Claim Maps Expansion: Panduan Lengkap Permainan Kartu Strategis

Claim merupakan permainan kartu strategis untuk dua pemain yang mengutamakan taktik dalam mengambil trik. Meskipun dasar permainannya terinspirasi dari German Whist, penggunaan faksi dan kemampuan khusus menjadikan Claim sebagai pengalaman bermain yang benar-benar unik.
Pengenalan Maps Expansion

Ekspansi Maps menghadirkan tiga faksi baru yang menarik: Phoenix, Unicorn, dan Basilisk. Selain itu, paket ini juga menyertakan kartu Lokasi yang memberikan pengaruh signifikan terhadap jalannya permainan ketika diaktifkan.
Kartu Lokasi dan Jenisnya
Total terdapat 18 kartu Lokasi dalam ekspansi ini, terbagi menjadi dua kategori utama: Settings dan Buildings. Settings mempengaruhi kartu itu sendiri dan alur permainan trik, dengan hanya satu Setting yang aktif per sesi permainan. Sementara itu, Buildings mempengaruhi akhir permainan, dan juga hanya satu Building yang dapat diaktifkan selama pertandingan.
Faksi Baru dan Kemampuan Khusus

Faksi Phoenix
Paket ini menyediakan 10 kartu faksi Phoenix dan 10 kartu Fire Phoenix. Kartu Fire Phoenix dikocok terpisah dan disimpan dalam tumpunan khusus selama permainan, dengan kemampuan istimewanya yang dapat dimanfaatkan pada Fase 2.
- Kocok faksi Phoenix ke dalam dek utama permainan
- Kocok terpisah kartu Phoenix Fire dan letakkan tertutup di samping
- Selama Fase 2, jika pemain kehilangan Phoenix, mereka dapat mengambil kartu Phoenix Fire dari tumpukan dan menambahkannya ke tangan
- Kemampuan ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan jumlah kartu antar pemain
- Jika terjadi ketidakseimbangan, Fase 2 berakhir ketika salah satu pemain kehabisan kartu
- Kartu yang tersisa di tangan dibuang dan tidak dinilai
Faksi Unicorn
Selama Fase 2, Unicorn yang berhasil ditangkap meningkatkan nilai faksi lain di tangan pemain. Unicorn lain yang masih berada di tangan tidak terpengaruh. Contohnya, jika pemain menangkap dua kartu Unicorn, semua kartu faksi lain di tangan mereka mendapat tambahan 2 poin pada peringkatnya. Jadi Gnome 3 secara efektif menjadi 5 selama Fase 2.
Faksi Basilisk
Khusus pada Fase 2, Basilisk yang dimainkan sebagai kartu kedua dalam trik berpotensi membantu pemain merebut kartu utama lawan. Jika Basilisk dimainkan sebagai kartu kedua DAN nilainya sama dengan kartu utama (nilai setelah modifikasi apapun), pemain langsung mengambil kartu utama dan menambahkannya ke Tumpukan Skor. Pemain tersebut JUGA memenangkan trik dan menambahkan Basilisk mereka ke Tumpukan Skor.
Catatan Penting: Jika trik dimulai dengan Basilisk, dan kartu kedua yang dimainkan memiliki peringkat yang sama, tidak ada yang terjadi. Kemampuan Basilisk hanya aktif ketika dimainkan sebagai kartu kedua dalam trik.
Mekanisme Lokasi dan Pengaruhnya

Setup Lokasi
Kedua jenis Lokasi (Buildings & Settings) harus dikocok terpisah dan ditempatkan tertutup sebagai tumpukan sendiri. Sebelum permainan dimulai, balik kartu teratas dari setiap tumpukan. Setiap kartu yang terbuka diaktifkan dan berlaku untuk seluruh permainan. Pemain juga dapat memilih untuk hanya menggunakan Building atau Setting saja sesuai preferensi.
Efek Buildings

-
Dungeon:
Trik terakhir setiap fase menjadi sangat penting. Di akhir Fase 1, memenangkan trik final dihitung sebagai memenangkan satu faksi tambahan yang ditambahkan ke total faksi pemain di akhir Fase 2 -
Lighthouse:
Pemain pertama yang memenangkan tiga kartu dari suatu faksi selama Fase 2 otomatis memenangkan faksi tersebut. Cyclops tetap dinilai sama -
Pyramid:
Memaksa pemain membuang semua kartu berperingkat 3 atau lebih rendah dari Tumpukan Skor mereka di akhir permainan -
Monastery:
Mengutamakan keseimbangan di akhir permainan. Jika seorang pemain memiliki lebih dari dua kali lipat kartu daripada lawannya, mereka otomatis kalah -
The Bridge:
Pemain yang mengumpulkan set lengkap terbanyak dari kelima faksi memenangkan permainan -
The Fortress:
Jika pemain memenangkan lebih dari lima kartu dari suatu faksi, mereka harus membuang empat kartu terendah dari faksi tersebut -
The Tower:
Mengubah cara penilaian faksi di akhir permainan berdasarkan total nilai kartu -
The Ruins:
Memaksa semua pemain membuang kartu bernomor ganjil yang mereka menangkan di akhir permainan -
The Castle:
Siapa yang mengumpulkan kartu faksi terbanyak di akhir permainan menjadi pemenang
Efek Settings

-
The Underworld:
Mengubah semua kartu berperingkat 0 menjadi 10 -
The Farminglands:
Kartu bernilai 2 dianggap sebagai peringkat tertinggi untuk setiap faksi -
The Shore:
Pemain yang kalah trik mengambil kartu tengah, sementara pemenang trik mengambil kartu teratas dari tumpukan undian -
The Windy Peaks:
Pemain saling bertukar kartu sebelum Fase 2 dimulai, masing-masing memilih tiga kartu untuk diberikan kepada lawan -
Endless Sands:
Memaksa pemain bertukar kartu di awal Fase 1, masing-masing memilih 5 kartu untuk ditukar -
The Islands:
Mengubah cara pengundian selama Fase 1 dengan menampilkan dua kartu terbuka daripada satu -
Plateau:
Membatasi berapa banyak trik berturut-turut yang dapat dipimpin seorang pemain selama seluruh permainan -
Swamp:
Kedua pemain harus membuang dua kartu dari tangan mereka di awal Fase 2 -
Ice Fields:
Pemain yang kalah trik menambah +1 ke peringkat kartu berikutnya yang mereka mainkan

Kesimpulan
Claim Maps Expansion menghadirkan lapisan strategi baru yang mendalam melalui faksi-faksi unik dan mekanisme Lokasi yang beragam. Setiap kombinasi Buildings dan Settings yang berbeda menciptakan pengalaman permainan yang segar dan menantang, menjadikan setiap sesi permainan sebagai petualangan taktis yang unik.