakang marmer tersebut.
- Setelah sebuah marmer didorong ke tepi papan, marmer tersebut tidak dapat dimainkan lagi.
- Sebuah marmer tunggal tidak dapat mendorong marmer lawan.
- Anda hanya dapat memindahkan hingga 3 marmer dalam satu giliran.
- Saat mendorong marmer lawan, Anda harus memiliki lebih banyak marmer yang sejajar daripada lawan. Contoh: jika lawan memiliki 1 marmer, 2 atau lebih marmer Anda dapat mendorongnya. Namun, jika lawan memiliki 2 marmer, Anda membutuhkan 3 marmer sejajar untuk mendorongnya.
- Selalu awasi papan Anda.
- Jangan melakukan langkah sebelum memikirkan hasilnya dan di mana bidak Anda akan berada.
- Cobalah untuk memindahkan marmer Anda dalam kelompok 2 atau 3 sekaligus. Ini akan mengurangi kemungkinan marmer Anda terisolasi sebagai bidak tunggal.
AKHIR PERMAINAN
Permainan berakhir ketika seorang pemain berhasil mendorong enam marmer lawan keluar dari papan. Pemain yang mendorong marmer keenam tersebut keluar memenangkan permainan!
VARIASI
Sebagian besar variasi aturan Abalone adalah untuk menambah jumlah pemain. Contoh di bawah menunjukkan papan yang dapat dimainkan hingga 6 pemain. Saat menambah pemain, jumlah marmer yang dimiliki setiap pemain akan berkurang.
ABALONE 3 PEMAIN
Dalam Abalone 3 pemain, setiap pemain menerima 11 marmer. Susun marmer seperti pada Abalone standar tanpa 3 marmer teratas. Dalam variasi ini, Anda dapat mendorong dua marmer warna berbeda dengan 3 marmer warna sama. Pemain pertama yang mendorong enam marmer lawan (bukan marmer sendiri) keluar adalah pemenang.
ABALONE 6 PEMAIN
Setiap pemain mendapat enam marmer dan menempatkannya dalam formasi segitiga di pusat sisi awal papan mereka. Akan ada tiga tim. Rekan satu tim duduk berseberangan. Tujuan dan aturan tetap sama dengan Abalone standar.